Cara Membuat Pinterest Bisnis. Banyak yang Belum Tahu!

by Viki
cara membuat pinterest bisnis

Sobat MEA tentu menyadari, ada berbagai media sosial yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan bisnis. Dan ternyata Pinterest termasuk salah satunya. Ya, Sobat MEA perlu mempertimbangkan cara membuat Pinterest bisnis. Fitur analitik yang dimilikinya memungkinkanmu untuk memantau berapa jumlah pin yang dibagikan ulang, klik ke tautan, view dan lain sebagainya.

Selain itu, pinterest juga memiliki fitur iklan! Fitur ini sudah lama tersedia di akun Instagram Bisnis dan Facebook Bisnis. Dan cara membuat Pinterest bisnis juga menawarkan kebebasan kepada para pemilik brand untuk mengoptimalkan penjualan. 

Table of Contents

Apa itu Pinterest Bisnis?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Melansir laman Pinterest, Pinterest merupakan salah satu media sosial yang populer. Pinterest digunakan untuk menampilkan konten yang banyak dicari dalam waktu tertentu. Selain bisa dijadikan sebagai inspirasi desain graphic dan seni lainnya, Pinterest juga bisa digunakan untuk membagikan gambar produk yang di jual.

Dengan kata lain, Pinterest bisnis dapat membantumu dalam membuat akun Pinterest lebih profesional, memperkenalkan dan mengelola brand, dan masih banyak lagi. 

Akun bisnis Pinterest sebenarnya mirip dengan akun pribadi. Hanya saja, akun bisnis memiliiki fitur yang membantu pemilik bisnis dan pemasar untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Fitur-fitur ini mencakup akses ke Pusat Bisnis Pinterest dan Analitik Pinterest, di mana Sobat MEA dapat meninjau analitik pin.

Akun bisnis di Pinterest juga memudahkanmu untuk membuat iklan Ide, iklan video, pin carousel, iklan koleksi, katalog produk, dll. 

Tutorial Cara Membuat Pinterest Bisnis

  • Kunjungi situs resmi Pinterest melalui browser di perangkat.
  • Lalu login ke akun Pinterest. 
  • Pilih Profil dengan mengeklik ikon pensil di laman Pin yang tertera.
  • Di halaman profil, pilih menu Pengaturan Akun dan klik Konversikan Akun.
  • Selanjutnya Sobat MEA akan mendapatkan jendela pop up seperti alamat email yang tampil otomatis di form. Jika ingin lanjut, klik tombol Lanjutkan.
  • Selesai! Sekarang akun Pinterest Bisnis sudah berhasil dibuat dan profilmu akan memiliki tombol baru yang berlabel Pusat Bisnis.

Tapi untuk dapat menggunakannya, Sobat MEA perlu menyelesaikan tahapan selanjutnya yaitu klaim website agar akun bisnismu memiliki dampak terhadap branding produk yang dijual. Adapun langkah-langkah untuk mengklaimnya, antara lain:

  • Klik tombol Pusat Bisnis yang baru muncul di profil akun, lalu scroll ke bawah dan klik tombol Tambahkan Tautan.
  • Masukkan alamat situs bisnismu dan klik tombol Klaim.
  • Sobat MEA akan mendapatkan dua pilihan metode klaim. Setelah memilih salah satunya, Tambahkan tag HTML.
  • Pilih opsi tersebut, lalu  salin barisan kode yang ditampilkan.
  • Jika websitemu menggunakan WordPress, silakan buka dashboard, dan klik Appearance – Editor.
  • Selanjutnya, klik file Header.php yang ada di sebelah kanan.
  • Jika sudah sesuai, sisipkan kode tersebut  di bawah tag dan simpan perubahan.
  • Kembali ke Pinterest dan kirim permintaan verifikasi. Hal ini akan mebutuhkan waktu 1×24 jam untuk mendapatkan jawaban.

Yap, begitulah tutorial mengenai cara membuat Pinterest Bisnis yang perlu Sobat MEA manfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Dengan popularitas Pinterest, Sobat MEA tidak hanya mendapatkan inspirasi, bahkan Sobat MEA pun akan lebih mudah mendapatkan orderan langsung di Pinterest. Menarik, bukan?

You may also like

Leave a Comment