Cara Menaikkan Jualan di Shopee Tanpa Banting Harga

Cara jualan di ShopeeSudah bukan rahasia umum kalau sekarang banyak banget yang berbisnis online. Salah satunya yang paling banyak diminati dan ditekuni oleh sebagian besar orang adalah dengan berjualan di Shopee. Penjual makin banyak, sedangkan produk yang dijual juga cuma itu-itu aja, hanya berbeda merek. Saingan semakin banyak bahkan jumlah reseller dan dropshipper juga melonjak. Dan kalau begini, apa yang biasanya dilakukan oleh para penjual biar dagangan mereka tetep laku?

Yup! Bener banget! Banting harga.

Mungkin kamu sering melihat beberapa produk yang mirip atau bahkan sama, namun harganya beda-beda tipis. Atau bahkan ada yang harganya kelewat murah banget. Kalau kamu jadi pembeli, kamu bakal milih beli barang yang harganya murah, atau yang barangnya sudah jelas? Nah, nanti bakal kita bahas juga soal jenis-jenis pembeli di bawah ya.

Terus, kalau menurut kamu, cara ini efektif nggak buat naikin penjualan? Bagi kami, ini adalah salah satu cara untuk membunuh bisnis pelan-pelan. Karena semakin lama margin penjualan akan semakin menipis. Tentunya ini nggak sehat untuk bisnis kamu. Dan kenapa masih banyak penjual yang menjalankan trik ini? Jawabannya simpel, mereka nggak tau cara lain untuk jualan selain pasang harga murah.

Jelas walaupun ‘cuma jualan’, kamu tetap butuh ilmu biar nggak asal jual barang. Ada banyak trik dan tips yang bisa kamu lakukan untuk menaikkan penjualan kamu tanpa harus banting harga sehingga kamu nggak meresikokan bisnis online kamu. Kami bahas selengkapnya disini.

Pengen bisnismu tetap jalan walaupun kamu rebahan terus?

Gunakan jasa dari Komunitas MEA dan kami akan membantu bisnismu semakin laris

Ketahui Jenis Konsumen

Kami sudah sentil sedikit di atas soal jenis konsumen. Nah disini akan kami jelaskan lebih detail lagi soal itu. Jadi, konsumen itu ada 2 macam, yaitu:

  1. Price sensitive

Konsumen yang price oriented ini kalau beli barang, yang dilihat harganya dulu. Pokoknya jenis konsumen yang mau dapet barang murah dan nggak pengen rugi. Kalah harganya ternyata nggak cocok sama dia? Ya cari toko yang ada diskon, promo, atau voucher.

Nah, jenis konsumen yang seperti ini yang susah untuk menjadi konsumen tetap untuk toko kamu. Mengapa demikian? Misalnya saja kamu menjual jilbab dan kamu sedang mengaktifkan promo gratis ongkir dan diskon. Terus ada yang beli nih karena jilbab yang kamu jual harganya murah banget. Apakah selanjutnya dia bakal beli di toko kamu lagi?

Belum tentu. Mereka bisa balik lagi kalau kamu masih mengaktifkan promo dan diskon. Kalau nggak? Ya mereka bakal cari toko lain yang menawarkan produk dengan harga yang murah.

2. Value oriented

Konsumen yang value oriented ini tipe konsumen yang udah nggak peduli soal harga. Mereka lebih mementingkan spek produk yang ingin mereka beli, apakah sudah sesuai dengan yang mereka butuhkan atau belum. Konsumen yang seperti ini lebih mementingkan keuntungan apa yang mereka dapatkan jika ia membeli sebuah produk.

Kalau dia nemu barang yang lebih murah dengan diskon bombastis? Dia nggak bakal tertarik, apalagi kalau deskripsi produknya nggak jelas dan asal-asalan. Pasti bakal langsung dia skip dan cari di toko lain.

Tipe konsumen yang seperti ini bisa menjadi pelanggan setia kalau mereka merasa puas dengan produk dan pelayanan yang kamu berikan. Bahkan, mereka bisa merekomendasikan produk dari tokomu ke orang lain, loh!

Mau dapet uang banyak karena berhasil closing?

Intip cara dan rahasianya biar konsumen nggak kabur kalau di follow up!

Cara Jualan di Shopee Tanpa Perang Harga

Kalau target market kamu memang konsumen yang cari barang murah, stop dan cukup baca sampai disini karena kami akan ngasih saran buat penjual yang nyari konsumen dengan value oriented. Ini dia beberapa hal yang harus kamu lakukan biar kamu bisa naikin penjualan tanpa harus banting harga di Shopee:

  1. Cari tau minat pembeli

Cara pertama biar kamu nggak perlu banting harga adalah dengan mencari tau apa sih yang membuat konsumen ingin membeli produk yang kamu tawarkan? Misalnya kamu mau jual jilbab kan, nah kira-kira apa yang dicari oleh konsumen dari sebuah jilbab? Kamu perlu memposisikan diri sebagai konsumen nih.

Bayangkan kalau kamu pengen beli jilbab, kamu pengen punya jilbab yang seperti apa? Jilbab yang bahannya nggak nerawang? Atau bisa juga yang bahannya adem dan nggak bikin gerah? Bisa juga jilbab yang nggak gampang berantakan kalau kena angin?

Nah dari situ, kamu sudah cukup bisa membayangkan USP atau Unique Selling Point apa saja yang bisa ditonjolkan untuk menjual produk kamu tanpa banting harga.

2. Masukin USP ke media

Kita bahas lebih lanjut mengenai USP ya. Jadi, USP adalah poin penting yang bisa kamu unggulkan dari produk kamu dan poin ini harus berbeda dari kompetitor. Misal kompetitor kamu jualan jilbab anti angin, jadi walau naik motor kenceng pun jilbab itu tetap tegak. Nah bisa kamu lawan dengan jualan jilbab anti air yang bisa melindungi dari hujan. Yah, sedikit nggak masuk akal, tapi poinnya nyampe lah yaaa.

Masukin USP ini dimana? Ingat, ada 2 jenis konsumen kan. Nah untung bisa menarik perhatian keduanya, kamu harus memasukkan USP ini di media/foto produk. Bisa kamu letakkan pada slide kedua atau seterusnya mengenai USP ini untuk menarik jenis pembeli yang suka barang murah, karena mereka belum tentu scroll ke bawah untuk membaca deskripsi produk.

Kemudian yang kedua, kamu perlu memasukkan USP ini ke dalam deskripsi produk dan buat keterangan sejelas dan semenarik mungkin karena tipe konsumen yang value oriented ini detail banget! Jadi, bikin deskripsi yang bagus dan jelas ya sobat MEA.

3. Bikin Shopee Mall/Official Store

Kamu lebih percaya kalau beli barang yang tokonya abal-abal atau toko yang jelas dia jualan apa aja? Jelas kamu pasti lebih suka dengan jenis toko yang kedua kan. Nah ini berlaku juga buat toko online. Konsumen bakal lebih tertarik beli kalau toko kamu terlihat trusted dan meyakinkan.

4. Marketing 

Kalau kamu pengen produkmu diketahui oleh banyak orang, tentunya ada beberapa cara marketing yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara yang gratis buat semakin hemat biaya. Bisa melalui Shopee Live dan posting di Feeds Shopee dan gunakan hashtag yang tepat agar produkmu gampang ditemukan oleh konsumen.

Ada juga cara lain namun kamu butuh kencengin modal sedikit nih disini. Kamu bisa menggunakan Shopee Ads untuk mengiklankan produk dan toko kamu. Atau kamu juga bisa naikin traffic dengan gencar melakukan promosi diluar aplikasi Shopee. Kamu bisa memasarkan produkmu di sosial media atau Facebook Ads, hingga menggunakan jasa endorse!

Pengen jago jualan di Shopee?

Yuk belajar sama ahlinya!

Makin yakin kan buat nggak banting harga?

Masa setelah tahu tips di atas, kamu bakal rela banting harga? Jelas nggak boleh banget dong! Yuk tingkatkan penjualan kamu dengan menggali ilmu tentang cara jualan online di Shopee bersama kami. Pastinya kamu nggak mau dong buat ketinggalan informasi sepenting ini? Gabung Kelas Online Shopee bersama Coach Ahli Komunitas MEA sekarang juga!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *