4 Manfaat dan Cara Menjadwalkan Postingan Instagram dengan Mudah. Gini Loh!~

akun profesional instagram

Instagram menjadi salah satu media sosial yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk mempromosikan produk. Hal ini bisa Sobat MEA jadi platform konten promosi, edukasi produk, tips untuk meningkatkan interaksi audiens. Selain itu, banyak fitur-fitur unik yang mendukung promosi. Salah satunya adalah fitur penjadwalan. Emang bagaimana sih cara menjadwalkan postingan Instagram ini?

Seperti kita ketahui, Instagram merupakan media sosial yang memiliki beragam fitur demi mendukung pengguna, content creator maupun para seller. Salah satu fitur yang paling bermanfaat adalaj penjadwalan penerbitan konten. 

Nah dalam artikel ini, kita akan membagikan cara menjadwalkan postingan Instagram dan manfaatnya untuk akun bisnis. Baik, daripada berlama-lama lagi, langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

4 Manfaat Menjadwalkan Postingan Instagram

Mau tahu rahasia naikin followers Instagram secara organik?

Yuk gabung di Komunitas Seller Sosial Media MEA GRATIS!

Sebagai pebisnis online, mengunggah konten secara rutin adalah salah satu hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan brand awareness dan menjaga kepercayaan konsumen. Tapi ada saatnya pula Sobat MEA lupa untuk mengunggah konten.

Namun, hal ini akan bisa teratasi sebab Instagram sudah menyediakan fitur cara menjadwalkan postingan Instagram yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk meningkatkan bisnis. Berikut beberapa manfaat yang bisa Sobat MEA dapatkan dengan mengikuti cara menjadwalkan postingan Instagram;

1. Konsistensi Postingan

Ketika menjalankan bisnis di Instagram, Sobat MEA mau nggak mau harus mengunggah setidaknya satu konten setiap hari. Bisa mengunggah di feed atau Instagram Story. Pastikan Sobat MEA nggak terlalu sering mengunggah konten agar algoritma tetap berjalan dengan semestinya. Di samping itu, pastikan juga Sobat MEA nggak terlalu jarang mengunggah konten karena nantinya Sobat MEA akan mendapat pengurangan jumlah interaksi dengan audiens.

Untuk bisa konsisten dalam memposting konten, cara menjadwalkan postingan Instagram menjadi solusi yang paling baik. Dengan begitu, hal ini membuat pengikut setia akan selalu menunggu unggahan baru dari Sobat MEA. Selain itu, Sobat MEA juga bisa meningkatkan kepercayaan audiens baru dengan jumlah unggahan yang banyak dan beragam.

2. Lebih Efektif

cara menjadwalkan postingan instagram

Sobat MEA sadar nggak sih kalau mengunggah konten Instagram membutuhkan banyak langkah dan menghabiskan waktu. Mulai dari memilih foto atau video, menulis caption, menentukan hashtag, menambahkan lokasi sampai menambahkan musik. Hal ini tentunya memakan cukup banyak waktu.

Namun dengan cara menjadwalkan postingan Instagram, Sobat MEA bisa menghemat lebih banyak waktu karena Sobat MEA bisa melakukannya di waktu luang. Alhasil, Sobat MEA nggak perlu terburu-buru untuk menuliskan caption dan lainnya saat ingin mengunggah postingan.

3. Lebih Kreatif Dalam Membuat Caption

Salah satu hal yang terkadang disepelekan oleh pebisnis online adalah menulis caption yang merupakan bagian dari copywriting. Membuat caption memang memakan cukup banyak waktu karena Sobat MEA harus memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan konten yang diunggah.

Namun penulisan caption yang menarik nggak hanya berupa penjelasan saja loh. Caption juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan interaksi audiens di mana Sobat MEA bisa melemparkan pertanyaan, ajakan untuk membeli produk, atau meminta audiens untuk menyebarkan unggahan. Karena caption punya banyak sekali manfaat maka menjadwalkan postingan ini wajib sekali Sobat MEA perhitungkan.

4. Lebih Berhati-hati Sebelum Mengupload Konten

Manfaat cara menjadwalkan postingan Instagram selanjutnya adalah Sobat MEA menjadi lebih berhati-hati dan teliti sebelum mengunggah konten. Sobat MEA bisa melakukan preview sebelum konten tersebut diunggah secara resmi.

Jadi Sobat MEA bisa melihat apakah ada kesalahan dalam isi konten, caption, pemilihan hashtag, dan detail lainnya. Singkatnya, konten yang Sobat MEA buat terhindar dari kesalahan kecil maupun besar sebelum diunggah.

Waktu Terbaik Untuk Posting Konten Instagram

Kesulitan membuat konten Instagram yang menarik?

Pakai Jasa Kelola Instagram aja yang ditangani ileh tim berpengalaman dengan klik di sini!

Sebelum kami membagikan cara menjadwalkan postingan Instagram, ada baiknya Sobat MEA mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengunggah konten. Hal ini bertujuan agar postingan mendapatkan interaksi dan engagement yang tinggi setelah diunggah.

Sebenarnya nggak ada patokan jam khusus untuk waktu terbaik mengunggah postingan Instagram. Bisa saja di akun Sobat MEA, jam terbaiknya adalah pukul 12 siang, sedangkan untuk akun lainnya, konten akan mendapatkan interaksi tertinggi pada pukul 7 malam. Hal ini terjadi karena perbedaan audiens dan jam aktif audiens.

Cara terbaik untuk mengetahui waktu posting konten adalah dengan mengaktifkan fitur Insights Instagram. Untuk memakai fitur ini, pastikan akun Sobat MEA sudah terdaftar dalam akun Instagram for Business.

Sobat MEA cukup membuka Insights yang ada pada profil akun, kemudian pilih Content Interactions yang didalamnya menyediakan informasi mengenai interaksi akun dengan audiens secara keseluruhan. Dari data ini bisa didapatkan kapan waktu terbaik untuk mengunggah konten.

5 Langkah Cara Menjadwalkan Postingan Instagram

Pasang iklan tanpa mahal dengan ketahui caranya di Kelas!

Gabung ke Kelas FB & IG Ads dengan klik di sini sekarang juga!

Setelah mengetahui manfaat dari menjadwalkan unggahan dan waktu terbaik untuk mengunggah konten, sekarang saatnya kami bagikan cara menjadwalkan postingan Instagram yang bisa Sobat MEA lakukan dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Hubungkan ke Creator Studio Facebook

Langkah pertama dari cara menjadwalkan postingan Instagram adala dengan menghubungkan akun bisnis Instagram dengan fitur Creator Studio Facebok. Caranya juga cukup mudah, Sobat MEA bisa membuka Creator Studio Facebook dan login menggunakan akun Instagram bisnis.

2. Pilih Jenis Unggahan

Jika sudah menghubungkan dan login ke Creator Studio, Soba MEA tinggal memilih jenis konten yang ingin dijadwalkan sebelum diunggah. Sobat MEA bisa memilih tombol Create Post yang akan memunculkan pilihan Instagram Feed dan IGTV. Pilih salah satu jenis postingan dengan mengklik tulisan yang tersedia.

3. Buat Draft

Langkah cara menjadwalkan postingan Instagram selanjutnya adalah membuat draft. Sobat MEA bisa memasukkan caption, hashtag, bahkan menandai akun lain yang diperlukan. Jangan lupa untuk memasukkan metadata agar engagement konten bisa optimal.

4. Upload File Konten

Langkah berikutnya adalah mulai mengupload file konten. Jika draft sudah diisi, Sobat MEA bisa scroll ke bagian bawah menu untuk mulai mengunggah file yang sesuai dengan jenis konten yang ingin diupload.

5. Jadwalkan Unggahan

Terakhir, Sobat MEA tinggal menjadwalkan unggahan. Pada halaman unggahan, terdapat tombol Publish di bagian kanan bawah. Jangan langsung klik jika ingin menjadwalkan unggahan. Klik tanda segitiga di sebelah tombol Publish lalu pilih Schedule. Kemudian Sobat MEA bisa mengatur tanggal dan jam untuk mengunggah konten

Mudah sekali bukan menerapkan cara menjadwalkan postingan di Instagram? Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA untuk mengerti lebih dalam mengenai cara mendapatkan atau cara monetisasi Instagram. Baca juga artikel lainnya seputar tips berbisnis di Instagram agar Sobat MEA nggak ketinggalan informasi menarik.

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.