Cara Membuat Iklan Google untuk Pemula. Gampang Banget!

by Fanny
cara membuat iklan google

Cara membuat iklan Google adalah salah satu hal yang perlu diketahui oleh para pebisnis online. Hal ini karena membuat iklan di Google sendiri menjadi salah satu cara yang efektif agar audiens lebih mudah menemukan website bisnis Sobat MEA. Semakin tinggi tingkat kunjungan ke website, maka akan semakin tinggi pula pelanggan potensial yang akan membeli produk Sobat MEA.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai apa itu Google Ads atau Iklan Google dan bagaimana cara membuat iklan Google. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah!

Table of Contents

Apa itu Google Ads?

Mau bisnis online makin lancar?
Yuk gabung ke komunitas dan belajar langsung dari ahlinya di sini. Gratis!

Google Ads adalah layanan iklan online yang dikembangkan oleh Google agar Sobat MEA bisa mengiklankan website di halaman pencarian. Dengan layanan ini, pengguna bisa menemukan website Sobat MEA dengan menggunakan kata kunci yang sudah ditetapkan. Jadi website Sobat MEA pun akan lebih mudah untuk ditemukan oleh pengguna.

Tidak hanya itu, Sobat MEA juga bisa mengatur penempatan iklan yang akan ditampilkan di website. Atur peletakan iklan agar terlihat jelas dan tidak mengganggu pengguna yang memakai ponsel maupun laptop. Melalui Iklan Google, Sobat MEA juga bisa mengatur biaya iklan sesuai dengan kebutuhan.

Hal yang Harus Disiapkan dalam Membuat Iklan Google

cara membuat iklan Google

Agar cara membuat iklan Google dapat dilakukan dengan cepat dan lancar, Sobat MEA perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa persiapannya:

  • Siapkan nama bisnis. Pastikan Sobat MEA sudah menentukan nama bisnis yang akan dijalankan. Hal ini karena nama bisnis Sobat MEA akan terpampang pada setiap iklan yang akan dibuat nantinya. Hindari penggunaan nama bisnis yang sulit dibaca karena akan membuat audiens kebingungan dan kesulitan untuk mengingat nama bisnis Sobat MEA.
  • Miliki website. Hal penting berikutnya yang harus dimiliki adalah website bisnis yang jelas. Website ini bisa Sobat MEA gunakan untuk menampilkan informasi produk secara lebih lengkap dan jelas agar audiens yang mengunjungi halaman website menjadi lebih yakin dan percaya dengan produk yang ditawarkan.
  • Pahami tujuan iklan. Saat melakukan cara membuat Iklan Google, Sobat MEA akan diminta untuk memilih tujuan iklan. Untuk itu pastikan sebelum membuat iklan, Sobat MEA sudah memiliki tujuan yang ingin dicapai dari iklan yang dibuat.
  • Lakukan riset kata kunci. Sobat MEA juga akan diminta untuk mengisikan kata kunci ketika membuat iklan di Google Ads. Lakukan riset dengan menggunakan berbagai keyword tools yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar.
Artikel Terkait  Cara Promosi Produk yang Menarik dan Tepat Sasaran. Pelajari Dulu!

Cara Membuat Iklan Google

Kesulitan Mengelola Bisnis Online?
Tenang aja. Ada Tim MEA yang siap membantu mengelola bisnismu di marketplace hingga media sosial. Klik di sini!

Untuk melakukan cara membuat iklan Google, Sobat MEA harus memiliki akun Iklan Google terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah mudahnya:

  • Buka situs Google Ads di perangkat Sobat MEA.
  • Klik Start Now di sebelah kanan atas yang akan menampilkan halaman alur yang perlu Sobat MEA lakukan.
cara membuat iklan Google
  • Lanjutkan dengan klik Create your first campaign.
  • Isikan nama bisnis di kolom yang tersedia.
  • Lanjutkan dengan mengisikan kolom ke mana Sobat MEA ingin mengarahkan audiens dari iklan yang dibuat. Masukkan URL website jika Sobat MEA ingin audiens mengunjungi website bisnis. Masukkan nomor telepon bisnis jika Sobat MEA ingin audiens untuk menghubungi langsung. Atau masukkan halaman di mana audiens bisa langsung mengunduh aplikasi Sobat MEA.
  • Selanjutnya, pilih tujuan iklan yang ingin dijalankan. Seperti apakah Sobat MEA ingin mendapatkan banyak kunjungan, leadsbrand awareness, konversi, atau tujuan iklan lainnya.
  • Cara membuat iklan Google berikutnya adalah Sobat MEA bisa memilih jenis dan tampilan iklannya seperti apa untuk memaksimalkan hasil yang akan didapatkan.
  • Jika sudah, lengkapi informasi iklan yang dibutuhkan pada halaman berikutnya.
  • Sobat MEA bisa melanjutkan cara membuat iklan Google ini dengan menentukan durasi iklan atau berapa lama iklan akan ditayangkan. Tentukan juga di mana lokasi iklan akan ditayangkan agar bisa menjangkau audiens yang tepat.
cara membuat iklan Google
  • Langkah selanjutnya adalah Sobat MEA perlu menentukan anggaran iklan yang akan dijalankan. Untuk Iklan Google, biaya minimal untuk memasang iklannya sendiri adalah 50 ribu rupiah. Sedangkan untuk bidding atau fokus iklannya juga bisa Sobat MEA pilih sesuai kebutuhan.
  • Lanjutkan dengan atur keyword atau kata kunci yang relevan agar iklan lebih mudah muncul dan ditemukan oleh audiens. Seperti misalnya saja Sobat MEA memiliki bisnis wedding organizer, maka Sobat MEA bisa menggunakan kata kunci seperti: WO, wedding organizer, vendor pernikahan, wedding organizer Jakarta, WO Jakarta, vendor kawinan, dan kata kunci lainnya yang berhubungan dengan pernikahan.
  • Cara membuat Iklan Google selanjutnya adalah adalah dengan membuat beberapa judul iklan yang akan ditampilkan ke halaman pencarian pengguna.
Artikel Terkait  2 Cara Menambah Gambar di Canva. Bikin Desain Lebih Apik!
cara membuat iklan Google
  • Selanjutnya, masukkan detail dan metode pembayarannya. Masukkan negara, zona waktu, dan penawaran perkenalan dengan tepat.
  • Isikan cara pembayaran yang nantinya akan Sobat MEA gunakan untuk mengisikan saldo agar iklan bisa dijalankan. Sobat MEA juga bisa menggunakan metode pembayaran otomatis dengan memasukkan informasi nomor rekening ke kolom yang tersedia.
  • Cara membuat iklan Google sudah selesai!

Nah itulah cara membuat iklan Google yang bisa dilakukan oleh pemula. Semoga saja artikel ini dapat membantu Sobat MEA yang ingin mengembangkan bisnis menggunakan Google Ads. Akhir kata, salam satu juta pembeli.

You may also like

Leave a Comment