5 Cara Membuat Landing Page untuk Jasa, Bikin Auto Ramai!

by Viki
cara membuat landing page untuk jasa

Seperti yang kita ketahui, penggunaan landing page semakin menjamur di dunia digital marketing. Bagaimana Tidak? Landing page dapat menjadi senjata utama yang efektif untuk meningkatkan penjualan di website, terutama untuk jasa/layanan. Tapi bagaimana sih cara membuat landing page untuk jasa? 

Yang penting, pastikan landing page yang ditampilkan terlihat menarik. Hanya saja, pembuatan landing page tidak bisa sembarangan. Ada unsur-unsur tertentu yang perlu dimasukkan seperti copywriting yang baik, gambar menarik, dan sebagainya. 

Itulah mengapa Sobat MEA perlu memahami cara membuat landing page untuk jasa dengan baik dan benar. Karena ini juga yang akan menentukan keberhasilan pemasaran jasa yang Sobat MEA tawarkan. Yuk, simak uraian lengkapnya di artikel ini!

Table of Contents

Cara Membuat Landing Page Untuk Jasa

Ingin Dibimbing Pembuatan Landing Page Secara Optimal?​

Yuk gabung dalam diskusi bareng seller berpengalaman di komunitas MEA sekarang juga!​

Tidak usah berbasa-basi lagi, berikut langkah-langkah yang Sobat MEA perlukan sebagai cara membuat landing page untuk jasa:

1. Tentukan Tujuan yang Ingin Diraih

Perlu diingat, landing page perlu memiliki tujuan yang spesifik. Ini penting untuk membuat pesan yang disampaikan lebih jelas. Sobat MEA juga akan lebih mudah dalam mengevaluasi landing page yang Sobat MEA buat nantinya. Maka pastikan Sobat MEA telah memiliki tujuan yang jelas untuk landing page tersebut.

Setidaknya, ada 4 tujuan landing page yang kerap digunakan, yaitu:

2. Tentukan Target Audiens

Dalam pemasaran online, menentukan target audiens merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan. Termasuk landing page. Karena ini dapat menentukan keberhasilan landing page yang dibuat. 

Selain itu, landing page juga mempengaruhi bagaimana desain landing page, tata letak, hingga tampilannya. Target audiens juga mempengaruhi penggunaan copy dan hal-hal lain yang membuat keputusan pembelian calon konsumen. 

Siapkan Landing Page Terbaikmu dengan Website Bisnis yang Terbaik!
Tentunya bisa kamu dapatkan hanya dengan GoWebin by MEA! 100% simpel dan terpercaya~​

3. Cari Inspirasi Desain

Sobat MEA juga perlu menyiapkan gambaran  landing page yang akan diterapkan. Pastikan desain ini cocok untuk bisnismu. Banyak inspirasi desain yang bisa dipilih, terutama melalui website builder. 

Tapi terkadang banyaknya pilihan inspirasi desain membingungkan Sobat MEA dalam membuat landing page. Maka sebaiknya ketahui apa yang diinginkan terlebih dahulu. 

4. Buat Copy dan Isi Halaman

Setelah itu, buatlah copy dan isi untuk halaman landing page tersebut. Pastikan membuat aspek dan desain yang seimbang. Ini memudahkan pengunjung dalam membaca penawaran yang diberikan. 

Agar semakin mudah, Sobat MEA bisa menggunakan teknik AIDA. Formula ini bisa membantumu menarik perhatian pengunjung, membantu mereka memahami masalah yang dihadapi, menawarkan solusi melalui layananmu, hingga dan mengarahkan mereka ke transaksi pembelian. 

5. Kustomisasi Templat yang Diterapkan

Jika Sobat MEA menggunakan website builder seperti wordpress, ada banyak template desain yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Di sini, Sobat MEA perlu melakukan penyesuaian layout. Sobat MEA juga bisa memilih elemen yang ingin ditambah atau dikurangi.

Jika sudah, Sobat MEA bisa langsung membagikan landing page yang dibuat untuk memaksimalkan promosi. Tapi pastikan Sobat MEA preview terlebih dahulu hasilnya. Pastikan hasil landing page sudah tertata rapi, terlihat menarik, dan sesuai keinginan. 

Tips Membuat Landing Page Untuk Jasa

Sebenarnya tidak berbeda dengan landing page untuk produk, landing page untuk jasa juga perlu dimasukkan komponen-komponen yang mendukung. Ini bisa membuat halaman semakin menarik dan pengunjung pun nyaman ketika membacanya.

Setidaknya ada 3 tips membuat landing page untuk jasa yang perlu Sobat MEA ikuti. Ini terkait komponen-komponen yang diperlukan tersebut. Berikut tips-tips penting tersebut, di antaranya:

1. Buat Headline yang Nendang

Perlu diingat, headline adalah kalimat pertama yang dilihat oleh pengunjung landing page. Itulah mengapa Sobat MEA perlu membuat headline yang nendang hingga mereka penasaran. 

Banyak cara membuat headline yang bisa dilakukan. Misalnya, dengan menunjukkan manfaat, membuat pembaca rasa penasaran, memberikan pertanyaan, menggunakan kalimat perintah, dan masih banyak lagi.

Usahakan headline yang Sobat MEA buat menginformasikan layanan yang ditawarkan. Tapi pastikan headline tetap singkat dan padat. Pada dasarnya, headline disajikan secara pendek saja. 

2. Informasikan Manfaat dengan Jelas

Tujuan utama landing page adalah menawarkan solusi bagi masalah konsumen melalui layanan yang dijual. Oleh karena itu, pastikan Sobat MEA menjabarkan manfaat yang relevan dengan jelas dan mudah dipahami. 

Dengan begitu, konsumen bisa tersentuh dengan penawaran yang diberikan. Nah, selain pada header atau subheader, manfaat-manfaat layanan ini bisa juga ditaruh di bagian penjelasan layanan.

3. Sertakan Gambar Pendukung

Ingat, Visual speaks louder than words. Artinya, Sobat MEA juga perlu menyajikan tampilan informasi, bukan hanya informasinya saja. Informasi visual lebih memudahkan pembaca dalam mengetahui layanan yang ditawarkan pada landing page tersebut.

Artikel Terkait  Manfaat Instagram Ads Untuk Bisnis Online Kamu. Ternyata Banyak!

Contohnya, jika layananmu adalah jasa bersih-bersih, menunjukkan rumah yang dirapikan oleh seorang yang profesional akan lebih memikat daripada sekadar penjelasan siapa yang akan membersihkan ruangan. 

4. Gunakan Testimoni

Menggunakan copywriting yang baik mungkin dapat mempengaruhi calon konsumen, tapi adanya testimoni yang meyakinkan dapat membuat mereka semakin tertarik.

Dalam hal ini, Sobat MEA perlu menunjukkan konsumen yang sudah menggunakan jasa dengan komentar positif yang mereka berikan. Dengan begitu, Sobat MEA akan dianggap kredibel dan diyakini memiliki jasa yang mumpuni serta disukai konsumen.

Jika perlu, berikan demo agar calon konsumen bisa mencoba layanan yang dimiliki sebelum memutuskan untuk memesannya.

5. Lengkapi dengan CTA yang Optimal

Dalam landing page, CTA (Call to Action) yang tepat turut menentukan keberhasilan penjualan produk. Jadi, pastikan mencantumkan CTA dengan kata-kata yang menarik perhatian pengunjung. Sobat MEA menggunakan satu atau lebih tombol CTA sesuai dengan kebutuhan dan penataan layout yang dibuat. Dengan ini, kesempatan mendapatkan konversi semakin besar.

Nah, itulah 5 cara membuat landing page untuk jasa yang perlu Sobat MEA lakukan. Bagaimana? Mudah, bukan? Pastinya ini dapat membantumu mengoptimalkan jasa yang Sobat MEA miliki melalui landing page yang terbaik. Akhir kata, selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment