4 Cara Mengatasi Produk Tidak Terdaftar di Shopee. Ternyata Mudah Banget Loh!~

cara mengatasi produk tidak terdaftar di shopee

Seorang seller Shopee pasti pernah merasakan banyak problem saat pertama membuka toko. Salah satu problem yang pernah kamu dirasakan adalah produk tidak terdaftar di Shopee yang membuat produk maupun toko nggak muncul di pencarian. Lantas bagaimana cara mengatasi produk tidak terdaftar di Shopee?

Hal ini jadi masalah sebab bukan hanya 1 produk, kadang ada 2 produk bahkan sampai 3 produk yang nggak muncul. Tentu saja ada alasan di balik masalah produk Shopee yang nggak terdaftar. Itu berarti selalu ada penyebab serta cara untuk mengatasi produk tidak terdaftar di Shopee. Pengin tahu lebih jauh? Yuk langsung aja simak selengkapnya di bawah ini!

Penyebab Produk Tidak Muncul dan Terdaftar di Shopee

Mau sharing bareng seller Shopee berpengalaman?

Yuk Gabung Grup WA Seller Shopee dari MEA Digital Marketing GRATIS

Seperti sudah kita bahas sebelumnya, selalu ada alasan di balik sebuah permasalahan. Pihak Shopee sendiri juga telah membeberkan beberapa penyebab mengapa produk tidak terdaftar di Shopee. Biasanya karena peraturan toko online Shopee yang cukup ketat.

Beberapa penyebab antara lain seperti verifikasi nomor handphone yang belum terhubung dengan akun Shopee. Lalu ada kemungkinan produk Shopee diblokir atau dihapus oleh sistem Shopee.

Selain itu ada penyebab seperti Shopee yang sedang melakukan peninjauan produk, produk dianggap melanggar ketentuan, produk imitasi dan ilegal, produk spam, produk di arsipkan sampai produk yang gagal dimuat karena koneksi internet yang kurang stabil atau server Shopee yang sedang bermasalah.

4 Cara Mengatasi Produk Tidak Terdaftar di Shopee

Ingin berjualan di Shopee dengan santai tapi cuan?

Pakai jasa manajemen marketplace Komunitas MEA aja!

Jika kita sudah mengenal penyebab-penyebab permasalahan tersebut, kita akan mudah mengatasinya. Ada beberapa cara untuk mengatasi permasalahan produk tidak terdaftar ini. 

Hal pertama yang bisa Sobat MEA lakukan adalah mengikuti instruksi Mohon Untuk Memuat Ulang Halaman. Jika masih belum bisa, Berikut beberapa langkah untuk mengatasi masalah yang bisa Sobat MEA ikuti;

  1. Pertama, Sobat MEA bisa menghubungi layanan toko yang buka 24 jam. Nggak perlu khawatir, ini merupakan layanan chat 1 24 jam
  2. Selain itu bisa melakukan panggilan pada nomor 1500702
  3. Jika nggak terlalu percaya diri untuk menjelaskan secara lisan, Sobat MEA bisa mengirimkan email melalui website Shopee.
  4. Mengirim email akan lebih kuat karena bisa mencantumkan bukti screenshot. Oiya, estimasi email yang di balas Shopee berkisar pada 1-2 hari saja.

5 Cara Agar Produk Muncul di Pencarian Shopee

Mau produk kamu muncul terus di pencarian Shopee?

Pakai Shopeasytools dari Komunitas MEA aja~

Berbicara mengenai produk yang dijual, tentu saja Sobat MEA pasti ingin produk muncul di Shopee. Kalau bisa, muncul di bagian pertama pencarian agar banyak orang yang menunjungi toko dan berbelanja.

Akan sangat buruk kalau produk milik Sobat MEA mengalami penurunan interaksi yang menyebabkan produk tenggelam. Nah untuk mencegah hal tersebut, berikut ini langkah yang bisa Sobat MEA ikuti;

1. Penulisan Judul Produk

Salah satu cara agar produk Sobat MEA muncul di pencarian Shopee adalah dengan menulis judul produk dengan baik dan benar. Percaya nggak percaya, penulisan judul yang baik akan lebih memudahkan mesin pencarian untuk memberikan sugesti pada produk Sobat MEA. Karena penulisan judul sangat fundamental, Sobat MEA wajib untuk melakukan riset kata kunci produk terlebih dahulu.

2. Gambar Produk

Hal selanjutnya untuk dapat memunculkan produk di Shopee adalah penggunaan gambar atau foto produk yang berkualitas. Sobat MEA wajib untuk menggunakan ukuran foto produk yang dianjurkan Shopee. 

Selalu pastikan foto produk Sobat MEA memang original. Sebab, foto orang lain yang Sobat MEA masukan untuk gambar produk dapat menyebabkan pelanggaran dan menjadi penyebab produk tidak muncul di Shopee. Jadi, sebisa mungkin toko Sobat MEA jangan sampai untuk mengalami terkena pelanggaran.

3. Deskripsi Produk dan Toko Shopee

cara mengatasi produk tidak terdaftar di shopee

Cara berikutnya adalah dengan membuat deskripsi produk dan deskripsi toko Shopee yang baik dan benar. Sama seperti penulisan judul produk, deskripsi produk dan toko ini juga nggak boleh Sobat MEA isi dengan asal-asalan. 

Sobat MEA wajib menyelipkan kata kunci dan menulis deskripsi dengan sangat lengkap. Misalnya mengisi ukuran, berat, warna, dan garansi. Untuk deskripsi toko Sobat MEA bisa memasukan jam aktif toko sampai sistem order.

4. Perbandingan Harga

Sebagai seller, kita tentu wajib untuk realistis. Seorang pembeli yang berbelanja di Shopee pasti lebih memilih untuk membeli produk dari toko yang harganya jauh lebih murah. Karena itu, sebelum Sobat MEA menentukan harga jual, maka pertimbangkan banyak hal, salah satunya adalah perbandingan harga dengan kompetitor.

5. Pemilihan Kurir

Cara berikutnya adalah pemilihan kurir. Jika memungkinkan, Sobat MEA harus memilih jasa kurir yang cepat dan beragam. Pasalnya, jika kurir yang digunakan punya performa pengiriman yang cepat, hal ini akan berpengaruh pada kepuasan pelanggan itu sendiri. Alhasil, Sobat MEA akan mendapat review positif dan produk akan terus ditampilkan di kolom pencarian.

Nah selain 5 poin di atas, Sobat MEA juga bisa melakukan 3 hal ini agar produk Sobat MEA semakin maksimal dan muncul di pencarian tanpa harus menggunakan iklan;

  1. Maksimalkan dan riset kata kunci Shopee
  2. Pelajari fitur kolom pencarian bekerja dengan menempatkan diri sebagai pembeli
  3. Isi semua informasi untuk memaksimalkan hasil pencarian. Produk harus punya kategori, kata kunci, hashtag, foto yang menarik serta atribut-atribut lain yang sesuai

Nah itu dia cara mengatasi produk tidak terdaftar di Shopee dan cara mengatur produk agar muncul dan bisa calon pembeli lihat. Nggak susah kan? Semoga artikel ini membantu Sobat MEA yang mengalami masalah serupa ya. Aminn!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.