Lebih Praktis, Begini 8 Cara Live Streaming YouTube di HP yang Optimal!

by Viki
cara live streaming youtube di hp

Sobat MEA tentu setuju bahwa YouTube merupakan sosial media yang menyediakan berbagai konten menarik untuk ditonton. Bahkan YouTube juga menjadi ladang penghasilan melalui video-video kreatif yang dibuat termasuk live streaming melalui Go Live. Menariknya, kita juga bisa mengikutinya dengan cara live streaming YouTube di HP dengan lebih mudah dan praktis. 

Live streaming sendiri telah menjadi salah satu cara terpopuler untuk berbagi konten di platform YouTube. Live streaming juga merupakan salah satu cara monetisasi YouTube. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih, kini siapa pun dapat dengan mudah melakukan cara live streaming YouTube di HP.  

Sedangkan Fitur Go Live memungkinkan pengguna untuk siaran secara langsung untuk berbagai keperluan mulai dari menampilkan konten hiburan, hingga menyiarkan acara penting seperti webinar. 

Nah, kemudian untuk melakukan live streaming di YouTube tidak hanya dapat dilakukan melalui PC, tapi pengguna juga dapat melakukannya via Android maupun iPhone.

4 Syarat Live Streaming YouTube di HP

Ingin Jadi Live Streamer Handal yang Cuan?

Yuk, kupas tuntas strategi dan rahasia suksesnya dalam diskusi kreator berpengalaman di komunitas kreator MEA!

Sebelum melakukan cara live streaming YouTube di HP, melansir laman dukungan Google dijelaskan bahwa pengguna harus memenuhi beberapa syarat untuk dapat melakukan live streaming melalui YouTube dengan lancar. Berikut syarat syarat tersebut:

  1. Memiliki setidaknya minimal 50 subscribers.
  2. Tidak memiliki pembatasan live streaming dalam 90 hari terakhir di channel YouTube.
  3. Sudah memverifikasi channel YouTube.
  4. Mengaktifkan fitur live streaming, Sobat MEA mungkin harus menunggu 24 jam sebelum dapat memulai siaran langsung pertama
  5. Menggunakan perangkat Android minimal versi 5.0. dan untuk pengguna iPhone dan iPad minimal menjalankan iOS 8

9 Langkah Cara Live Streaming YouTube di HP

Jasa Live Streaming Terhandal

Ingin channel lebih cuan lewat live streaming? Pastikan kamu memiliki partner kuat dalam bidangnya. Tenang, tim live streaming MEA siap bantu dengan handal~

Setelah memenuhi syarat-syarat di atas, pastikan Sobat MEA juga telah mengaktifkan fitur Go Live sebagai alat pendukung live YouTube. Kemudian, ada 8 cara live streaming YouTube di HP. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka aplikasi YouTube dan pilih logo Camcorder.
  2. Pilih menu ‘Go Live’.
  3. Tambahkan judul dan sesuaikan beberapa privacy setting.
  4. Klik More untuk menambahkan deskripsi, live chat, monetisasi, promosi, dan sebagainya.
  5. Selanjutnya, klik Show Less dan pilih Next. Pilih thumbnail yang diinginkan.
  6. Pilih Share untuk membagikan link live streaming di media sosial.
  7. Klik Go Live.
  8. Jika sudah selesai, klik Finish dan Ok.
  9. Selesai!

4 Keuntungan Live Streaming di YouTube

Dapatkan Cuan Lebih Banyak di YouTube

Dengan strategi berkelas ala MEA! Sudah terbukti oleh ahlinya dan kreator berpengalaman lainnya~

Setelah mengetahui cara live streaming YouTube di HP, Sobat MEA juga harus tahu beragam manfaat live iin. Sama seperti live streaming di TikTok, tentu saja ada beragam keuntungan yang bisa Sobat MEA dapatkan dari live streaming di YouTube. Nah berikut ini adalah 4 keuntungannya. Yuk langsung simak aja!

1. Menjangkau Audiens Global

Salah satu keuntungan terbesar dari live streaming di YouTube adalah jangkauan audiensnya. Seperti kita tahu, YouTube sendiri memiliki jutaan pengguna aktif di seluruh dunia. Karena itu, bukan nggak mungkin kalau live Sobat MEA nantinya akan ditonton oleh orang dari berbagai negara.

2. Interaksi Real-Time dengan Audiens

Salah satu keunggulan live daripada konten biasa adalah interaksinya. Dengan live streaming, Sobat MEA bisa berinteraksi dengan penonton secara real time. Biasanya interaksi ini terjadi lewat fitur komentar. Sobat MEA bisa merespon pertanyaan sampai memberi tanggapan pada komentar penonton.

3. Konten Live Lebih Otentik

Keuntungan ketiga dari mengetahui cara live streaming YouTube di HP adalah menyoal konten live yang otentik. Seperti kita tahu, hari ini sudah banyak content creator dan beragam jenis konten. Nah live streaming ini bisa memberikan konten yang jauh lebih otentik lagi karena nggak bisa ditiru oleh content creator lain.

4. Dapat Dimonetisasi

Berbeda dengan live streaming TikTok yang mengandalkan gift TikTok, live streaming YouTube ini dapat dimonetisasi. Sobat MEA bisa menghasilkan pendapatan dari iklan yang ditampilkan saat live streaming. Belum lagi Sobat MEA bisa memanfaatkan fitur Super Chat, Subscription atau aplikasi pihak ketiga untuk membuka donate penonton.

Ya, itulah panduan tentang cara live streaming YouTube di HP yang bisa Sobat MEA lakukan via android maupun iPhone beserta beragam keuntungannya. Perlu diperhatikan, tampilan antarmuka dari aplikasi YouTube pada HP Android dengan iPhone mungkin akan berbeda. 

Tapi dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat MEA dapat mengoptimalkan channel YouTube lebih bermanfaat serta berinteraksi dengan lebih menyenangkan. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment