8 Ide Konten Kolaborasi yang Terbaik untuk Promosi Bisnis

by Viki
ide konten kolaborasi

Di era digital ini, konten media sosial perlu dilakukan secara variatif. Bahkan konten personal saja tidak cukup untuk membangun brand awareness dalam bisnis, baik untuk Instagram maupun TikTok. Sehingga perlu berkolaborasi dengan creator lain hingga ide konten kolaborasi untuk dibuat bersama. 

Meskipun media sosial bisa dikelola sendiri, tapi konten kolaborasi bersama influencer terkenal dapat menaikkan visibilitas akun dan bisnismu. Hal ini dikarenakan Sobat MEA dapat memanfaatkan eksistensi mereka yang sudah terbangun. Melalui kolaborasi dengan Influencer, Sobat MEA pun dapat menarik pengikutnya untuk menjadi pengikutmu bahkan menjadi konversi penjualan. 

Tapi dalam pembuatan kontennya, tentu tidak boleh sembarangan. Perlu dipikirkan secara matang terkait ide dan konsepnya. Dalam artikel ini, MiMe akan membagikan beberapa ide konten kolaborasi untuk media sosial yang perlu patut dicoba. Simak di bawah ini!

Table of Contents

8 Ide Konten Kolaborasi yang Menarik

Sobat MEA tentu telah menyadari bahwa media sosial mengalami perkembangan kreator yang begitu dahsyat. Tidak heran jika semakin banyak Content Creator dan Influencer kreatif dengan berbagai niche bermunculan. Tapi tenang, tidak selamanya mereka akan menjadi pesaing. Sebaliknya, Sobat MEA justru bisa memanfaatkannya untuk menaikkan visibilitas akun dan pengikut.

Hal ini tentunya penting untuk bisnis, mengingat berkolaborasi dengan KOL (Key Opinion Leader) dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif, alias biasa disebut dengan Influencer Marketing. Dan ini sudah sering digunakan oleh bisnis-bisnis besar.

Lantas bagaimana ide konten kolaborasi bisnis yang bisa digunakan untuk menciptakan brand campaign yang cuan? Berikut uraiannya:

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

1. Produk Placement

Product placement adalah salah ide kolaborasi yang populer dan sudah banyak digunakan oleh brand. Strategi ini cocok untuk menjangkau audiens yang luas hingga meningkatkan penjualan. 

Untuk hal ini, Sobat MEA bisa bekerjasama dengan KOL yang memiliki banyak pengikut dan dikenal aktif dalam media sosialnya, seperti Instagram, TikTok atau YouTube. 

Lalu dalam kerjasamanya, Sobat MEA bisa meminta mereka untuk menyertakan produkmu untuk mereka gunakan pada kegiatan sehari-hari. Jika dia membawakannya secara menarik, ini akan lebih mudah dalam mendorong audiens dari KOL untuk menggunakan produkmu yang dipromosikan tersebut. 

2. Branded Content

Kemudian ide selanjutnya yang tidak kalah besar peluangnya adalah konten berbayar. Sobat MEA bisa berkolaborasi dengan KOL untuk membuat branded content.

Branded content ini bisa berupa konten tulisan seperti artikel atau press release, atau konten video seperti vlog atau review. Tapi ingat, Sobat MEA bisa membawakan topik yang hangat dan inspiratif, asalkan tetap menghibur dan menyegarkan.

3. Creative Challenge

Sobat MEA juga bisa membuat konten creative challenge bersama KOL (Key Opinion Leader) atau Influencer ternama. Sobat MEA bisa bekerja sama dengan mereka untuk mempublikasikan creative challenge yang juga bisa diikuti oleh para followers-nya. 

Dengan hal ini, audiens berkesempatan untuk berpartisipasi dan brand-mu akan lebih dikenal lagi secara tidak langsung oleh audiens lama maupun audiens baru. 

Tapi pastikan Sobat MEA memilih KOL dengan persona yang baik agar followers tertarik untuk berpartisipasi. Dan pastikan untuk memberikan challenge yang dapat diikuti oleh banyak kalangan.

4. How To

Kemudian ada konten how to untuk memaparkan tips & trick sebagai ide kolaborasi dengan KOL yang menarik dan cukup mudah dilakukan. 

Untuk hal ini, Sobat MEA bisa membuat konten yang dapat membantu mereka dalam melakukan sesuatu. Nah, Sobat MEA bisa membuat konten how to berupa tips sederhana untuk kegiatan yang relevan dengan brand-mu bersama KOL.

Menariknya, konten how to ini akan lebih mudah untuk ditemukan audiens di mesin pencari atau search engine dengan memasukkan kata kunci tertentu. Dengan demikian, brand-mu juga bisa muncul di halaman teratas mesin pencari atau Google.

5. Cross Promotion

Selain itu, cross promotion juga bisa menjadi kolaborasi konten dengan KOL yang efektif. Sebagai pebisnis, Sobat MEA akan mendapatkan peluang yang lebih besar untuk menjangkau audiens baru, karena strategi ini akan dilakukan dengan promosi di platform media sosial masing-masing, baik brand maupun KOL. 

Untuk menarik audiens lebih banyak, buatlah konsep yang menarik bersama KOL untuk saling melakukan promosi. Jika kerjasama tersebut baik, maka audiens juga akan menyukai konten cross promotion-mu.

6. Platform Takeover

Jika Sobat MEA bertujuan untuk meningkatkan brand awarenessplatform takeover dapat digunakan sebagai ide kolaborasi yang terbaik. 

Dalam platform takeover ini, biasanya KOL akan mengambil alih social media dari brand tersebut selama satu hari seperti Instagram Story maupun konten media sosial lainnya.

Untuk strategi ini, Sobat MEA bisa bekerjasama dengan lebih dari satu KOL untuk menjangkau lebih banyak audiens. Ini tentu akan lebih efektif untuk membuat para pengikut KOL tersebut yang tertarik dan penasaran dengan produk yang Sobat MEA jual. 

7. Emotional StoryTelling

Sobat MEA tentu memahami bahwa membangun emosi merupakan ide konten yang menarik hati banyak orang. Khususnya bagi target audiens yang menyukai konten inspirasional. Nah, Sobat MEA bisa mulai membuatnya bareng KOL yang bekerja sama. 

Tapi pastikan Sobat MEA membuat konten yang tidak terlihat gimmick dan tetap berbobot. Misalnya, Sobat MEA menjual produk skincare yang berfokus pada acne care. Sobat MEA bisa berkolaborasi dengan Influencer yang bisa menceritakan kisah dibalik proses struggling mereka hingga akhirnya mereka bisa menyembuhkan jerawatnya. Ini akan menjadi konten inspiratif, lho!

8. GiveAway

Siapa sih yang tidak suka hadiah? Setiap audiens pasti suka jika diberi hadiah oleh brand kesayangannya. Sebenarnya, konten giveaway bisa Sobat MEA buat sendiri. Tapi dengan mengandalkan kerjasama KOL, ini akan lebih efektif untuk menarik perhatian. 

Melalui kolaborasi dengan KOL atau brand lain, hadiah yang diberikan bisa lebih besar sehingga bukan tidak mungkin akan banyak audiens yang tertarik untuk mengikutinya. 

Dengan begitu, secara tidak langsung, Sobat MEA juga akan mengalami peningkatan engagement pada konten yang kemudian mendorong eksistensi brand juga pada akhirnya. 

Nah, itu dia 8 ide konten kolaborasi yang bisa Sobat MEA gunakan untuk memaksimalkan pemasaran bisnis. Semoga ide-ide ini dapat menjadi referensi untuk konten promosi selanjutnya dan mendapatkan hasil yang lebih baik. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment