Draft TikTok Hilang? Ini Lho Penyebab dan 9 Cara Mengembalikannya!

by Viki
draft tiktok hilang

TikTok telah menjadi media sosial populer untuk menciptakan berbagai konten kreatif. Salah satu fitur yang paling berguna adalah menyimpan dan mengedit video sebagai draft sebelum diposting. Ini tentu bermanfaat untuk menyempurnakan konten sebelum diunggah. Tapi beberapa pengguna justru dilanda kebingungan lantaran sejumlah draft TikTok hilang. Kok bisa? 

Oleh karena itu, di artikel ini, MiMe akan mencoba mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan draft TikTok hilang, penyebab, hingga cara mengembalikannya. Simak selengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Draft TikTok?

Ssssttt, Ada Segudang Rahasia Sukses TikToker Besar yang Bisa Dibongkar Lho!

Yuk, gabung diskusi bareng kreator berpengalaman di komunitas kreator MEA!

Sebelum kita mengetahui lebih dalam tentang draft TikTok yang hilang, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu draft TikTok. 

Draft TikTok adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan video yang sedang dibuat, tapi belum siap untuk diunggah. Entah itu masih berupa footage atau masih membutuhkan editing.

Ini mirip dengan menyimpan pekerjaan di dalam aplikasi pengeditan video, tapi dengan kemampuan untuk tetap menggunakan alat-alat kreatif TikTok, seperti musik dan efek khusus, untuk mengedit dan menyempurnakan video.

3 Penyebab Draft TikTok Hilang

Gak Perlu Repot Sama Pengeditan dan Draft yang Menumpuk

Karena tim pembuatan video profesional MEA siap membantumu mengatasi pembuatan konten yang sering bikin keteteran! Yuk, konsultasikan sekarang!

Sobat MEA mungkin bertanya-tanya mengapa draft TikTok hilang bisa terjadi. Padahal Sobat MEA tidak pernah menghapusnya. Sebenarnya draft memang bisa hilang selain karena terhapus. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hilangnya draft tersebut. 

1. Ganti Perangkat HP

Perlu diketahui, draft TikTok yang telah Sobat MEA buat akan tersimpan di memori perangkat sementara. Maka jika Sobat MEA login akun TikTok di perangkat yang berbeda, draft TikTok tersebut tidak akan ditransfer ke memori perangkat yang baru. 

Hal ini juga berlaku jika Sobat MEA log out akun TikTok yang lama, lalu login kembali dengan akun TikTok baru. Draft yang tersimpan tidak akan berpindah pada halaman profil TikTok yang baru. 

2. Uninstall Aplikasi TikTok

Begitu juga jika Sobat MEA uninstall aplikasi TikTok. Karena pada dasarnya data TikTok hanya tersimpan pada penyimpanan aplikasi pada perangkat tersebut. Jika Sobat MEA mencopot pemasangannya, maka data aplikasi otomatis terhapus, termasuk video draft. Meskipun Sobat MEA menginstal nya kembali. 

Oleh karena itu, jika Sobat MEA ingin meng-uninstall aplikasi TikTok di HP, sebaiknya posting apa yang ingin diposting terlebih dahulu. Sobat MEA bisa mengatur privasi “Hanya Saya” pada menu pengaturan jika Sobat MEA belum ingin video tersebut dilihat oleh banyak orang. 

3. Update Aplikasi TikTok

Penyebab selanjutnya, bisa jadi Sobat MEA masih menggunakan aplikasi TikTok versi lama. Lalu saat Sobat MEA update aplikasi TikTok ke versi terbaru, draft video TikTok pun menjadi hilang

Maka seperti yang MiMe singgung sebelumnya, Sobat MEA bisa cegah dengan posting apa yang perlu diposting dengan mengatur privasi terlebih dahulu agar tidak dilihat oleh publik. 

9 Langkah Cara Mengembalikan Draft TikTok Hilang

Video TikTok Pasti Lebih Ramai

dengan boost lewat Robotok! Robot canggih yang bikin nagih~

Draft TikTok sendiri hadir untuk membantu kita menyimpan stok video sebagai persediaan video yang cukup. Pengguna dapat membuat konten draft tanpa batas. Sehingga bisa dibilang kita memiliki cadangan konten yang bisa diunggah. 

Artikel Terkait  Apa Artinya FYP TikTok? Yuk Intip Cara Kerja Algoritma TikTok

Tapi terkadang video draft yang telah dibuat hilang dari halaman profil TikTok. Ini bisa karena tidak sengaja terhapus atau memang hilang begitu saja. Tentunya ini sangat disayangkan, apalagi jika konten tersebut sangat penting untuk dibagikan. 

Sayangnya TikTok tidak menyediakan fitur untuk mengembalikan draft TikTok hilang. Oleh karena itu, satu satunya cara untuk memulihkannya yaitu dengan melaporkan masalah ini ke pihak TikTok melalui fitur Laporkan Masalah melalui menu Pengaturan dan Privasi yang ada di halaman profil TikTok. 

Adapun cara lengkap untuk mengembalikan draft TikTok hilang, berikut langkah langkahnya:

  1. Buka aplikasi TikTok, pastikan sudah login ke akun TikTokmu. 
  2. Pergi ke halaman Profil dengan klik ikon orang di pojok kanan bawah. Lalu klik ikon Tiga Garis di pojok kanan atas. 
  3. Pilih menu Pengaturan dan Privasi.
  4. Lalu pilih opsi Laporkan Masalah, dan klik opsi Video dan Suara.
  5. Setelah itu, pilih opsi Draf, dan klik Draft Hilang.
  6. Silakan baca penjelasan yang tertera. Lalu klik tombol Tidak atau ikon Jempol ke Bawah, dan klik Perlu bantuan lainnya?
  7. Halaman akan menampilkan kolom untuk menghubungi TikTok, tuliskan umpan balik dalam kolom tersebut dan cantumkan foto atau video yang relevan. 
  8. Jika sudah, klik tombol Kirim.
  9. Selesai! Tinggal tunggu balasan dari TikTok dan ikuti instruksi yang diberikan. 

Nah, demikian informasi mengenai draft TikTok hilang mulai dari penyebab hingga cara mengembalikannya. Ingat, pencegahan selalu lebih baik daripada pemulihan, jadi pastikan untuk secara rutin menyimpan draft dan mempertimbangkan penggunaan fitur penyimpanan otomatis jika tersedia. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment