Bisnis Lebih Laris? Gini 5 Cara Promosi Produk di WA. Gacor!

by Viki
cara promosi produk di WA

Sobat MEA tentu setuju bahwa WhatsApp kini telah menjadi media komunikasi populer untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Menariknya, penggunaan WhatsApp juga bisa untuk pebisnis mempromosikan produk secara efektif di dalamnya. Tapi bagaimana cara promosi produk di WA?

Sebagaimana WA telah meluncurkan fitur WhatsApp for Business yang khusus digunakan untuk berjualan, maka WhatsApp pun memiliki teknik WA Marketing yang memudahkan penjual mempromosikan produk dengan maksimal dan efisien.

Dalam hal ini, MiMe akan membagikan panduan cara promosi produk di WhatsApp dengan teknik WA marketing yang efektif. 

Apa Itu WA Marketing?

untuk mengetahui cara jualan online di WA, ada baiknya ketahui terlebih dahulu pengertian dari WA MArketing itu sendiri. 

WA Marketing adalah strategi pemasaran digital yang menggunakan WhatsApp sebagai saluran komunikasi untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek bisnis kepada pelanggan atau calon pelanggan. 

Dalam WhatsApp Marketing, Sobat MEA dapat mengirim pesan ke calon pelanggan secara langsung, mengirimkan pesan promosi, dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. 

WhatsApp Marketing dapat dilakukan dengan cara mengirimkan pesan kepada individu atau menggunakan fitur broadcast untuk mengirim pesan massal ke banyak pelanggan sekaligus.

Tapi nyatanya, masih banyak yang belum tahu nih cara menawarkan produk lewat WA hingga meningkatkan pendapatan. Jangan khawatir, simak penjelasan selanjutnya di bawah ini. 

Cara Promosi Produk di WhatsApp dengan Efektif

Kenapa perlu menggunakan WA? Tidak lain dan tidak bukan karena WhatsApp memiliki berbagai keunggulan yang memberikan banyak keuntungan bagi pebisnis dalam melakukan promosi melalui WA Marketing. Salah satu strategi terbaiknya yaitu untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi. 

Tapi untuk mendapatkan keuntungan tersebut, Sobat MEA perlu memahami 8 cara promosi produk di WhatsApp yang efektif menghasilkan cuan terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Gunakan WhatsApp Bisnis

Seperti yang sudah MiMe singgung di awal, WhatsApp memiliki fitur WhatsApp for Business yang lengkap dengan berbagai alat pemasaran yang bermanfaat untuk mempromosikan produk. 

pastikan Sobat MEA sudah menginstal aplikasi WhatsApp for Business dan terdaftar akun WA Bisnis untuk memulainya. Jika Sobat MEA belum memiliki akun, bisa lihat di sini.

2. Buat Katalog Produk yang Profesional

Setelah tokomu terdaftar akun WA Bisnis, pastikan toko memiliki katalog produk yang rapi. Hal ini berguna untuk memudahkan pelanggan mengenal dan menemukan produk yang ditawarkan. 

Maka dari itu, buatlah katalog produk yang menarik minat pelanggan dan calon pelanggan yang menjadi target pasar. Pastikan produk yang Sobat MEA miliki tampak profesional. 

Gunakan foto terbaik untuk setiap produk yang dijual, sertakan harga dan varian produk (jika tersedia), hingga deskripsi yang jelas dan singkat agar pelanggan dapat memahami produk yang sesuai kebutuhannya. 

Dengan mempromosikan produk manfaatkan fitur katalog WA, Sobat MEA memberikan kemudahan pelanggan untuk melakukan pembelian serta tidak membuatnya perlu bertanya mengenai detail produk sehingga mereka pun merasa lebih nyaman. 

Chat kamu sering diabaikan sama calon pelanggan potensial? BAHKAN sampai dianggap SPAM?

Ungkap rahasia mendapatkan pelanggan potensial melalui WA Marketing di Jawara 10!

3. Manfaatkan WhatsApp Story

Selain itu, Sobat MEA juga bisa memanfaatkan WA Story untuk melakukan promosi. WhatsApp Story menyediakan fasilitas untuk membuat status dengan berbagai jenis media yang bisa dipilih sesuai kebutuhan mulai dari foto, video, share link, hingga teks. 

WhatsApp Story dapat membuatmu lebih mudah dan cepat dalam membagikan informasi yang ingin Sobat MEA bagikan seperti promosi produk yang sedang berlangsung. WhatsApp Story juga dapat menjadi pemantik untuk pelanggan melihat story dan tertarik pada konten promosi yang dibagikan tersebut. 

Untuk hal ini, pastikan Sobat MEA membagikan konten yang semenarik mungkin. Konten yang menarik menjadi salah satu penyebab pelanggan memulai interaksi dengan kontenmu. 

Sobat MEA juga dapat menyertakan call to action (CTA) pada konten tersebut, misalnya “promo spesial hari ini!”, “Jangan sampai kehabisan produk terbaik kami!”, atau yang lainnya. Pastikan menggunakan bahasa yang komunikatif dan memberikan kesan nyaman kepada pelanggan. 

4. Kirim Pesan Promosi Secara Berkala

Hal ini juga terbukti efektif meningkatkan interaksi. Ya, Sobat MEA dapat mengirimkan pesan promosi secara berkala untuk menawarkan produk. 

Tapi jangan sampai berlebihan ataupun sesuka hatimu saja. Sebaiknya pilih waktu terbaik untuk mengirim pesan promosi seperti jam istirahat, hari libur, dan sebagainya. 

Untuk hasil lebih maksimal, gunakan teknik copywriting yang dapat menarik perhatian pelangganmu. Sobat MEA dapat melihat contoh kata-kata promosinya di sini

Ya, cara mempromosikan produk melalui WhatsApp ini memberikan dampak yang kuat jika Sobat MEA lakukan dengan benar. Pastikan perhatikan waktu saat mengirimkan pesan promosi di WhatsApp. Bila perlu, buatlah jadwal berkala untuk mengirimkan pesan siaran. Jangan sampai terkesan spam dan mengganggu. 

Bikin Omzet Dari 0 Sampai Ratusan Juta Dengan Bantuan Robot Pintar!

Follow up ratusan pelanggan hingga menjadi cuan menjadi lebih mudah dengan bantuan robot pintar Sebari!

5. Sediakan Customer Support

Jangan berhenti pada pesan promosi! Sobat MEA juga perlu menyediakan customer support pada WA Marketing bisnismu. Pasalnya customer support dapat memberikan kesan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. 

Selain itu, customer support juga dapat membantumu memberikan respon dengan segera kepada pelanggan saat Sobat MEA tidak dapat membalasnya langsung.

Siapkan customer support yang siap 24 jam merespon setiap pesan yang masuk agar pelanggan tidak perlu menunggu jam kerja untuk mendapatkan sebuah informasi yang mereka butuhkan. 

Dalam hal ini, Sobat MEA dapat memanfaatkan fitur chatbot untuk memberikan informasi-informasi yang terkait. Dengan layanan Chatbot, Sobat MEA dapat meningkatkan pelayanan dengan respon yang cepat melalui customer support yang diciptakan. 

6. Buat Konten yang Menarik dan Berkualitas

Konten bisa menjadi media promosi yang paling efektif di media digital maupun media sosial. Setiap platform memiliki karakteristik tersendiri dalam memberikan pengalaman kepada pengguna. Sehingga mereka memiliki ketentuan konten yang berbeda-beda.

Misalnya, merespon pesan, menanyakan promosi ditawarkan, hingga melakukan transaksi pembelian terhadap produkmu.

Dalam hal ini, Sobat MEA bisa mulai membuat konten yang sederhana, singkat dan informatif untuk dibagikan di WhatsApp. Pastikan Sobat MEA juga menyesuaikan bahasa yang digunakan sebagaimana WhatsApp adalah media komunikasi. 

7. Personalisasikan Pesan Pelanggan

Selain itu, Sobat MEA juga perlu menciptakan interaksi langsung dengan pelanggan. Setiap pelanggan tentu ingin informasi yang mereka butuhkan terhadap sebuah produk bisa mereka dapatkan dengan cepat.

Sebagai pebisnis, jangan sampai mengabaikan pesan masuk begitu saja. Lakukan interaksi secara personal dengan pelanggan untuk membuat mereka merasa nyaman. Ini merupakan salah satu bagian yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan cara promosi produk di WA. 

Bukan hanya itu,  menawarkan produk melalui chat personal juga dapat membangun hubungan personal antara brand dengan pelanggan. Terlebih, pelanggan merasa senang jika mereka diperlakukan istimewa dan dipahami kebutuhannya dengan baik. 

Misalnya dengan menyebut nama pelanggan secara langsung seperti “Dear, Putri.” atau “Halo Dinda, ada produk yang bagus banget nih buat kamu.” Dengan begitu, mereka pun akan merasa diperhatikan oleh penjualnya dan merasa lebih terkesan.

8. Manfaatkan Semua Fitur WhatsApp yang Tersedia

Terakhir, pastikan Sobat MEA telah memanfaatkan semua fitur WhatsApp yang tersedia secara maksimal. Karena WA Marketing perlu adanya kolaborasi terhadap fitur-fitur tersebut.  

Misalnya, Sobat MEA menggunakan WhatsApp Story, maka Sobat MEA perlu kolaborasikan dengan konten yang berkualitas lalu layanan respon yang cepat dan komunikatif.

Untuk hal ini, Sobat MEA dapat memanfaatkan fitur chat bot dengan WhatsApp Story yang memudahkanmu dalam membalas pesan dan memberikan informasi dengan tepat dan cepat. 

Dengan begitu, Sobat MEA pun dapat memberikan jawaban terbaik dari setiap pertanyaan pelanggan melalui kemudahan yang ditawarkan oleh WA Marketing.

Sekian informasi mengenai 8 cara promosi produk di WhatsApp. Dalam mengoptimalkan platform WhatsApp untuk bisnis penting untuk menggabungkan langkah-langkah di atas sesuai dengan produk dan preferensi pelanggan. Sehingga Sobat MEA juga dapat memperluas jangkauan bisnis dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment