10 Contoh Konten Shopee Affiliate yang Efektif Nambah Cuan!

contoh konten shopee affiliate

Salah satu cara mendapat uang dari Shopee adalah dengan ikut program Shopee Affiliate. Berbeda dengan seorang seller, Affiliate dituntut untuk kreatif dalam membuat konten promosi. Bicara soal konten, kali ini Komunitas MEA ingin memberi beberapa contoh konten Shopee Affiliate yang efektif untuk mendatangkan penjualan dan komisi sehingga dapat memberikan penghasilan tambahan.

Pada dasarnya seorang Affiliate memang bertugas untuk mempromosikan sebuah produk. Nantinya, affiliator akan mendapat persenan dari sebuah produk yang terjual. Karena nggak mengeluarkan modal sama sekali, seorang affiliator harus kreatif dalam membuat konten pada akun Shopee. Pertanyaanya, ide konten seperti apa sih yang bagus untuk akun Shopee Affiliate?

Table of Contents

10 Ide dan Contoh Konten Shopee Affiliate

Mau dapat komisi extra dari Shopee Affiliate?
Yuk langsung gabung ke MCN Shopee MEA sekarang juga dan dapatkan berbagai manfaatnya. GRATIS!

Sebagai seorang content creator affiliate, membuat konten adalah skill yang wajib untuk dimiliki. Selain cara membuatnya, Sobat MEA juga harus tahu jenis-jenis konten affiliate yang paling bisa mendatangkan cuan. Nah berikut ini adalah 10 ide dan juga contoh konten Shopee Affiliate yang cepat menghasilkan uang. Simak! 

1. Konten Trending

Pertama ada konten trending. Maksudnya, seorang affiliator harus selalu up to date tentang berita dan informasi terhangat. Pasalnya, hal-hal berbau trending bisa menghasilkan engagement besar saat Sobat MEA jadikan konten. Tentu saja konten trending ini harus kalian selipi dengan promosi. 

Entah itu dengan cara hardsell maupun softsell. Jadi Sobat MEA wajib untuk membagikan link dari setiap membuat konten trending.

2. Tutorial

Kemudian ada konten tutorial. Para penonton yang ingin membeli sebuah produk akan lebih senang saat melihat video promosi dalam bentuk tutorial. Mereka jadi langsung paham cara menggunakan produk yang akan mereka beli. Dalam dunia affiliate marketing, konten jenis ini disebut sebagai visual depiction effect.

3. Review Produk

Selain tutorial, Sobat MEA juga bisa melakukan review produk yang akan Sobat MEA promosikan. Tentu saja, Sobat MEA harus membuat review yang positif dan menonjolkan kelebihan dari produk yang dipromosikan tersebut.

Selain bisa mengajak orang membeli, review produk juga bisa menjadi patokan seseorang dalam melihat kualitas dan pengalaman seseorang menggunakan produk tersebut.

4. Shopee Haul

Mau belajar bikin konten affiliate dari sesama content creator?
Yuk langsung gabung ke komunitas content creator MEA sekarang juga. GRATIS!

Sobat MEA yang senang berbelanja, pasti sudah nggak asing dengan istilah Shopee haul. Secara singkat, Shopee haul adalah sebuah kegiatan membuka produk-produk yang baru seseorang beli. Nah Shopee haul ini bisa banget untuk Sobat MEA jadikan konten.

Bukan hanya satu, Sobat MEA bisa membahas 3 sampai 5 produk sekaligus dalam konten Shopee haul. Sobat MEA nggak perlu mengulas produk terlalu dalam. Memberi ulasan positif dan mempromosikannya saja sudah cukup.

5. Tips dan Trik

Terakhir ada konten tips dan trik. Sama seperti namanya, konten satu ini bisa menonjolkan sebuah produk dengan cara penggunaannya. Misalnya Sobat MEA membuat tips dan trik menggunakan makeup atau mix and match berpakaian agar terlihat keren.

Selain memberikan informasi produk, konten jenis ini juga bisa membuat sebuah promosi jadi terlihat sederhana. Bahkan, konten tips ini termasuk sebagai konten softselling yang sangat efektif.

6. Konten Repost

Hari ini, membuat konten bukan sesuatu yang ribet. Bahkan, Sobat MEA bisa membuat konten repost untuk keperluan affiliate. Umumnya, konten repost ini hanya dapat diaplikasikan pada produk-produk unik semata. 

Misalnya, Sobat MEA membuat konten affiliate dengan produk home and living. Untuk sumbernya sendiri, Sobat MEA bisa mengambil berbagai video produk yang menarik dari Shopee dan langsung dijadikan konten untuk dibagikan di sosial media.

7. Konten Produk Viral

Produk yang viral di sosial media, tentu dapat menghasilkan cuan yang besar. Karena itu, Sobat MEA harus terus mengikuti perkembangan produk dan mengambil momentum untuk turut membuat konten produk viral.

Untuk isi kontennya, Sobat MEA bisa membuat konten ulasan produk membahas fitur sampai kelebihan dari produk viral tersebut. Misalnya, ada produk parfum viral yang dapat membuat lawan jenis terpikat. Nah Sobat MEA bisa membuat konten yang membahas, mengulas dan juga memberikan penjelasan mengenai kelebihan dan manfaat dari produk parfum tersebut.

8. Konten Rekomendasi Produk

Sebelum membeli sesuatu, seseorang cenderung untuk mencari ulasan orang lain yang membeli produk tersebut. Nah kebiasaan ini dapat dimanfaatkan loh. Sebagai Shopee Affiliate, Sobat MEA bisa membuat konten rekomendasi produk.

Misalnya, Sobat MEA bisa membuat konten “10 Merk Charger Murah dan Tahan Lama. Nah konten ini akan bermanfaat untuk membuat pembeli tertarik membeli salah satu produk yang ada di daftar rekomendasi yang Sobat MEA buat. Karena itu, jangan lupa untuk masukkan link produk Shopee Affiliate pada setiap produk yang Sobat MEA bahas dalam konten. 

9. Konten Perbandingan Produk

Sebagai seorang affiliate, Sobat MEA boleh kok untuk membuat berbagai jenis konten. Salah satunya adalah konten perbandingan produk. Sobat MEA nggak perlu khawatir sebab jenis konten ini telah terbukti efektif meningkatkan penjualan loh. Contoh konten Shopee Affiliate ini seperti “Kabel Type C Baseus Legend vs Kabel Type C Duaboi” 

10. Konten Vidcin

Ide dan contoh konten Shopee Affiliate yang terakhir adalah konten vidcin. Bagi yang baru terjun ke dunia Shopee Affiliate mungkin masih belum familiar dengan istilah vidcin. Vidcin sendiri adalah singkatan dari video cina.

Seperti kita tahu, ada banyak sekali produk asal cina yang dijual di Indonesia. Nah biasanya, para konten kreator di China sudah pernah membuat konten produk tersebut. Hal yang perlu Sobat MEA lakukan hanya mendownload video konten vidcin tersebut melalui Douyin dan memposting ulang di sosial media atau di Shopee Video.

Nah itu dia 10 contoh konten yang sangat cocok untuk Shopee Affiliate. Gimana menurut Sobat MEA? Tertarik untuk serius menjadi seorang Shopee Affiliate? Yuk tulis di kolom komentar~

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.