Kenapa Video TikTok Mentok di 200 Penonton? Ternyata Ini Penyebabnya!

by Viki
kenapa video tiktok mentok di 200

TikTok, platform media sosial yang populer di seluruh dunia, telah mengubah cara kita mengonsumsi dan berbagi konten video. Jutaan pengguna aktif meng-upload berbagai video pendek, mulai dari dance, komedi, musik, dan banyak lagi. Meski demikian, banyak pengguna yang mengeluh kenapa video TikTok mentok di 200 penonton? Padahal mereka sudah menggunakan berbagai strategi menjangkau pasar lebih luas. 

Lagi pula siapa sih yang tidak ingin video masuk FYP? Mendapatkan viewers hingga mencapai ratusan ribu sampai sekian juta di TikTok telah menjadi harapan semua content creator. Hanya saja, kenapa video TikTok mentok di 200 penonton terjadi pada akun pengguna? Apakah bisa meningkatkan viewers dengan cepat? Jawabannya bisa.

Tapi Sobat MEA perlu ketahui penyebab kenapa video TikTok mentok di 200 penonton saja. Lalu di sana, ada beberapa poin yang perlu Sobat MEA kerjakan. Tapi saat melakukan poin penting tersebut, jangan menggunakan alat tambahan. 

Biarkan berproses secara alami begitu saja. Dengan begitu, akunmu akan mendapatkan penonton real yang benar-benar menonton karyamu. Lalu apa saja penyebab dan cara mengatasi hal ini?

Table of Contents

Penyebab Video TikTok Mentok di 200 Penonton

Cape ngonten tapi komisi affiliate nggak kerasa besar?
Saatnya gabung ke agency creator MCN TikTok MEA sekarang juga!

Bukan tanpa sebab ketika videomu hanya mendapatkan penonton yang terbatas. Pasti ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. TikTok memang membebaskan penggunanya untuk berkarya asalkan tidak melanggar panduan komunitas kebijakan TikTok. Tapi sama seperti sosial media lainnya, TikTok pun memiliki cara kerjanya sendiri.

1. Algoritma TikTok yang Kompleks

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi jangkauan video di TikTok adalah algoritma yang kompleks. Algoritma TikTok di rancang untuk menampilkan konten yang paling relevan dan menarik bagi setiap pengguna. 

Faktor-faktor seperti kecepatan penonton yang meningkat, tingkat interaksi, dan partisipasi dalam tren yang sedang viral dapat mempengaruhi seberapa sering videomu muncul di halaman FYP pengguna lain. Jika video Sobat MEA tidak memenuhi kriteria ini, maka jangkauannya bisa terbatas.

2. Kualitas Konten yang Rendah

Ingin menjadi content creator di TikTok?
Yuk, gabung komunitas kreator TikTok MEA! Dapatkan berbagai strategi ngonten, tips n trick hasilkan konten ciamik, hingga bimbingan. GRATIS!!!

Salah satu alasan umum kenapa video TikTok hanya mencapai sedikit penonton adalah kualitas konten yang rendah. Konten yang buruk dalam hal produksi, penyampaian pesan yang tidak jelas, atau kurang menarik secara visual cenderung tidak menarik perhatian pengguna. Penting untuk menghasilkan konten yang unik, menarik, dan sesuai dengan minat pengguna TikTok untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas.

3. Tidak Mengikuti Tren atau Hashtag yang Populer

Tren dan hashtag yang populer juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan jangkauan video TikTok. Jika videomu tidak terkait dengan tren atau hashtag yang sedang populer, kemungkinan besar akan sulit bagi pengguna lain untuk menemukannya. 

Oleh karena itu, penting untuk tetap up-to-date dengan tren yang sedang viral dan mengintegrasikannya ke dalam kontenmu untuk meningkatkan peluang jangkauan yang lebih luas.

4. Kurangnya Interaksi dan Partisipasi Pengguna

buku tiktok shop

TikTok adalah platform sosial yang mendorong interaksi dan partisipasi pengguna. Jika Sobat MEA tidak aktif berinteraksi dengan pengguna lain, seperti memberikan komentar, menyukai, atau berbagi video lain, maka kemungkinan besar videomu akan memiliki jangkauan yang terbatas. Dalam dunia TikTok, semakin banyak interaksi yang Sobat MEA dapatkan, semakin besar peluang videomu dapat ditemukan dan ditonton oleh pengguna lain. 

Artikel Terkait  Sssstt, Begini Lho 6 Cara Mengatasi TikTok Tidak Bisa di Install, Tenang!

5. Persaingan yang Ketat

TikTok telah menjadi tempat yang sangat kompetitif dengan jutaan pengguna yang mengunggah konten setiap hari. Persaingan yang ketat ini membuat sulit bagi video baru untuk mendapatkan sorotan dan mencapai jangkauan yang lebih luas. 

Banyak faktor seperti jumlah pengikut, tingkat interaksi, dan seberapa sering kontenmu muncul di halaman FYP pengguna lain mempengaruhi persaingan ini. Semakin banyak video yang bersaing untuk perhatian pengguna, semakin sulit bagi videomu untuk mencapai jumlah penonton yang besar.

6. Kualitas Promosi yang Kurang

Promosi yang efektif dapat membantu meningkatkan jangkauan video TikTok. Jika Sobat MEA tidak mengoptimalkan judul, deskripsi, dan tagar yang relevan, videomu mungkin tidak muncul dalam hasil pencarian atau saran yang di tampilkan kepada pengguna. Penting untuk mengoptimalkan metadata videomu dengan menggunakan kata kunci yang relevan agar videomu lebih mudah ditemukan oleh pengguna TikTok.

7. Waktu Upload yang Tidak Tepat

Waktu upload  juga dapat mempengaruhi jangkauan video TikTok. Jika Sobat MEA meng-upload video pada waktu yang kurang populer atau tidak sesuai dengan jadwal pengguna lain, peluang videomu untuk di temukan dan di tonton akan berkurang.

Penting untuk melakukan penelitian tentang kapan pengguna TikTok aktif dan meng-upload videomu pada saat yang tepat. Karena hal ini dapat membantu meningkatkan jangkauan dan penonton potensial.

8. Faktor Keberuntungan

Pada akhirnya, ada faktor keberuntungan yang terlibat dalam mencapai jangkauan yang lebih luas di TikTok. Terkadang, video yang memiliki konten yang menarik dan sesuai dengan tren dapat beruntung dan menjadi viral dengan cepat. Sementara video lain dengan kualitas yang sama atau bahkan lebih baik mungkin tidak mendapatkan perhatian yang sama. 

Artikel Terkait  10 Cara Mengoptimalkan Profil TikTok yang Efektif untuk Bisnis

Faktor ini sulit untuk dikendalikan, tetapi dengan konsistensi dan upaya terus-menerus, Anda memiliki peluang lebih besar untuk mencapai jangkauan yang lebih luas.

Kira-kira begitulah penyebab kenapa video TikTok mentok di 200 penonton. Ternyata ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu, penting untuk terus berinovasi dalam pembuatan konten dan tetap tingkatkan interaksi dengan pengguna lain untuk meningkatkan peluang mendapatkan jangkauan yang lebih luas di TikTok. 

Dengan konsistensi dan upaya yang terus-menerus, Sobat MEA dapat meningkatkan peluang video untuk mencapai penonton yang lebih besar dan membangun pengikut yang lebih besar di platform yang populer ini. Selamat mencoba dan semoga sukses!

You may also like

Leave a Comment