Mengenal Boost Post Instagram, Iklan Simpel Langsung dari Postingan!

by Viki
boost post instagram

Postingan konten Instagram gitu-gitu aja? Tidak perlu khawatir, Sobat MEA bisa meningkatkan visibilitas konten melalui fitur Boost Post Instagram! Bahkan Sobat MEA bisa melakukannya langsung di aplikasi Instagram pada postingan yang ingin ditingkatkan.

Ini juga penting banget untuk membuat konten promosi dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Itulah mengapa Sobat MEA perlu memahami Boost Post Instagram ini. Tapi pertanyaannya, bagaimana cara menjalankannya? Tenang, simak artikel ini ya!

Table of Contents

Apa Itu Boost Post Instagram?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Melansir laman Instagram, boost post adalah fitur iklan di Instagram untuk mempromosikan postingan kepada audiens yang lebih luas langsung hanya dengan mengeklik postingan tersebut. Biasanya ada biaya yang dapat disesuaikan untuk meningkatkan jangkauan dan visibilitas postingan mereka.

Boost post sendiri bertujuan agar postingan dapat ditampilkan kepada lebih banyak orang di luar jangkaun akun bisnis. Hal ini tentunya dapat meningkatkan visibilitas yang penting untuk konten marketing, dimana akan lebih banyak audiens yang mengetahui bisnis yang Sobat MEA jalankan di Instagram. 

Dengan begitu, kemudian Sobat MEA dpaat menentukan target audiens berdasarkan demografi, minat, dan perilaku tertentu. Sehingg Sobat MEA lebih mudah dalam menargetkan audiens yang lebih relevan dengan tujuan marketing.

Fungsi Boost Post di Instagram

Hubungkan Iklan dengan Website Profesional Biar Traffic Naik Maksimal
Yuk, dapatkan website bisnis terbaik dari GoWebin tanpa coding, langsung jadi!

1. Memperluas Jangkauan Audiens

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, konten yang di boost dapat menjangkau audiens yang lebih besar daripada konten organik. Hal ini tentu dapat memperluas cakupan serta memperbesar peluang untuk meningkatkan brand awareness.

2. Meningkatkan Interaksi

Dengan postingan yang di boost, ini dapat berpengaruh pada engagement konten itu sendiri, yang kemudian Sobat MEA juga mendapatkan lebih banyak likes, komentar, dan berbagi. Sehingga bukan tidak mungkin ini dapat menciptakan keterlibatan audiens untuk membangun hubungan yang lebih kuat.

3. Mengarahkan Traffic Toko Online

Bukan hanya visibilitas, boost post juga secara tidak langsung dapat mengarahkan traffic ke situs web atau toko online. Sehingga hal ini juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang melihat penawaran produk hingga berpeluang meningkatkan penjualan.

4. Menjangkau Target Audiens yang Relevan

Seperti yang sudah disinggung juga bahwa boost post dapat menjangkau target audiens yang relevan. Bahkan Sobat MEA bisa menyesuaikannya berdasarkan kriteria demografis, minat, lokasi geografis, dll. Ini memudahkanmu dalam menyajikan postingan yang paling relevan dan berpotensi melakukan pembelian. 

5. Mempercepat Pertumbuhan

Ketika postingan semakin eksis di Instagram, Sobat MEA juga akan lebih mudah untuk merasakan pertumbuhan bisnis yang lebih cepat dengan menjangkau lebih banyak orang dan membangun basis penggemar yang lebih besar. 

Dengan begitu, Sobat MEA juga akan lebih mudah dalam meningkatkan penjualan dan kesuksesan bisnis secara keseluruhan.

Kelebihan dan Kekurangan Boost Post di Instagram

Meskipun banyak fungsi yang menguntungkan, fitur Boost Post dari Instagram juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Fitur yang Lebih Sedikit

2. Lebih Simpel

Karena tampilannya yang sederhana, boost post Instagram juga menawarkan pendekatan yang simpel dalam mempromosikan postingan bisnis. Ini tentunya mengurangi kompleksitas pengaturan dan mempercepat proses promosi.

Caranya, Sobat MEA hanya perlu memilih postingan yang ingin di boost, menentukan anggaran yang ingin dialokasikan, dan menentukan target audiens yang ingin dituju sesuai niche bisnis.

3. Tidak Ada Fitur Retargetting

Sayangnya fitur Boost Post di Instagram tidak ada fitur retargetting. Sehingga akan lebih sulit untuk menjangkau audiens yang paling relevan dan menemukan konsumen yang tertarik. 

Melansir laman KiriminAja, Retargeting adalah strategi pemasaran yang memungkinkan pengguna untuk menargetkan iklan kepada orang-orang yang sudah menunjukkan minat sebelumnya terhadap bisnis, seperti dengan mengunjungi situs web atau berinteraksi dengan postingan sebelumnya. 

Cara Menjalankan Boost Post Instagram

Untuk pengguna Instagram yang baru ingin mulai mempromosikan bisnis melalui postingan IG, mungkin masih bingung apa yang harus dilakukan. Oleh karena itu, berikut langkah-langkah untuk cara Boost Post Instagram yang efektif:

  1. Buka aplikasi Instagram di HP.
  2. Login ke akun Instagram bisnis dengan username dan password.
  3. Pilih postingan yang ingin di boost
  4. Di bawah postingan, klik tombol Boost yang tertera. 
  5. Tentukan tujuan promosi, seperti “Dapatkan lebih banyak kunjungan ke profil” atau “Dapatkan lebih banyak kunjungan ke situs web Anda”.
  6. Selanjutnya, Sobat MEA akan diarahkan ke halaman pengaturan audiens untuk menentukan audiens target berdasarkan faktor seperti usia, lokasi, minat, dan lainnya. Pilih sesuai kebutuhan.
  7. Pilih anggaran yang ingin dialokasikan untuk promosi dan tentukan durasi promosi yang diingankan.
  8. Periksa kembali pengaturan promosi untuk memastikan semuanya sudah benar. Lalu klik tombol Konfirmasi.
  9. Lakukan pembayaran sesuai biaya yang sudah ditentukan.
  10. Selesai!
Artikel Terkait  4 Cara Membuat Konten yang Menarik Untuk TikTok, Reels dan Shorts

Jadi, begitulah informasi seputar Boost Post Instagram beserta cara menjalankannya. Bagaimana? Tertarik untuk mempromosikan konten atau produk dengan sangat sederhana ini? Pastikan Sobat MEA terus beradaptasi dengan strategi terbaru sebagaimana persaingan akan selalu ada setiap harinya. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment