Ingin Akun IG Lebih Cuan? Yuk, Lakukan 3 Cara Mengaktifkan Insight Instagram Ini!

cara mengaktifkan insight instagram

Di era media sosial yang semakin berkembang, Instagram telah menjadi platform populer  di seluruh dunia untuk berbagi momen-momen berharga dalam bentuk foto dan video. Instagram juga menyediakan berbagai alat yang dapat membantu pengguna dalam mengelola akun dengan lebih efektif, salah satunya dengan cara mengaktifkan insight Instagram. 

Saatnya Jadi Lebih Kreatif di Instagram

dan Gabung Komunitas Kreator MEA! Jadi kreatif itu gak bisa sendirian, butuh partner yang support, saling berbagi insight dan info terbaru, hingga membimbing secara penuh!

Melansir laman Katadata.co.id, Insight Instagram adalah analitik untuk mengukur kinerja konten. Biasanya Insight Instagram digunakan untuk akun bisnis yang ingin menjangkau audiens lebih banyak. Insight Instagram membutuhkan beberapa strategi supaya akun dan konten mendapatkan lebih banyak pengunjung dan followers. 

Fitur Insight Instagram sendiri digunakan untuk mengetahui data konten, engagement, demografi followers, dan lainnya. Demografi followers misalnya mengetahui daerah, umur, usia, dan jenis kelamin. 

Insight Instagram membantu akun bisnis untuk mengetahui kenaikan followers dan jangkauan akun. Informasi data ini membantu akun bisnis mengukur performa social media marketing. Itulah mengapa Sobat MEA perlu cara mengaktifkan insight Instagram dan simak sampai habis!

Cara Mengaktifkan Insight Instagram

akun profesional instagram

Perlu diingat, fitur insight Instagram hanya dapat digunakan bagi pengguna akun Instagram versi bisnis atau bussiness account. Jadi, pastikan Sobat MEA mengubah akunmu menjadi akun bisnis atau akun kreator Instagram. 

Dengan memahami hal ini, Sobat MEA pun dapat membuat strategi yang lebih baik dalam meningkatkan eksistensi di platform ini. Berikut adalah langkah-langkah sebagai cara mengaktifkan insight Instagram:

Pastikan Akun dalam Mode Bisnis

Pastikan akumu sudah dalam mode bisnis. Untuk dapat mengakses Insight Instagram, Sobat MEA perlu memiliki akun yang diatur dalam mode bisnis. Seperti yang sudah MiMe singgung sebelumnya, Sobat MEA dapat mengubah akunmu menjadi akun bisnis dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Instagram dan pergi ke profilmu.
  • Klik ikon Tiga Garis di pojok kanan atas layar.
  • Pilih Pengaturan di bagian bawah daftar opsi.
  • Scroll ke bawah dan temukan opsi Beralih ke Akun Bisnis.
  • Ikuti instruksi yang diberikan untuk mengatur profil bisnismu.

Terhubung dengan Halaman Facebook

Setelah mengubah akun menjadi akun bisnis, langkah selanjutnya adalah menghubungkannya dengan halaman Facebook mu. Ini penting karena Insight Instagram memanfaatkan data dari halaman Facebook untuk memberikan informasi yang lebih lengkap. Untuk menghubungkan akun Instagram dengan halaman Facebook, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Instagram dan pergi ke profilmu.
  • Klik ikon Tiga Garis di pojok kanan atas layar.
  • Pilih Pengaturan di bagian bawah daftar opsi.
  • Scroll ke bawah dan temukan opsi Akun Terhubung.
  • Pilih Facebook dan masukkan detail login Facebook mu.
  • Setelah terhubung, Sobat MEA akan melihat opsi untuk menghubungkan halaman Facebook yang sesuai.

Jasa Kelola Akun Instagram Terbaik

Untuk dapat insight yang bagus dan cuan, tentu harus bisa dikelola secara profesional. Yuk kerja bareng tim terbaik MEA! Pastikan strateginya bakal bantu kamu bikin akun jadi cuan~

Aktifkan Insight Instagram

Kemudian setelah akunmu sudah berada dalam mode bisnis dan terhubung dengan halaman Facebook, Sobat MEA dapat mengaktifkan Insight Instagram. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Instagram dan pergi ke profilmu.
  • Klik ikon Tiga Garis di pojok kanan atas layar.
  • Pilih Insight dari daftar opsi.
  • Sobat MEA akan dibawa ke dashboard Insight Instagram, di mana Sobat MEA dapat melihat berbagai metrik dan data yang relevan dengan akunmu.
  • Jelajahi tab yang berbeda, seperti Aktivitas, Pengikut, dan Konten untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kinerja akunmu.

Setelah Sobat MEA berhasil mengaktifkan Insight Instagram, penting untuk memahami data yang disajikan dalam dashboard Insight Instagram. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini. 

Cara Memahami Data Instagram

Berikut adalah beberapa metrik penting yang perlu Sobat MEA perhatikan:

Aktivitas

Bagian ini memberikan wawasan tentang bagaimana followersmu berinteraksi dengan kontenmu. Sobat MEA dapat melihat jumlah kunjungan profil, tindakan tombol (seperti mengklik tautan di bio), serta jumlah kali followers menyimpan, mengomentari, dan menyukai postinganmu. 

Informasi ini membantu Sobat MEA memahami sejauh mana kontenmu menarik perhatian followers dan mendorong interaksi.

Followers

Di bagian ini, Sobat MEA dapat melihat informasi tentang followersmu. Misalnya, Sobat MEA dapat melihat pertumbuhan followers seiring waktu, jumlah followers baru yang diperoleh, serta informasi demografis seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi geografis followers. 

Ini memberikanmu pemahaman yang lebih baik tentang siapa target audiensmu dan bagaimana mereka bereaksi terhadap kontenmu.

Konten

Bagian ini memberikan wawasan tentang kinerja postinganmu. Sobat MEA dapat melihat jumlah impresi (jumlah kali postinganmu ditampilkan), jangkauan (jumlah akun yang melihat postinganmu, serta jumlah kali postinganmu disimpan, dikomentari, dan disukai. 

Data ini membantumu mengidentifikasi jenis konten yang paling populer dan efektif untuk menarik minat followersmu. 

Jago Ngiklan di IG Agar Insight Makin Menawan

Maksimalkan insight Instagram hingga cuan dengan iklan Instagram. Tapi pahami dulu strategi suksesnya di sini!

Waktu Aktif Followers

Fitur ini menunjukkan waktu tertentu dalam sehari ketika followersmu paling aktif di Instagram. Dengan mengetahui waktu ini, Sobat MEA dapat merencanakan postinganmu untuk mencapai audiens yang lebih luas dan meningkatkan interaksi.

Statistik Cerita

Insight Instagram juga memberikan data tentang cerita yang Sobat MEA bagikan. Sobat MEA dapat melihat jumlah tayangan cerita, balasan yang diterima, serta pengukuran lainnya yang membantumu memahami keterlibatan followers dengan ceritamu.

Promosi

Jika Sobat MEA menggunakan fitur iklan Instagram, Insight Instagram juga menyediakan data tentang kinerja iklanmu. Sobat MEA dapat melihat berapa banyak orang yang melihat iklanmu, berapa banyak yang melakukan tindakan (seperti mengunjungi situs web mu), dan berapa banyak yang terlibat dengan iklanmu melalui like, komentar, atau menyimpannya.

Dengan memahami dan menggunakan data yang disajikan dalam Insight Instagram, Sobat MEA dapat mengoptimalkan strategi konten dan meningkatkan interaksi dengan followers. 

Misalnya, jika Sobat MEA menemukan bahwa postingan dengan video memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi, Sobat MEA dapat lebih fokus pada konten video. Atau jika Sobat MEA menemukan bahwa followersmu aktif pada waktu-waktu tertentu, Sobat MEA dapat merencanakan postinganmu untuk mencapainya pada saat itu.

Begitulah cara mengaktifkan insight Instagram yang perlu Sobat MEA lakukan. Hal ini merupakan langkah penting untuk mengelola akun Instagram dengan lebih efektif. Dengan memanfaatkan wawasan ini, Sobat MEA dapat meningkatkan kualitas konten, menarik audiens yang lebih besar, dan membangun eksistensi yang kuat di platform ini. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.