7 Cara Membuat Nama Olshop yang Bagus dan Mudah Diingat Pembeli

by Fanny
cara membuat nama olshop yang bagus

Memilih nama olshop merupakan hal yang harus dipertimbangkan dengan matang untuk membuka toko yang baru. Sebab, nama toko adalah hal pertama yang akan dilihat oleh konsumen dan menjadi cerminan brand itu sendiri. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat nama olshop yang bagus?

Perlu Sobat MEA ketahui bahwa ada beberapa tips dan rahasia bagaimana cara membuat nama olshop yang menarik. Jika Sobat MEA masih bingung, kami sudah menyiapkan beberapa referensi dan contoh nama online shop yang bagus. Oke, daripada berlama-lama lagi, simak aja tutorialnya di bawah ini!

Table of Contents

7 Cara Membuat Nama Olshop yang Bagus

Bisnis makin mudah dan menyenangkan
Yuk gabung di grup bisnis online MEA GRATIS!

Memilih nama toko online sebenarnya cukup tricky karena jangan sampai membuat nama yang terlalu sederhana, pasaran, atau sulit dieja. Untuk itu, berikut adalah langkah-langkah untuk tips membuat nama toko yang tepat:

1. Sesuaikan dengan Target Pasar

Sobat MEA perlu mengikuti target pasar untuk membuat nama toko yang bagus. Misalnya Sobat MEA menjual produk kecantikan untuk perempuan berusia 20-an, maka Sobat MEA bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dengan menggunakan nama yang relevan seperti Chick’s Needs, Glowing Skin, Beauty Indonesia, dan lain sebagainya. 

Beberapa nama toko di atas sudah memberikan gambaran kepada konsumen tentang produk yang Sobat MEA jual.

2. Pilih Nama yang Singkat dan Sederhana

Menggunakan nama brand yang sederhana bertujuan agar mudah diingat oleh konsumen. Maka Sobat MEA perlu melakukan pendekatan kreatif dengan nama yang berbeda. Nggak perlu panjang-panjang, pilih nama yang singkat dan sederhana saja. 

Misalnya, Sobat MEA menjual produk olahan ikan, maka Sobat MEA bisa menggunakan kata kunci “Makan Ikan”. Selain berima, nama ini juga mudah untuk diingat. Contoh lainnya adalah menggunakan pengulangan kata “Jepret-Jepret” yang bisa Sobat MEA gunakan untuk nama toko yang menyediakan segala perlengkapan fotografi, dll. 

Artikel Terkait  Foto Jualan Online Lebih Menarik dengan Cara ini. Penting Banget Loh!~

3. Pastikan Nama Toko Memiliki Makna

program jadi jawara

Tidak hanya sesuai target pasar dan mudah diingat saja, pastikan nama toko Sobat MEA juga mengandung makna. Yup, memikirkan makna dari sebuah nama penting dalam proses ini. Sobat MEA bisa menyesuaikan makna nama dengan branding, motto toko, hingga nama pemilik toko.

4. Pastikan Nama Toko Mudah Dibaca dan Dieja

Hal ini merupakan poin yang sangat-sangat penting. Pastikan nama olshop Sobat MEA mudah dibaca dan dieja. Jangan sampai Sobat MEA sendiri kesulitan dengan cara pengucapannya. Ini dapat mempengaruhi kesan calon pembeli untuk toko online Sobat MEA. Selain itu, penamaan toko yang mudah dibaca dan dieja akan memudahkan konsumen untuk mengingat nama bisnis mu.

5. Jangan Pakai Istilah Asing, Simbol, dan Singkatan

Saatnya scale up toko marketplace kamu!
Yuk pakai jasa optimasi marketplace MEA

Selanjutnya, hindari penggunaan istilah asing, singkatan, dan simbol yang sulit dipahami. Bahkan pemakaian simbol ‘-’ (hyphen) pun sebaiknya tidak digunakan karena ini akan mempersulit orang untuk mencari nama toko Sobat MEA di kolom pencarian. 

6. Konsisten di Semua Platform

Pastikan nama toko yang digunakan adalah nama yang sama di semua platform marketplace dan sosial media. Hal ini bertujuan agar konsumen nggak kebingungan saat membaca dan mencari nama toko. 

Misalnya Sobat MEA menjual produk skincare, nama toko Shopee adalah GlowingSkin, sedangkan di Instagram namanya BeautyBesties. Tentunya hal ini akan membuat konsumen kebingungan, bukan? Perlu diingat bahwa nama toko yang konsisten dapat berpengaruh juga terhadap kepercayaan pelanggan dan kredibilitas bisnis. 

7. Pastikan Nama Toko yang Belum Dipakai

Pastikan juga Sobat MEA segera membeli nama domain tersebut sebelum diambil orang lain. Hal ini bertujuan agar Sobat MEA nggak perlu ‘rebutan nama’ dengan orang lain atau harus membeli dengan harga lebih mahal dari pihak ketiga.

Rekomendasi Ide Nama Toko yang Bagus

Setelah belajar cara membuat nama olshop, kami ada beberapa referensi nama usaha yang bisa Sobat MEA gunakan sesuai produk yang dijual. Berikut beberapa rekomendasi nama toko yang sesuai:

1. Produk Makanan

  • Dagangdaging, nama olshop ini bisa digunakan oleh Sobat MEA yang menjual daging mentah atau olahan daging.
  • Cemalcemil, nama olshop yang cocok untuk produk jajanan dan camilan.
  • Belikopi, cocok dipakai jika Sobat MEA menyediakan minuman olahan dari beragam jenis kopi

2. Produk Skincare dan Kecantikan

  • Healthyskin, Sobat MEA bisa menggunakan nama olshop ini jika menjual beragam produk skincare.
  • Parfumharum, Sobat MEA fokus jualan parfum? Bisa banget pakai nama satu ini!
  • Makeuplokal, pakai nama ini jika Sobat MEA menjual berbagai macam produk skincare dan makeup produksi dalam negeri.

3. Produk Fashion

  • DailyOOTD, nama toko ini pas banget kalau target market Sobat MEA adalah anak muda yang masih senang eksplorasi outfit setiap harinya
  • Manswear, nama yang pas banget untuk menarik audiens laki-laki untuk melihat akun toko Sobat MEA.
  • Kidscloset, nama ini sangat cocok kalau Sobat MEA jualan baju anak.

Nah begitulah 7 langkah cara membuat nama olshop yang bagus beserta contoh-contoh nama dan penggunaannya. Setelah tahu caranya, kira-kira Sobat MEA udah punya ide buat nama olshop sendiri belum?

You may also like

Leave a Comment