6 Faktor Kenapa Iklan Instagram Tidak Jalan. Pemula Masuk!

by Bimboi
Kenapa iklan Instagram tidak jalan

Sobat MEA yang berprofesi sebagai Facebook Advertiser, Digital Marketer, atau pebisnis mungkin tahu bahwa salah satu cara untuk mempromosikan produk atau jasa bisa menggunakan Iklan Instagram. Iklan Instagram ini cukup membantu dalam pemasaran online sesuai dengan target audiens yang telah ditentukan. Namun terkadang ada kendala kenapa iklan Instagram tidak jalan.

Dalam menjalankan Kampanye Iklan di Instagram, banyak sekali batasan untuk membuat sebuah iklan. Sehingga banyak pebisnis yang berujung konten iklan tidak bekerja dengan baik. Lalu, kenapa iklan Instaram tidak jalan? Pantengin terus artikel ini, karena MiMe akan membahasnya di sini!

Table of Contents

Apa itu Iklan Instagram?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Iklan Instagram atau biasa dikenal Instagram Ads, merupakan layanan iklan berbayar yang ditawarkan Instagram untuk para pemilik bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa mereka di Instagram. Format sebuah iklan di Instagram pun bermacam-macam mulai dari digital image poster, carousel, sampai reels. Menariknya, Instagram Ads bisa menjangkau audiens secara luas hingga sampai target spesifik! 

Jika Sobat MEA ingin iklan di Instaram namun tidak tahu biaya yang harus dikeluarkan, Sobat MEA bisa cek di sini.  Dalam membuat iklan Instagram harus hati hati, karena dalam prosesnya, ada beberapa hal kenapa iklan Instagram tidak jalan. 

Proses Peninjauan Iklan di Instagram

Jadikan iklan lebih maksimal dengan website bisnis profesional
Pastikan kamu mendapatkannya dari platform terpercaya seperti GoWebin by MEA. Anti lemot!

Proses peninjauan ini umumnya berlangsung selama 10 menit hingga 1 hari kerja. Bahkan ada iklan yang sudah tayang dan ditinjau ulang meskipun iklan tersebut terdapat impresi dan klik.  Sehingga ini menyebabkan kenapa iklan Instagram tidak jalan. 

Faktor yang Memengaruhi Peninjauan Iklan Instagram

Dan perlu diketahui juga bahwa dalam peninjauan iklan sebelum tayang, ada beberapa faktor yang akan diperhatikan, yaitu:

  1. Riwayat akun: Riwayat berupa usia akun, budget iklan yang telah dihabiskan, berapa banyak iklan yang disetujui dan ditolak oleh Facebook. Jika Sobat MEA termasuk kedalam kategori baik, kemungkinan proses peninjauan iklan akan cepat dan mudah. 
  2. Domain: Jika domain yang digunakan dalam beriklan tergolong baru dan belum dipakai untuk beriklan sebelumnya, Facebook akan meninjau domain tersebut terlebih dahulu. Kemungkinan prosesnya akan memakan waktu agak lama.
  3. Kata kunci konten: Instagram dengan algoritmanya mampu menganalisis konten yang ada pada iklan. 
  4. Gambar pada banner iklan: Canggihnya instagam, melalui algoritmanya mampu menganalisis dan mengenali jenis gambar pada sebuah iklan. Apakah gambar tersebut sudah memiliki hak cipta, pornografi, dan lainnya. 

Kenapa Iklan Instagram Tidak Jalan

Adapun terkait alasan kenapa iklan Instagram tidak jalan, ternyata ada beberapa penyebab yang biasa dialami oleh pengiklan. Berikut penyebab-penyebab yang menjadi alasan atas masalah ini:

1. Akun Instagram Tidak Terverifikasi

Sobat MEA dan pengguna Instagram membutuhkan akun bisnis yang telah terverifikasi sebelum menayangkan sebuah iklan. Dengan adanya akun bisnis yang terverifikasi, menunjukkan bahwa Sobat MEA benar-benar memiliki sebuah bisnis dan sudah bisa mulai menayangkan iklan. 

  1. Buka profil Instagram dan klik icon tiga garis pada ujung kanan atas.
  2. klik opsi Pengaturan dan pilih Akun.
  3.  klik Beralih ke Akun Bisnis dan ikuti instruksi selanjutnya. 

2. Kampanye Iklan Tidak Sesuai dengan Aturan Instagram

Perlu diketahui, Instagram memiliki peraturan yang sangat ketat dalam beriklan. Hal ini bisa jadi salah satu faktor yang memungkinkan iklan Instagram tidak jalan. Jika sudah melanggar aturan tersebut, maka kampanye iklan akan ditolak dan dihapus. 

Jadi, pastikan konten iklan yang Sobat MEA buat mengikuti pedoman iklan Instagram. Berikut beberapa konten iklan yang tidak diizinkan untuk tayang:

  1. Konten vulgar, mengandung kata-kata kasar. 
  2. Terdapat senjata, obat-obatan terlarang, atau produk bahaya lainnya pada materi konten iklan. 
  3. Menawarkan jasa atau produk yang ilegal dan merugikan banyak orang.
  4. Terdapat informasi pribadi tanpa persetujuan orang yang bersangkutan. 

3. Kredit Akun Iklan Tidak Cukup

Dalam memasang sebuah iklan di Instagram, Sobat MEA membutuhkan kredit. Jika Saldo tidak mencukupi, iklan tersebut tidak akan ditayangkan oleh Instagram. 

Hal ini dikarenakan Instagram menggunakan model pembayaran berbasis klik atau tayangan (cost per-click “CPC” atau cost per mille/ CPM). Itulah mengapa Sobat MEA wajib memilki saldo yang cukup untuk melakukan penayangan iklan di Instagram. 

4. Target Audiens Tidak Sesuai

Iklan Instagram terlihat sangat “seksi” bagi Digital Marketer, karena Iklan Instagram memungkinkan untuk menargetkan audiens yang spesifik. Tapi perlu diingat, jika target tidak sesuai atau terlalu spesifik bisa menjadi faktor iklan Instagram tidak mendapatkan insight bahkan tidak ditayangkan di Instagram. 

5. Kualitas Visual Iklan Kurang Baik

Perlu diingat, selain visual yang menarik, pesan yang ingin disampaikan juga haruslah jelas dan mudah dipahami oleh target audiens. 

6. Koneksi Internet Tidak Memadai

Dan inilah alasan terakhir kenapa iklan Instagram tidak jalan, yaitu koneksi internet tidak memadai. Karena, dalam menjalankan kampanye iklan Instagram membutuhkan internet yang stabil dan cukup cepat. Jika iklan gagal tayang kemungkinan karena internet Sobat MEA tidak stabil atau bahkan lambat. 

Sekian informasi yang dapat penulis sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Sobat MEA dan para Advertiser dalam menayangkan iklan di Instagram. Salam satu juta pembeli! 

You may also like

Leave a Comment