Gimana Sih Cara Mengetahui Chat Shopee Dibaca Atau Belum? Begini Penjelasannya!

by Viki
cara mengetahui chat shopee dibaca atau belum

Sebagai marketplace profesional, Shopee menghadirkan fitur chat sebagai sarana komunikasi antara penjual dan pembeli secara langsung. Konsumen bisa bertanya mengenai ketersediaan barang kepada seller. Oleh karenanya, kedua pihak perlu memahami cara mengetahui chat Shopee dibaca atau belum. 

Karena hal tersebut sangat penting untuk mempercepat transaksinya. Dengan adanya komunikasi, pembeli dapat langsung melakukan checkout atau membatalkan transaksi karena alasan tertentu. Misalnya penjual tidak membalas chat, dapat menghambat transaksi barang yang pembeli inginkan karena penjual belum memprosesnya. 

Maksimalkan Omzet di Shopee Bersama Komunitas Bisnis Terkini!

Jalani bisnis sendirian di Shopee memang kadang bikin kwalahan. Jadi, gabung komunitas bisnis Shopee saja! Ada banyak insight, bimbingan, hingga full support. GRATIS!!!

Cara mengetahui chat Shopee dibaca atau belum juga bisa menjadi penilaian terhadap kredibilitas toko. Sebagaimana pemmbeli pasti ingin penjual yang fast respon sebagai tanda dapat dipercaya. DI shopee sendiri pun jika penjual tidak membaca apalagi merespon, dapat menurunkan rating toko. Dengan begitu, pembeli dapat mengetahui toko tersebut memuaskan atau tidak. 

Tapi penjual pun sama, ia dapat memanfaatkan fitur chat dengan leluasa. Penjual tidak lepas dari spam dan chat kasar yang mengganggu. Dalam hal ini, penjual dapat menonaktifkan fitur chat di Shopee untuk tetap nyaman dalam berkomunikasi. 

Meski demikian, penjual pun tetap harus tahu chat yang ia kirim sudah di baca atau belum untuk memastikan responnya. Jadi, bagi Sobat MEA yang menjual maupun membeli, tidak perlu khawatir lagi, karena bisa langsung mengetahui performa komunikasinya. 

Cara Mengetahui Chat Shopee Dibaca Atau Belum

Memang tidak ada indikasi untuk mengetahui status keterbacaan chat di Shopee. Sobat MEA hanya bisa tahu chat yang melanggar aturan dan chat terkirim. Alternatifnya, Sobat MEA bisa melihat kapan terakhir ia online. Sedangkan untuk penjual, sebenarnya bisa langsung mengetahuinya karena memang ada fiturnya.

Artikel Terkait  Cara Meningkatkan Visibilitas Toko di Shopee. Yuk Ikuti!

Penjual Shopee juga bisa menggunakan auto reply untuk memberikan jawaban kepada konsumen secara otomatis. Kemudian cara mengetahui chat Shopee dibaca atau belum sangat mudah dilakukan, berbeda dengan pembeli. 

Hal tersebut karena respon chat memiliki pengaruh besar ke toko di Shopee. Semakin cepat membalas maka waktu responnya akan naik sehingga bisa dilihat konsumen rata rata waktu balasannya. Lebih lengkapnya untuk cara mengetahui chat Shopee dibaca atau belum silahkan simak dibawah ini.

Cara Melihat Chat Shopee Bagi Pembeli

Jualan di Shopee Belum Pernah Semudah Ini!

Nah, enak kan kalau jualan pakai strategi? Rasanya jualan jadi lebih mudah. Apalagi pas tahu rahasia laris manis di Shopee. Mau tahu lebih banyak?

Untuk hal ini bisa Sobat MEA lakukan dengan mengamati waktu online nya di bagian atas layar. Lalu cek balasan apa yang penjual berikan. Biasanya ada yang manual, otomatis atau bahkan tanda seru merah. Berikut langkah-langkah yang bisa Sobat MEA lakukan:

  1. Pertama, buka aplikasi Shopee di hp mu.
  2. Lalu pilih ikon Chat, dan pilih chat yang ingin Sobat MEA lihat.
  3. Jika belum dapat balasan, cek status online penjual di bagian atas untuk memperkirakan chat tersebut penjual baca atau belum.
  4. Kemudian jika Sobat MEA dapat balasan auto reply, belum tentu sudah terbaca. Maka tetaplah lihat waktu terakhir penjual online. 
  5. Tapi jika Sobat MEA dapat balasan manual yang berupa menjawab pertanyaan, maka dapat Sobat MEA pastikan, penjual telah membacanya.
  6. Selain itu, Sobat MEA juga bisa mendapatkan tanda seru merah, Jika demikian, maka artinya chat tidak akan terbaca karena pelanggaran atau keamanan lainnya.
  7. Selesai!
Artikel Terkait  10 Cara Top Up ShopeePay Lewat BCA, M-Banking, Klik BCA, Hingga ATM BCA

Cara Melihat Chat Shopee Bagi Penjual

Ingin Jualan Makin Mantul?

Yuk, bantu boost penjualanmu dengan Shopeasytools! Jadi lebih praktis, jualan makin laris, dan tentunya omzet meningkat drastis! Yakin gak mau?

Sementara jika Sobat MEA adalah penjual di Shopee, justru lebih mudah melalui fitur filter pesan yang menampilkan chat yang terbaca dan yang belum terbaca. Sehingga Sobat MEA hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Shopee di hpmu. Pastikan sudah login ke akun tokomu di Shopee.
  2. Lalu pilih ikon Chat yang ada di pojok kanan atas. 
  3. Klik tombol Filter Semua  untuk mengetahui status chat.
  4. Selanjutnya, pilih Belum Dibaca  untuk melihat pesan yang memang belum Sobat MEA baca.
  5. Buka salah satu pesan tersebut.
  6. Terakhir, Sobat MEA tinggal balas pesan tersebut.
  7. Selesai!

Demikian cara mengetahui chat Shopee dibaca atau belum. Memang begitu, jika pesanan sedang diverifikasi Shopee sering membuatmu ragu apakah informasi sudah sampai atau belum ke penjual. Nah, fitur chat berperan penting dalam transaksi karena kedua pihak bisa mendapatkan kepastian.

Lain halnya jika chat muncul tanda seru berwarna merah. Artinya chat tidak akan penerima baca karena melanggar aturan ataupun faktor keamanan. Melalui artikel ini, semoga membantu, ya!

You may also like

Leave a Comment