Cara Agar Produk Muncul di Pencarian Shopee Tanpa iklan

Cara Agar Produk Muncul di Pencarian Shopee Tanpa iklan

Produk kita muncul di hasil pencarian awal shopee merupakan impian semua seller. Semakin awal produk kita muncul di pencarian shopee, semakin tinggi kemungkinan produk akan costumer beli. 

Untuk itu banyak sekali seller yang gemar menggunakan fitur ads dari shopee agar produk bisa muncul di paling atas. Namun seller perlu merogoh kocek angka yang tidak sedikit, dan itupun belum tentu dapat menjadi konversi. Apabila seller memiliki modal yang cukup tentu bukan masalah, namun apabila seller baru memiliki modal marketing yang terbatas pengeluaran ini akan sulit seller lakukan.

Namun tenang saja Sobat MEA, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar produk kamu dapat bersaing di pencarian Shopee tanpa perlu iklan. Yuk simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui caranya!

Ketika mencari sebuah produk di kolom pencarian terdapat empat urutan yang bisa customer pilih, yaitu:

  • Terkait: Produk akan diurutkan berdasarkan produk mana yang paling sesuai dengan kata kunci yang costumer ketik di kolom pencarian.
  • Terlaris: Produk akan Shopee urutkan berdasarkan jumlah terjual paling banyak.
  • Terbaru: Produk akan Shopee urutkan berdasarkan tanggal produk dirilis
  • Harga: Produk akan Shopee urutkan berdasarkan harga dari tertinggi ke terendah atau sebaliknya.

Dari keempat opsi urutan tadi, tiga diantaranya bisa seller optimalkan yaitu urutan terkait, terbaru, dan harga.

Bersaing di urutan terkait

Apabila hendak bersaing di urutan terkait, seller harus mengoptimalkan kata kunci/keyword terutama di judul produk. Seller harus menggunakan keyword yang sering costumer cari. Oleh karena itu seller harus melakukan riset yang mendalam untuk menemukan kata kunci yang optimal. 

Untuk melakukannya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Cara pertama, kamu dapat mengetikkan produk yang ingin kamu jual di kolom pencarian, nanti akan muncul beberapa rekomendasi kata kunci, kata kunci tersebut adalah beberapa kata kunci terkait yang juga sering costumer cari. Kamu bisa langsung menerapkan kata kunci tersebut di judul produkmu.

Cara selanjutnya ada dengan menggunakan Shopee Easy Tools. Kamu hanya perlu mengetikkan produk yang kamu jual, lalu Shopee Easy Tools akan langsung memberikan rekomendasi kata kunci yang bisa kamu pakai beserta dengan data volume pencarian dari keyword tersebut.

Bersaing di urutan terbaru

Untuk bersaing di urutan terbaru, kamu tidak perlu untuk mengupload ulang produk kamu setiap hari agar selalu berada di urutan teratas. Kamu hanya perlu menggunakan fitur naikkan produk, caranya:

  1. Klik produk saya
  2. Pilih produk yang ingin kamu naikkan
  3. Klik kolom “lainnya”
  4. Lalu pilih “naikkan produk” lalu klik konfirmasi 

Fitur Naikkan Produk sangat berguna untuk menaikkan peringkat pencarian produk dengan meningkatkan peringkat produk dan potensi penjualan.

Bersaing di urutan harga

Pasang harga sesuai dengan rata-rata harga pasar. Apabila memiliki satu SKU dengan dua variasi harga, kamu bisa gunakanlah range harga. Pengunaan range harga efektif untuk bersaing di urutan harga karena sistem akan memperhitungkan harga terendah dari SKU tersebut untuk diurutkan dengan produk lainnya. Diluar dari berasing di urutan harga, menggunakan range harga efektif untuk mendulang klik karena customer akan penasaran dengan harga yang terendah yang ditawarkan.

Itulah Sobat MEA tips ampuh tampil di urutan teratas Shopee tanpa iklan. Kamu bisa menerapkan tips ini gratis tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Semoga setelah menerapkan tips ini, produk kamu dapat tampil di urutan teratas supaya produk kamu makin laris!

You May Also Like

About the Author: farent

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.