Gimana Sih Menjalankan TikTok Affiliate

TikTok Shop menjadi alternatif yang sangat menggiurkan bagi pelaku Online Shop. Sekali konten masuk For Your Page (FYP), dagangan kamu bisa dapat ratusan order walaupun saat momen pecah telor.

Namun tidak mudah untuk konten kita masuk FYP, apalagi dengan kesibukan mengelola dagangan.  Kamu bisa mulai melakukan kolaborasi dengan para konten kreator. Untungnya, TikTok menyediakan fitur TikTok Shop Affiliate untuk memudahkan kamu berkolaborasi konten kreator.

Yuk baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara menjalankan TikTok Affiliate untuk Seller!

Membuat Program

Setelah memasuki seller-id.tiktok.com, klik ‘program afiliasi’ di tab paling atas untuk selanjutkan diarahkan ke TikTok Shop Affiliate. Ada tiga program yang bisa dipilih sesuai denfgan keperluan kamu, yaitu: 

  • Program Terbuka: Semua kreator yang tersedia di TikTok Shop Affiliate dapat mengikuti program ini. Kreator yang tertarik akan mengajukan diri dan dapat langsung mempromosikan produk setelah kamu setujui.
  • Program Bertarget: Kamu memilih sendiri kreator yang diinginkan untuk mempromosikan produk. Kreator dapat mempromosikan produk setelah menyetujui undanganmu. 
  • Program Toko: Semua produk kamu bisa dipromosikan oleh semua kreator dengan satu besaran komisi.

Mengontak Kreator

Selain membuat program, kamu bisa mencari sendiri kreator yang diinginkan di ‘pasar konten kreator’. Kamu bisa klik pasar konten kreator lalu cari kreator yang diinginkan. Arahkan ikon mouse ke profil kreator untuk melihat pengikut, rata-rata tayangan, jumlah video, dan target market mulai dari gender, umur, negara, dan bidang ketertarikan. Selanjutnya kamu diberi dua pilihan berkolaborasi, yaitu:

  • Undang: Kamu bisa memilih fitur ini untuk berkolaborasi via TikTok. Terdapat beberapa opsi yang harus dipilih yaitu jenis pembayaran dengan pilihan pembayaran tetap atau besaran komisi, sample gratis, pesan undangan, dan info kontak kamu.
  • Kontak: Menampilkan informasi kontak konten kreator yang terdiri dari WhatsApp dan E-mail. Selanjutnya kamu bisa mengontak konten kreator tersebut secara pribadi.

Perlu diperhatikan bahwa besaran komisi sebaiknya tidak diturunkan secara drastis. Banyak kreator yang mengeluh besaran komisi diturunkan secara drastis oleh seller setelah produk tersebut laku. Mungkin menurunkan beberapa persen masih dapat ditolelir namun usahakan jangan lebih dari 10% untuk menjaga nama baik toko di mata kreator.

TikTok Ads

Mengecek Perfoma Kreator

Apabila kamu sudah membuat program, kamu dapat mengecek semua aktifitas serta performa kreator dengan mengklik ‘kompas data’ lalu klik ikhtisar data. Kamu bisa melihat pendapatan dari afiliasi dan performa produk, program, dan kreator.

Kamu bisa mengeceknya di TikTok Shop Affiliate di fitur Kompas Data lalu klik Ikhtisar data. Ada juga di TikTok Shop Center dengan klik kompas data lalu klik Analitik Kreator. 

Tampilan Ikhtiar data di TikTok Shop Affiliate.
Tampilan Analisis Kreator di TikTok Shop Seller Center

TikTok Affiliate memang memiliki banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan. Semoga kamu tidak bingung lagi menjalankannya setelah membaca artikel ini dan bisnis kamu dapat berkembang.

You May Also Like

About the Author: farent

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *