Pemula Merapat, Ini 8 Cara Meningkatkan Konversi Shopee, Efektif Banget!

Cara meningkatkan Followers Shopee

Seiring perkembangan teknologi, kita juga semakin mudah untuk berkomunikasi dalam jarak jauh. Bahkan perkembangan teknologi memudahkan kita untuk berbelanja tanpa harus keluar rumah. Terlebih, kini hadir berbagai marketplace yang tentu menjadi peluang bagi para pebisnis yang ingin meraup keuntungan. Maka penting untuk memahami cara meningkatkan konversi Shopee.

Sebagaimana dalam bisnis, kenaikan atau pun penurunan merupakan hal yang sangat umum, termasuk pada e-commerce Shopee. Sebagaimana Shopee sering digunakan untuk berjualan maupun berbelanja. Terlebih dengan banyaknya brand yang bermunculan, maka persaingan juga semakin ketat di platform marketplace satu ini.  

Table of Contents

Apa itu Konversi Shopee?

Ingin Tahu Cara Mulai Jualan di Shopee Hingga Laris Manis?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Nah, Sobat MEA tentu sudah tidak asing lagi dengan tingkat konversi. Tingkat konversi sendiri merupakan salah satu kunci indikator performa yang biasa digunakan untuk menentukan seberapa baik performa dari setiap bisnis. Artinya, Sobat MEA dapat melihat atau mengukur seberapa banyak konsumen yang mengunjungi profil toko hingga melakukan pembelian.

Setiap kategori produk memiliki standar tingkat konversi yang berbeda. Melansir laman Shopee, kategori-kategori produk yang ada di dalamnya memiliki rentang persentase sampai dengan 10%. Sehingga penjual yang mencapai tingkat penjualan yang tinggi akan mendapatkan tingkat konversi hingga 10% atau lebih.

Itulah mengapa penjual perlu mengetahui berbagai cara meningkatkan konversi Shopee. Sebenarnya hal ini dapat dilakukan dengan berbagai macam metode jangka pendek dan jangka panjang dimana hasilnya berpengaruh pada tingkat konversi di toko Shopee. 

8 Cara Meningkatkan Konversi Shopee

Setelah memahami pengertian dari tingkat konversi, tentunya Sobat MEA ingin tahu bagaimana cara meningkatkan konversi Shopee dengan efektif. Biar bagaimanapun Sobat MEA tentu ingin meraup omzet sebanyak-banyaknya. Maka dari itu, berikut langkah-langkah yang diperlukan untuk tingkat konversi Shopee:

1. Gunakan Foto Produk Yang Menarik

Menggunakan foto produk yang menarik merupakan satu hal penting harus diperhatikan. Karena foto produk yang menarik dapat menjadi suatu daya tarik dan meningkatkan penjualan. 

Dalam hal ini, pastikan Sobat MEA menggunakan foto produk yang berkualitas tinggi dan latar belakang yang menarik. Jika produk bisnismu memiliki variasi produk, masukan foto atau warna pada setiap variasinya agar tidak membingungkan calon pelanggan. 

2. Berikan Voucher Toko

Memberikan voucher toko kepada calon pembeli, tentunya akan meningkatkan daya tarik dan menarik lebih banyak pembeli. Voucher toko yang Sobat MEA berikan sangat  memungkinkan calon pelanggan untuk melakukan keputusan pembelian.

3. Adakan Promo Gratis Ongkir

Selain voucher toko, Shopee sendiri menyediakan berbagai program dan promo menarik yang bisa Sobat MEA tawarkan. Misalnya, promo gratis ongkir. Tidak jarang pembeli mengeluhkan ongkos kirim yang terlalu mahal. Nah, Sobat MEA bisa memberikan promo gratis ongkir atau voucher gratis ongkir dengan ketentuan tertentu untuk menarik minat pembeli terhadap tokomu. 

Tapi untuk dapat menggunakan program ini, pastikan Sobat MEA sudah terdaftar sebagai penjual dan diterima dalam program Gratis Ongkir. Jika sudah, tokomu akan memiliki tanda gratis ongkir berwarna oranye di produk mereka pada halaman pencarian. 

Pengen bisnis kamu penjualannya naik?
Pake Jasa MEA aja! Dengan strategi jitunya, Tim MEA siap optimasi toko Shopee hingga omzet melesat~

4. Tentukan Harga Produk dan Promo Toko

Selanjutnya, pastikan Sobat MEA telah menentukan harga produk yang sesuai. Untuk hal ini, Sobat MEA perlu meneliti harga kompetitor terlebih dahulu. Pastikan harga produk yang Sobat MEA tetapkan dapat bersaing. Jika perlu, Sobat MEA bisa membuat promo toko melalui Seller Centre untuk daya tarik pembeli. 

5. Usahakan Mendapat Ulasan Positif

Belanja online berbeda dengan berbelanja offline, ketika berbelanja online, calon pembeli tidak bisa mencoba apa yang akan dibeli. Oleh karena itu, ulasan produk yang positif menjadi suatu penentu bagi pembeli dalam melakukan keputusan pembelian. 

Ini artinya jika toko Shopee Sobat MEA mendapatkan ulasan yang positif serta penilaian yang bagus, calon pelanggan juga tidak akan ragu untuk membeli produk di tokomu. 

Untuk mendapatkan ulasan produk yang berkualitas, Sobat MEA bisa memulainya dengan menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan memberikan diskon atau cashback koin untuk pembelian selanjutnya. Ini dinilai sangat efektif untuk membuat pelanggan merasa terkesan pada toko dan pelayananmu. 

6. Kelola Proses Pemenuhan Pesanan

Jangan sampai terlambat dalam mengirim pesanan pelanggan. Dalam hal ini, Sobat MEA perlu mengelola pemenuhan pesanan dengan baik. Jika Sobat MEA mendapatkan ulasan pengiriman yang cepat, pembeli cenderung akan memilih tokomu karena mereka tentu ingin tingkat keterlambatan yang kecil. 

Selain itu, pastikan Sobat MEA juga menggunakan jasa kirim yang didukung Shopee agar pembeli dapat melacak pesanan dengan mudah. 

7. Tawarkan Kebijakan Pengembalian

Kebijakan pengembalian yang cepat dan mudah akan membantu dalam meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan terhadap brand yang dimiliki. Hal ini juga menjadi faktor yang dapat membantumu mendorong konversi penjualan untuk toko online di Shopee. 

8. Buatlah Deskripsi Produk Yang Rinci

Dari sekian cara meningkatkan konversi Shopee di atas, jangan lupa untuk mencantumkan deskripsi produk yang rinci dan jelas. Deskripsi yang menarik memungkinkan pelanggan untuk melihat produk yang akan dibeli. Bahkan hal ini juga berpengaruh besar dalam menghasilkan keputusan pembelian.

Nah, itulah penjelasan mengenai beberapa cara untuk meningkatkan konversi Shopee yang dapat dilakukan oleh pemula sekali pun. Hal ini tentu memungkinkanmu untuk meningkatkan reputasi toko, loyalitas pelanggan hingga meningkatkan penjualan yang semakin tinggi. Semoga bermanfaat!

 

You May Also Like

About the Author: Nabila Rubianty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.