Kenapa Akun TikTok Ditangguhkan? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Memulihkannya!

kenapa akun tiktok ditangguhkan

Menjelajahi TikTok memang tengah menjadi kegiatan yang menyenangkan. Terlebih banyaknya video menarik di halaman FYP nya. Hal inilah yang membuat kita betah bermain TikTok dalam waktu lama. Tapi tentu panik dong jika tiba-tiba akunmu hilang? Nah, kenapa akun TikTok ditangguhkan? Yuk, kenali penyebabnya! 

Rasanya memang menyebalkan ketika sedang asyik berselancar, lalu besoknya akun TikTok menghilang. Padahal tidak melakukan apa-apa. Eits, tapi yakin tidak pernah melakukan apa-apa di akun TikTok mu? Pasalnya hal ini merupakan tanda suatu pelanggaran. 

Yup, karena mungkin saja ada kesalahan atau alasan lainnya. Mengenai kesalahan tersebut, mungkin Sobat MEA lupa apa yang pernah di lakukan. Oleh karenanya, Sobat MEA harap simak penyebab kenapa akun TikTok ditangguhkan di bawah ini.

5 Penyebab Akun TikTok Ditangguhkan

Sama seperti sosial media lainnya, TikTok juga memiliki aturan dan kebijakan panduan komunitas yang perlu di ikuti oleh penggunanya. Hal ini bermaksud agar para pengguna merasa nyaman saat menggunakannya. Sobat MEA pun pasti merasa terganggu jika menemukan konten yang tidak pantas atau spam. 

Jika pengguna melanggar aturan tersebut, maka pihak TikTok akan memberikan sanksi berupa akun ditangguhkan atau bahkan di blokir secara permanen. Sobat MEA tentu tidak ingin, bukan? Artinya Sobat MEA perlu mengetahui 5 hal yang menjadi penyebab akun TikTok ditangguhkan berikut ini:

Tidak Cukup Umur

Perlu diketahui, TikTok menetapkan batas usia pengguna, yaitu 18 tahun. Sehingga jika Sobat MEA masih di bawah 18 tahun, maka secara otomatis telah melanggar ketentuan usia. 

Hal ini sebenarnya sudah sering terjadi. Pengguna yang mendaftar mengabaikan hal tersebut dan tetap melanjutkan. Tapi semakin lama pihak TikTok akan mengetahuinya dan langsung menangguhkan akun tersebut. 

Jadi, jika Sobat MEA belum mencapai 18 tahun, sebaiknya input data usia yang sekiranya di atas 18 tahun saat mendaftar akun.

Saatnya Gabung Komunitas Kreator TikTok MEA!
Komunitas positif yang sangat mendukungmu berkreasi di TikTok dengan berbagai insight dan bimbingan khususnya. Yuk gabung dan dapatkan, GRATIS!!!

Melakukan Tindakan Spam

Hal paling utama yang yang wajib Sobat MEA ketahui sebagai alasan penangguhan akun adalah tindakan spamming, seperti membeli atau menjual penayangan (view), spam like, komentar, share, follower, dan jenis spam lainnya. 

Tindakan spamming memang merupakan tindakan yang tergolong ringan sehingga TikTok hanya akan menangguhkan akunmu secara sementara. 

Tapi Sobat MEA juga harus berhati-hati. Pasalnya jika mengulanginya lagi dalam waktu dekat, ada kemungkinan akunmu terblokir secara permanen

Posting Konten Terkait Narkoba

Bukan hanya di TikTok, sosial media lainnya juga akan menangguhkan akun yang membagikan konten yang berindikasi obat-obatan terlarang seperti narkoba. Bahkan pihak platform tidak segan-segan untuk memblokirnya. 

Tapi hal tersebut tidak akan berlaku untuk konten yang berisi edukasi bahaya penggunaan narkoba, hanya informasi merek obat-obatan terlarang dan alat untuk narkoba yang harus dihindari, dan edukasi lainnya yang bermanfaat. 

Mencantumkan Tagar Sensitif

Dalam membuat tagar, Sobat MEA juga perlu berhati-hati. Pasalnya tagar atau tanda pagar bisa memicu terjadinya keributan atau intimidasi di sebuah pihak atau golongan tertentu. Hal ini juga di larang oleh pihak TikTok.  Tujuannya, tentu saja agar tidak terjadi keributan besar.

Maka pastikan Sobat MEA menggunakan tagar yang tidak menyinggung ataupun menyakiti orang lain. Jangan juga gunakan tagar yang berbau seks/pornografi karena rawan penangguhan. 

Terjadi Indikasi Peretasan

Saat ada yang mencoba masuk ke akunmu dan sampai terjadi kesalahan secara berulang saat memasukan password maka juga bisa membuat TikTok menangguhkan akunmu.

Sama halnya saat mencoba memasukan pin ATM. Jika salah beberapa kali, ATM tersebut akan langsung terblokir. Nah, harap berhati-hati ya, lakukan two factor authentification agar akunmu lebih terlindungi. 

Melakukan Tindakan Penipuan

Akun Lebih Menawan Tanpa Ditangguhkan?

Yuk, boost dengan Robotok! Tenang, robot canggih ini siap boost kontenmu tanpa melanggar kebijakan TikTok. Pasti aman, karena dilengkapi sistem yang canggih!

Kemudian  melaporkan bahwa ada indikasi terkait penipuan maupun pelanggaran. Laporan seperti ini biasanya akan di tinjau, kemudian di terima dan akan di tindak secara lanjut oleh developer aplikasi TikTok.

Jika akun yang sudah di laporkan terbukti pernah melakukan penipuan, maka akun tersebut TikTok akan langsung menangguhkan atau mungkin memblokirnya secara permanen.

Pelecehan dalam Konten

Jika Sobat MEA membuat sebuah konten yang berisi pelecehan atau intimidasi untuk pihak lain, Sobat MEA akan mendapatkan teguran secara langsung pada akun dan video yang di upload.

Karena pada dasarnya, video pelecehan dapat memicu efek negatif dari para penonton yang telah melihatnya. Sehingga pihak TikTok juga akan menghapus video tersebut alias take down. 

Provokasi Atau Kriminal

Saat akun TikTokmu di tangguhkan bisa juga karena ada konten yang mengandung tindakan kriminal atau provokasi. Jika Sobat MEA biarkan begitu saja, maka lama-lama akan mengundang terjadinya kejahatan di sosial media.

Hal ini telah tertulis dalam kebijakan panduan komunitas TikTok yang akan melindungi semua pengguna dari tindakan kriminal atau kekerasan. Sehingga bisa merasa lebih aman dan nyaman. 

Setelah mengetahui penyebab kenapa akun TikTok ditangguhkan, berarti Sobat MEA juga harus tahu bagaimana cara memulihkan akunmu kembali. Dan MiMe akan bagikan juga caranya di bawah ini.

Cara Memulihkan Akun TikTok yang Ditangguhkan

Perlu diketahui, Waktu untuk penangguhan akun TikTok sendiri biasanya selama 14 hari atau sekitar 2 minggu.

Jika ingin mengembalikan akun, Sobat MEA harus menghubungi pihak TikTok secara resmi dan menjelaskan secara detail agar mereka mengembalikan akses akun.

Sobat MEA bisa coba mengirim email ke pihak resminya di alamat [email protected]. Selain itu,Sobat MEA juga harus menjelaskan secara detail menggunakan data-data yang di butuhkan seperti berikut ini:

  • Nama pengguna atau username yang digunakan di akun TikTok.
  • Informasi secara detail mengenai kapan waktu penangguhan akun, mengapa terjadi kesalahan atau informasi penting yang terkait lainnya  
  • Jelaskan bahwa kamu tidak pernah melanggar peraturan yang ada, bahkan riwayat kamu secara pribadi di platform benar-benar bersih.

Jika sudah mengirimkan email dan detail penjelasannya, Sobat MEA tinggal tunggu balasan dari pihak TikTok. Berhasil atau tidaknya akan Sobat MEA terima melalui alamat email. Dalam hal ini, usahakan untuk selalu cek email secara rutin untuk notifikasi sewaktu-waktu.

KIra-kira begitulah penyebab kenapa akun TikTok ditangguhkan beserta cara memulihkannya. Jadi, apakah Sobat MEA pernah melakukan hal-hal di atas? Jika pernah, jangan ulangi lagi, ya. Agar akunmu tetap eksis, cuan naik drastis. Dan semoga dengan cara di atas, akunmu dapat segera pulih kembali. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Viki

32 Comments

  1. Tik tok saya memohon kebalikan akun tik tok saya yang di tangguhkan untuk mencari uang dan liat video terbaru dan sedang trend saya memohon untuk pihak tik tok
    TERIMAKASIH

  2. Tiktok kembalikan akun sy yg diblok dan ditangguhkan. Sy kirim VT itu reel dan sy sedang musibah kehilangan gas elpiji. Itu orang yg sy jdkan VT pencurinya. Sy meminta tolong sm tiktok agar si pelaku itu ditangkap karena sudah sering mencuri tabung gas elpiji. Makanya sy buat dia konten VT sy. Tolong lh tiktok kembalikan akun sy. Sy berjanji tidak akan mengulangi kesalahan sy lg jika sy bersalah. Tp yg jelasnya sy tidak sedang berkata bohong. Dan banyak yang buat VT yg serupa dan sama dengan VT yg sy buat ditanggal 5 bulan Juni tahun ini tp knp akun mereka tdk diblok knp sy malah diblok…??? Plissss tiktok berbaik hati lh sedikit sj. Jangan langsung main blokir dunk… Trima ksh

  3. hallo pihak tiktok. saya ingin meminta bantuan anda untuk mengembalikan akun saya yang udah diblokir selamanya. saya sangat membutuhkan akun saya yang udah diblokir selamanya untuk mengupload konten-konten terbaik saya. mohon bantuannya tiktok. terimakasih tiktok

  4. hallo pihak tiktok. saya meminta bantuan anda untuk mengembalikan akun saya yang udah diblokir selamanya. saya sangat membutuhkan akun saya yang udah diblokir selamanya untuk mengupload konten-konten terbaik saya. mohon bantuannya untuk mengembalikan akun saya. Trimakasih tiktok

  5. Hallo pihak tiktok. Saya ingin meminta bantuan anda untuk mengembalikan akun saya yang udah diblokir selamanya. Saya sangat membutuhkan akun saya yang udah diblokir untuk mengupload konten-konten terbaik saya. Saya sangat membutuhkan akun saya. mohon dikembalikan kepada saya. Trimakasih tiktok

  6. Tiktok kenapa saya kalau mau buat akun tiktok selalu di tangguhkan padahal saya tidak pernah melanggar apa apa ?

  7. Tiktok tolong kembalikan akun saya.. tujuan saya ingin berjualan.. mohon dimaafkan y..saya tidak akan mengulangi ny lg

  8. Selamat malam tim tik tok saya Nidar halawa yang sudah melanggar peraturan komunitas tik tok saya sudah mengeluarkan tik tok ku sehingga tidak bisa buka lagi saya mohon maaf saya berjanji tidak akan melanggar peraturan tik tok lagi🙏

    1. Tolong akun tik tok saya jangan ditangguhkan ,saya ingin akun saya tidak diblokir

      Tiktok tolong kembalikan akun saya.. tujuan saya ingin berjualan.. mohon dimaafkan y..saya tidak akan mengulangi ny lg

  9. tiktok tolong kembalikan akun saya saya tidak pernah melanggar aturan tiktok mohon maaf sekali lagi saya minta tolong kembalikan akun saya🙏🏻

  10. Saya minta tolong akun saya untuk tidak ditanggungkan yg atas nama srikadigalak saya minta tolong banget karena akun saya penting bagi saya terimakasih

  11. Saya minta tolong akun saya untuk tidak ditanggungkan yg atas nama srikadigalak saya minta tolong banget karena akun saya penting bagi saya terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.