15 Ide Jualan Modal Kecil. Ternyata Mudah lho Dapat Cuan!

ide jualan modal kecil

Ada sebagian orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan atau mendapatkan pendapatan selain bekerja di kantor. Seperti berjualan makanan ringan, menjual jasa, atau menjadi tutor kursus online. Karena ingin mendapatkan penghasilan lebih, ada banyak sekali orang yang sedang mencari ide jualan modal kecil yang paling sesuai dengan masing-masing orang. 

Jika Sobat MEA merupakan salah satu dari orang tersebut, tulisan ini cocok sekali dibaca! Karena dalam artikel ini kita akan membahas setidaknya 13 ide jualan modal kecil yang bisa dicoba oleh Sobat MEA jajaki. Tanpa banyak basa-basi, yuk baca tulisan ini sampai habis! 

Table of Contents

13 Ide Jualan Modal Kecil

Mau belajar jualan online dari 0 sampai bisa?
Yuk gabung di komunitas jualan online MEA sekarang juga!

Memilih bisnis sampingan adalah sesuatu yang cukup penting. Apalagi jika memang Sobat MEA juga bekerja di kantoran. Sebuah bisnis harus dapat dijalankan dengan konsisten.

Selain itu bisnis sampingan juga harus bisa dikerjakan tanpa harus menyita banyak waktu dan dapat dikerjakan dalam jam-jam pulang kerja atau pada hari-hari libur. Bagi Sobat MEA yang ingin memulai bisnis sampingan, berikut 15 ide jualan modal kecil yang bisa Sobat MEA coba. Yuk simak!

1. Makanan Ringan

Siapa sih yang nggak suka ngemil? Kebiasaan ngemil yang digandrungi oleh banyak orang bisa menjadi salah satu kesempatan untuk Sobat MEA menjual berbagai macam makanan ringan. Seperti keripik singkong, pisang nugget, basreng, kue basah, donat, dan makanan lainnya! 

Sobat MEA dapat menambahkan gimmick marketing agar produk yang dijual terlihat menarik di mata pelanggan. Berjualan makanan ringan ini cukup worth it karena camilan ini termasuk makanan awet dan dapat dijual secara online.

2. Warkop

Mempunyai rumah atau ruko di dekat perkantoran, kampus, atau lingkungan pabrik? Membuat usaha warkop atau warung kopi bisa menjadi pilihan tepat untuk Sobat MEA. Warkop lekat dimata masyarakat sebagai tempat makan atau nongkrong dengan biaya murah. Sehigga banyak sekali peminatnya. 

Sobat MEA dapat mendirikan warkop dengan berbagai konsep, seperti warkop tradisional yang menyediakan makanan dan minuman ala warkop pada umumnya, atau mendirikan warkop yang menjual berbagai macam makanan minuman yang beragam dengan konsep baru. Seperti adanya wifi dan kopi kekinian. 

3. Ternak Lele

Mungkin ada yang menganggap ternak lele sebagai sebuah candaan. Tapi, ternak lele menjadi salah satu ladang cuan yang menarik untuk digarap! Dengan modal minim, perawatan yang mudah, dan pakan yang murah Sobat MEA  akan mudah untuk beternak lele dan mudah memasarkannya di pasar. 

4. Agen Gas LPG

Gas LPG menjadi salah satu bahan pokok utama  bagi setiap orang. Karena dengan Gas LPG membantu masyarakat untuk kegiatan memasak setiap harinya. Jika tidak ada gas, lalu bagaimana masyarakat memasak? Terutama di daerah batas kota atau pedesaan yang sulit dijangkau, sulit untuk mendapatkan gas LPG. 

 Agen gas LPG menjadi salah satu bisnis yang dapat Sobat MEA lakukan untuk mendapatkan cuan. Namun, perlu diingat, Sobat MEA memahami persyaratan administasi untuk menjadi bagian dari Agen gas LPG. 

5. Pewangi Pakaian Literan

Mau toko online kamu jalan auto pilot?
Yuk kerja sama bareng sama tim marketplace MEA. Bisa konsultasi dulu!

Selain usaha warkop, usaha pewangi pakaian literanjuga cocok untuk area padat penduduk. Seperti area perkantoran, pabrik dan kampus. Selama adanya manusia, pasti mereka membutuhkan pakaian yang bersih dan juga wangi. Sehingga usaha pewangi pakaian literan menjadi salah satu prospek yang menarik untuk dilakukan. 

Dengan berbagai macam pilihan wewangian, bisa menjadi pilihan bagi konsumen untuk memilih wangi mana yang mereka sukai. Modal yang Sobat MEA keluarkan tidak terlalu besar, sehingga tidak heran banyak pebisnis yang mendapat omzet besar dengan menjalankan usaha ini. 

6. Dropship

Dengan kemajuan teknologi, Sobat MEA dapat menjual berbagai macam barang tanpa perlu membeli atau memegang produk terlebih dahulu. Cukup memasarkannya secara digital di e-commerce kesayangan, dan barang akan dikirimkan melalui produsen. Nggak perlu khawatir, sekarang banyak marketplace yang memungkikan Sobat MEA untuk melakukan bisnis dropship.

7. Katering Makanan

Jika Sobat MEA tinggal di daerah perkantoran atau pabrik yang kebanyakan orangnya lebih banyak bekerja dibandingkan di rumah, memulai usaha katering menjadi hal yang bisa Sobat MEA coba. Dengan aktivitas yang segudang dan tidak ada waktu untuk memasak, orang cenderung memilih katering.  

Jangan lupa memberikan inovasi seperti menu baru dan juga promo, agar konsumen loyal dan melakukan pembelian berulang dari katering Sobat MEA.

8. Toko Sembako

Sembako atau bahan baku pasti dibutuhkan setiap harinya oleh orang-orang. Terutama di Desa yang orang cenderung lebih sering belanja ke pasar dan toko sembako dibanding swalayan modern.

7. Paket Sayur

Bagi orang-orang yang tingga di perkotaan dan melek akan pentingnya makanan sehat pasti ingin setiap harinya mengonsumsi makanan yang penuh akan nutrisi. Menjual paket sayur bisa menjadi pilihan tepat. Karena perilaku orang perkotaan ingin mendapatkan sayur yang segar dan berkualitas, tanpa harus keluar rumah. 

8. Kursus Online

program jadi jawara

Sobat MEA memiliki kemampuan lebih di bidang akademik? Hal ini bisa menjadi peluang untuk Sobat MEA menjadi tutor pada kursus online. Karena sekarang sudah banyak tempat kursus yang menerapkan kursus online, sehingga tidak memerlukan tempat untuk mendatangkan murid kursus. 

9. Jasa Desain Grafis

Jika Sobat MEA memiliki kemampuan dalam manipulasi gambar, pembuatan logo, dan juga desain grafis, skill Sobat MEA dapat digunakan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah, lho! Karena sekarang marak sekali bisnis online yang bermunculan. Pebisnis ini membutuhkan logo sebagai identitas mereka. Sobat MEA hanya perlu laptop, koneksi internet dan niat untuk melakukan usaha jasa desain grafis ini. 

10. Thrifting

Baju bekas atau istilah kerennya thrifting, menjadi hal yang digandrungi oleh anak muda zaman sekarang. Mereka bisa mendapatkan produk berkualitas dari luar negeri dengan harga miring secara online ataupun di toko fisik. Sobat MEA mau coba? 

11. Frozen Food

Bagi ibu rumah tangga yang sudah memiliki anak pasti pernah merasa kerepotan dalam menyiapkan sarapan dan bekal untuk Si Kecil. Dengan adanya frozen food, memudahkan para ibu rumah tangga dalam menyiapkan masakan dengan cepat. 

Terlebih, jika ada acara seperti tahun baru, ulang tahun, atau kumpul keluarga pasti ingin memasak daging dan makanan beku lainnya.  Peluang mendapatkan cuan dari menjual frozen food bisa Sobat MEA dapatkan! 

12. Laundry Kiloan

Membuka usaha laundry kiloan menjadi peluang yang menarik buat Sobat MEA. Terlebih jika memang Sobat MEA mempunyai usaha pewangi pakaian, tentu biaya operasionalpun bisa terpangkas. 

13. Make Up Artist

Cukup bermodalkan peralatan make up dan skill bersolek, Sobat MEA bisa menjadi Make Up Artist untuk berbagai acara, seperti pernikahan, tunangan, wisuda, prom night, dan lainnya. Jangan salah, penghasilan seorang make up artist ini cukup besar loh mengingat selalu ada acara penting yang dihadiri oleh orang-orang. Setuju?

3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Usaha

ide jualan modal kecil

Setelah membahas 13 ide jualan modal kecil di atas, kita juga akan memberikan sedikit tips tentang apa saja yang harus diperhatikan saat mulai mengerjakan bisnis sampingan. Seperti sudah kita tahu, menjalankan sebuah bisnis tentu tidak mudah, selain cara pemasaan produk dan jasa, Sobat MEA perlu mempertimbangkan tiga hal dibawah ini agar bisnis Sobat MEA dapat terus berjalan.

1. Kreativitas dan Inovasi

Sobat MEA perlu mengasah kreativitas dan juga inovasi dalam menjalankan sebuah bisnis. Dengan adanya inovasi dan kreativitas dalam membangun sebuah produk atau jasa, dapat memberikan efek positif. Seperti tumbuhnya loyalitas pada konsumen

2. Fokus pada Kepuasan Pelanggan

Selain kreativitas dan inovasi, kepuasan pelanggan menjadi salah satu aspek penting untuk dijaga. Karena dengan kepuasan pelanggan yang baik, membantu dalam membangun loyalitas konsumen. Jadi, jangan lupa untuk meminta saran dan kritik pada konsumen agar Sobat MEA dapat menjadi lebih baik lagi dalam berbisnis. 

3. Konsisten

Terakhir tentu saja konsistensi. Sobat MEA harus bisa konsisten dan menjadi lebih baik lagi dalam menjalankan sebuah bisnis. Karena perjalanan dalam membangun bisnis itu tidak mudah, sehingga sering sekali terjadi siklus naik-turun dalam sebuah bisnis. 

Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan. Semoga bisa menjadi insight bagi Sobat MEA yang ingin menjalankan bisnisnya. Akhir kata, salam satu juta pembeli!

You May Also Like

About the Author: Bimboi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.