Cara Nonaktifkan COD di Shopee. Tutorial Lengkap dan Gampang Banget!

by Husna Rahman
cara nonaktifkan cod di shopee

Sobat MEA yang sering berbelanja online pasti sudah nggak asing dengan kata-kata COD alias cash on delivery. Kebanyakan orang yang berbelanja secara online lebih menyukai fitur COD ini. Atas dasar itu, Sobat MEA sebagai seller harus mengetahui cara nonaktifkan COD di Shopee.

Masyarakat Indonesia sendiri memang senang menggunakan sistem COD karena masih kurang percaya dengan sistem jual beli barang secara online. Namun, sistem COD Shopee ini pada akhirnya menuai kontroversi, pro dan kontra di antara para seller.

Kontroversi Fitur COD di Shopee

Mau belajar jualan di Shopee dari 0 sampai sukses?

Gabung Kelas Shopee MEA dan sukses bareng seller dan mentor Shopee ternama!

Sobat MEA pasti pernah melihat video atau cerita para kurir yang harus berdebat dengan seorang pembeli yang marah-marah saat berbelanja online menggunakan sistem COD. Kebanyakan orang yang berbelanja dengan sistem ini kerap memprotes dan memarahi para pengantar jika pesanan mereka nggak sesuai.

Karena banyak kasus pengembalian barang, banyak penjual yang pada akhirnya mematikan fitur COD karena banyak pembeli yang kurang paham bagaimana sistem belanja online yang benar. Nah kalau Sobat MEA juga ingin melakukan hal yang sama, berikut ini adalah cara nonaktifkan COD di Shopee. Simak langsung tutorialnya yuk!

Kelebihan dan Kekurangan Fitur COD Shopee

Sama seperti fitur fitur Shopee yang lain, tentu ada beragam kelebihan dan kekurangan saat menggunakan fitur COD ini di Shopee. Nah buat Sobat MEA yang baru berjualan di Shopee dan belum tahu kelebihan dan kekurangan fitur  COD, Yuk langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Kelebihan Fitur COD Shopee

  • Kemudahan pembayaran. Sistem COD ini bisa memberikan kemudahan bagi calon customer yang nggak punya akses pada metode pembayaran digital seperti m-banking sampai dompet digital lain
  • Mendapat kepercayaan lebih. Sobat MEA bisa mendapatkan kepercayaan lebih dari calon pembeli. Pasalnya, sistem COD ini memungkinkan pembeli berkesempatan untuk memeriksa kualitas produk terlebih dahulu
  • Nggak ada risiko keamanan data. Dalam transaksi COD, pembeli nggak perlu menuliskan informasi seperti nomor kartu kredit atau rincian akun bank. Hal ini dapat menghindarkan mereka dari pencurian data.
Artikel Terkait  Cara Membuat Konten Shopee Affiliate Setelah Menerima Produk Sampel Gratis

Kekurangan Fitur COD Shopee

  • Potensi pembayaran palsu. Salah satu kekurangan utama dari masalah utama COD adalah risiko pembayaran palsu atau penolakan pembayaran saat produk sudah dikirimkan. Hal ini bisa menyebabkan kerugian pada Sobat MEA sebagai seller
  • Keterbatasan pembayaran. COD sendiri hanya cocok untuk pembayaran tunai. Hal ini akan rumit jika pembeli nggak punya uang cash.
  • Proses pembelian yang rumit. Jika pembeli ingin mengembalikan barang, proses pengembaliannya lebih rumit dan memakan waktu dibandingkan dengan metode pembayaran digital
  • Kurang cocok digunakan untuk pembelian besar. COD sebenarnya nggak cocok digunakan untuk pembelian jumlah besar. Nggak mengherankan kalau setiap marketplace punya batas maksimal untuk total transaksi dari metode COD.
  • Ketergantungan pada layanan pengiriman. Karena COD, Sobat MEA maupun pembeli sangat bergantung pada layanan pengiriman yang mengantar barang dan menerima uang pembayaran.

Bagaimana Cara Nonaktifkan COD di Shopee?

Mau dapat cuan di Shopee tanpa harus kerja?

Jasa Manajemen Marketplace MEA siap membantu!~

Sama dengan mengaktifkannya, mematikan fitur COD di Shopee juga bukan hal yang sulit. Sebenarnya ada 2 cara nonaktifkan COD di Shopee yakni melalui aplikasi dan juga melalui website. Nah buat Sobat MEA yang memang sudah mengalami kerugian akibat sistem COD ini, tutorial di bawah ini bakal cocok banget. Check this out~

1. Menggunakan Aplikasi Shopee

  1. Pertama, buka aplikasi Shopee dan login menggunakan akun kamu
  2. Jika sudah masuk ke halaman utama, ketuk menu Saya
  3. Sobat MEA bisa pilih menu Toko Saya yang terletak pada pojok kiri atas
  4. Kalau sudah masuk ke laman toko, gulir ke bawah dan pilih menu Jasa Kirim Saya
  5. Dari semua pilihan jasa pengiriman, silahkan nonaktifkan jasa kirim yang merupakan jasa COD
  6.  Langkah terakhir, pilih kolom Aktifkan COD
  7. Geser ke kanan untuk mengaktifkan dan geser ke arah kiri untuk menonaktifkan.
Artikel Terkait  Cara Mengirim Pesanan Kilat Shopee. Konsumen Auto Puas!

2. Melalui Situs Website Shopee

  1. Pertama buka browser dan buka halaman resmi Shopee
  2. Berikutnya login atau masuk ke akun Shopee Sobat MEA
  3. Klik pada foto profil Sobat BEA yang ada di bagian kanan atas layar dan pilih Pengaturan Akun
  4. Berikutnya pilih Pengaturan Pembayaran
  5. Scroll dan masuk ke menu Cash on Delivery (COD)
  6. Terakhir, klik tombol nonaktifkan Cash on Delivery (COD)
  7. Selesai. Sekarang Sobat MEA sudah berhasil menonaktifkan fitur COD Shopee

Nah itu dia cara nonaktifkan COD di Shopee. Gimana menurut Sobat MEA? Nggak susah kan? Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA semua ya. Aminn!~

You may also like

Leave a Comment