Apa Itu Endorse? Ini Manfaat dan 4 Tips Memilih Influencer Untuk Endorse!

apa itu endorse

Ada banyak cara untuk memasarkan produk, salah satunya adalah dengan endorsement atau yang biasa disebut dengan endorse. Sobat MEA pasti sudah nggak asing lagi dengan istilah ini. Ketika mendengar kata endorse, pasti ingatan Sobat MEA akan langsung menyambungkan dengan influencer. Tapi, apa hanya sebatas itu?

Dalam artikel ini, kami akan mengupas tuntas tentang apa itu endorse, manfaat endorse, dan tips memilih influencer agar Sobat MEA dapat meningkatkan penjualan dengan efektif. Nah daripada berlama-lama lagi, yuk langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Endorse?

Mau belajar jualan di sosial media?

Yuk gabung di Komunitas Seller Sosial Media untuk diskusi bareng!

Pembahasan yang pertama adalah apa itu endorse. Endorsement adalah cara mengiklankan produk dengan melibatkan seorang influencer terkenal yang dipercaya, diakui, dan mampu mempengaruhi audiensnya. Nantinya, orang tersebut terkenal ini bertanggung jawab untuk membantu mempromosikan produk Sobat MEA agar lebih dikenal.

Setelah membahas apa itu endorse, menurut Sobat MEA proses mengiklankan produk dengan cara ini efektif nggak sih untuk meningkatkan penjualan? Pada kenyataannya, masih banyak orang yang mengikuti apa yang dikatakan oleh influencer terkenal seperti artis, selebriti, vlogger, bahkan selebgram atau influencer TikTok.

 Maksudnya, jika ada influencer makeup yang memberikan ulasan mengenai produk kecantikan secara positif, maka dapat dipastikan bahwa produk tersebut akan menjadi incaran para pengikutnya. Itulah kenapa endorse sendiri menjadi salah satu trik marketing yang dianggap ampuh.

4 Manfaat Endorse Untuk Bisnis dan Produk

Mau toko TikTok Shop kamu kebanjiran orderan?

Yuk optimasi toko TikTok kamu dengan jasa kelola TikTok MEA

Setelah mengetahui apa itu endorse, Sobat MEA pasti penasaran tentang apa saja sih manfaat dari endorse. Apakah manfaatnya hanya untuk meningkatkan penjualan saja? Atau ada manfaat lainnya yang didapatkan dari proses endorse? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah penjelasan lengkapnya!

1. Meningkatkan Brand Awareness

Hal yang peling diinginkan oleh pemilik bisnis adalah produk mereka mudah dikenali oleh masyarakat secara luas. Influencer dengan penggemar dan followers yang banyak mampu membantu Sobat MEA dengan hal ini.

Melalui endorse, produk Sobat MEA akan dilihat dan dikenali oleh masyarakat melalu proses promosi yang dilakukan oleh influencer marketing. Setelah produk dikenal, maka Sobat MEA bisa fokus untuk melanjutkan strategi marketing selanjutnya.

2. Membangun Kepercayaan

Salah satu pentingnya menerapkan endorse adalah untuk membangun kepercayaan calon konsumen. Misalnya saja Sobat MEA menjual produk perawatan tubuh yang sudah dijual di toko offline dan online. Produk yang Sobat MEA jual sudah dikenali namun belum bisa mendatangkan konsumen baru. Mungkin hal ini terjadi karena produk Sobat MEA belum mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen.

Sobat MEA bisa menggunakan jasa endorse untuk membantu meningkatkan kredibilitas produk. Influencer bisa menonjolkan keunggulan dan manfaat produk Sobat MEA. dengan begitu, tingkat kepercayaan konsumen dan calon konsumen semakin meningkat.

3. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Mungkin Sobat MEA sudah memasang iklan di berbagai platform namun hasilnya belum maksimal? Maka artikel mengenai apa itu endorse, manfaat dan tips ini akan sangat cocok untuk Sobat MEA. Kembali lagi, endorse sendiri bisa membuat Soabt MEA menjangkau pasar atau audiens yang jauh lebih luas.

Demografi followers dari influencer yang beragam mampu membuka pasar baru untuk produk Sobat MEA. Dengan begitu, Sobat MEA akan menemukan sendiri pasar baru yang membutuhkan produk Sobat MEA.

4. Alternatif Promosi Produk yang Lebih Terjangkau

Jika Sobat MEA mengetahui apa itu endorse, pasti Sobat MEA juga tahu bahwa harga endorsement ini sangat beragam. Sobat MEA bisa memakai jasa endorse yang gratis atau berbayar dengan biaya secukupnya.

Sobat MEA bisa bekerja sama dengan influencer yang baru merintis karir dan baru membuat konten di sosial media. Umumnya, para influencer pemula ini nggak akan mematok biaya endorse. Misalnya di TikTok, hari ini banyak influencer yang ingin mendapat endorse lewat sistem TikTok Affiliate. Nah jika menggunakan cara ini, pastikan influencer Sobat MEA sudah menggunakan produk Sobat MEA agar review yang diberikan terasa natural dan bukan dibuat-buat semata.

4 Tips Memilih Influencer Untuk Endorse Produk

Mau tahu semua rahasia biar jualan lancar di TikTok Shop?

Yuk gabung di Kelas TikTok Premium MEA dan dapatkan akses materi seumur hidup!

Sudah kami bahas mengenai apa itu endorser dan apa saja manfaatnya untuk bisnis, sekarang saatnya kami membahas tips memilih endorser agar produk Sobat MEA dapat dipasarkan dengan baik dan efektif. Berikut beberapa tips-nya:

1. Jumlah Followers

Jika dilihat dari apa itu endorse, sebaiknya Sobat MEA nggak memilih influencer hanya dari jumlah pengikutnya saja. Jumlah followers yang banyak nggak menjamin akan menjangkau pasar yang tepat sasaran. Tapi bukan berarti followers yang sedikit juga akan meraih pasar yang sesuai. Cari influencer yang memang benar-benar sesuai target produk Sobat MEA dan memiliki followers yang cukup untuk promosi.

2. Persona

Melanjutnya dari poin pertama, hal kedua yang harus dilakukan setelah mengetahui apa itu endorse untuk memilih influencer adalah mengetahui persona. Jika Sobat MEA menjual produk skincare, pastikan influencer yang dipilih juga merupakan beauty enthusiast atau pernah mengulas produk terkait. Hal ini akan mempermudah Sobat MEA untuk menjangkau audiens yang tepat.

Bayangkan jika Sobat MEA menjual skincare tapi malah ke influencer yang personanya adalah penyayang binatang dan kontennya tentang hewan peliharaan. Tentunya ini nggak nyambung, dong?

3. Engagement Rate

Semakin tinggi engagement rate, maka semakin tinggi pula harga yang mereka tawarkan. Angka ini juga yang menunjukkan apakah jumlah followers seorang influencer ini asli atau followers palsu. Pastinya Sobat MEA ingin menawarkan produk ke akun-akun asli, kan? Karena itu, memperhatikan engagement rate adalah sebuah keharusan

Perlu diingat kembali bahwa jumlah followers nggak menjadi jaminan utama endorser berhasil. Engagement rate sendiri menunjukkan persentase pengikut yang aktif di sosial media. Ini juga menunjukkan sedekat apa interaksi para followers dengan influencer. Singkatnya, tujuan dari engagement rate itu sendiri adalah untuk melihat seberapa besar peluang keberhasilan endorse.

4. Komitmen

Proses endorsement biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadi pastikan infleuncer yang dipilih memiliki komitmen untuk mempromosikan produk Sobat MEA secara rutin. Jangan sampai mereka juga mempromosikan produk kompetitor di saat kontrak dengan Sobat MEA masih berjalan.

Sekian penjelasan tentang apa itu endorse, manfaat endorse, hingga tips memilih influencer yang tepat untuk melakukan endorse. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang ingin mencoba menggunakan teknik marketing satu ini ya!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.