7 Penyebab dan Cara Memperbaiki Messenger yang Tidak Bisa Dibuka

by Fanny
Cara memperbaiki Messenger yang tidak bisa dibuka

Messenger adalah aplikasi yang dapat Sobat MEA gunakan untuk berbagi pesan dengan teman Facebook. Tampilan yang mudah dipahami dan fitur yang lengkap membuat aplikasi ini mudah untuk digunakan dan dapat Sobat MEA manfaatkan untuk melancarkan promosi bisnis. Namun, Messenger juga tidak jarang mengalami kendala seperti tidak bisa dibuka. Meski begitu, tentu saja ada cara memperbaiki Messenger yang tidak bisa dibuka.

Karena cukup banyak orang yang mengalami hal ini, kami akhirnya akan membagikan beberapa penyebab dan cara memperbaiki aplikasi Messenger yang tidak bisa dibuka agar Sobat MEA tetap dapat berkomunikasi lagi dengan teman di Facebook. Nah daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Penyebab Messenger Tidak Bisa Dibuka

Yuk belajar bisnis bareng bersama ahlinya

Dengan gabung ke komunitasnya secara gratis sekarang juga!

Messenger yang tidak bisa dibuka tentunya akan menghambat komunikasi Sobat MEA. Apalagi jika aplikasi ini Sobat MEA gunakan untuk mempromosikan produk secara online. Bisa rugi bandar jika Sobat MEA tidak mencari cara memperbaiki messenger yang tidak bisa dibuka.

Namun sebelum membahas caranya, Sobat MEA perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa alasan dan penyebab mengapa Messenger tidak bisa dibuka. Hal ini bertujuan agar Sobat MEA bisa menghindari hal-hal yang menyebabkan aplikasi ini menjadi eror dan tidak kebingungan lagi ketika menghadapi Messenger yang tidak bisa dibuka. Yuk simak alasannya di bawah!

1. Server Down

Penyebab Messenger tidak bisa dibuka yang pertama adalah karena server Messenger down. Ketika server down, tidak hanya Sobat MEA saja yang tidak dapat membuka aplikasi ini, namun pengguna lain juga. Tentu saja hal ini diluar kuasa Sobat MEA karena proses perbaikannya harus dari pusat. Jadi Sobat MEA perlu menunggu beberapa saat agar pihak Messenger yang mengatasi masalah ini.

2. Jaringan Internet Tidak Stabil

3. Sedang Maintenance

Aplikasi seperti Messenger sering mengalami pembaruan untuk memperbaiki atau menambah fitur baru. Proses ini disebut dengan maintenance alias perbaikan yang juga menjadi salah satu penyebab mengapa Sobat MEA tidak dapat membuka Messenger. Sama seperti saat server down, Sobat MEA hanya perlu menunggu beberapa waktu agar proses maintenance selesai dilakukan dan Sobat MEA dapat menggunakan aplikasi Messenger kembali.

4. Menggunakan Aplikasi Versi MOD

cara memperbaiki mesengger yang tidak bisa dibuka

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak pengguna yang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi Messenger versi modifikasi atau yang lebih sering disebut MOD karena aplikasi Messenger sendiri lebih berat ukurannya. 

Namun karena Sobat MEA menggunakan aplikasi yang merupakan tiruannya, tentu saja aplikasi ini tidak akan bekerja sebaik aplikasi Messenger yang asli. Untuk itu, cara memperbaiki Messenger yang tidak bisa dibuka ini adalah dengan menggunakan Messenger yang legal dan bukan versi modifikasi.

5. Menggunakan Aplikasi Versi Lama

Messenger juga tidak akan bisa dibuka jika Sobat MEA masih menggunakan versi aplikasi yang lama. Hal ini karena biasanya ada bug atau fitur baru yang ditambahkan. Jadi Sobat MEA perlu memperbarui aplikasinya agar dapat menggunakan Messenger seperti sedia kala.

6. Memori Penuh

Aplikasi juga tidak akan berjalan dengan baik jika memori HP penuh. Hal ini bisa disebabkan oleh terlalu banyak aplikasi yang Sobat MEA unduh pada perangkat. Bisa juga karena ada banyak data aplikasi menumpuk yang tidak pernah dihapus.

7. Akun Messenger Terkena Banned

Cara Memperbaiki Messenger yang Tidak Bisa Dibuka

cara memperbaiki messenger yang tidak bisa dibuka

Setelah mengetahui 7 penyebab aplikasi Messenger tidak bisa dibuka, pasti Sobat MEA sudah lebih memahami dan sedikit mengerti bagaimana cara mengatasinya, bukan? Namun kami akan tetap membagikan beberapa cara memperbaiki Messenger yang tidak bisa dibuka agar Sobat MEA dapat melakukan aktivitas di Messenger dengan lancar. 

Menurut laman resmi Facebook, ada 7 cara yang bisa Sobat MEA coba untuk mengatasi error pada aplikasi Mesengger. Berikut penjelasannya:

1. Force Stop Dan Buka Kembali Aplikasi

Cara memperbaiki Messenger yang tidak bisa dibuka yang pertama adalah Sobat MEA bisa melakukan force stop. Cara ini bisa Sobat MEA lakukan dengan membuka pengaturan telepon, lalu cari aplikasi Messenger. Setelah itu pilih Force Stop atau Paksa Berhenti aplikasi. Tunggu beberapa saat, lalu buka kembali aplikasi Messenger pada perangkat Sobat MEA.

2. Restart Ponsel

Sobat MEA juga bisa merestart ponsel sebagai salah satu cara memperbaiki Messenger yang tidak bisa dibuka. Cara ini biasanya juga berhasil dilakukan untuk mengatasi masalah pada aplikasi lain yang tidak bisa dibuka.

Proses restart ini juga berfungsi untuk menyegarkan kembali ponsel yang kemungkinan menampung terlalu banyak aplikasi. Selain itu, restart ponsel juga membantu untuk mengatasi segala eror yang ada pada aplikasi Messenger.

3. Izinkan Fitur Messenger

Seperti yang kita ketahui, Messenger memiliki banyak fitur yang bisa Sobat MEA gunakan. Tidak hanya untuk saling berkirim pesan saja, Sobat MEA juga bisa mengirimkan foto, video, hingga melakukan telepon dan video call. Tentunya semua fitur ini dapat digunaka jika Sobat MEA mengijinkan aplikasi Messenger untuk mengakses handphone Sobat MEA.

Cara memperbaiki Messenger yang tidak bisa dibuka ini bisa Sobat MEA lakukan dengan membuka pengaturan ponsel, lalu buka aplikasi Facebook. Klik semua tombol Permission pada aplikasi agar Messenger dapat mengakses ponsel Sobat MEA.

4. Ganti Jaringan Internet

5. Hapus Data Aplikasi dan Cache Messenger

Data aplikasi dan cache Messenger yang tidak pernah dihapus akan membuat aplikasi terasa lebih berat dan bisa memenuhi memori internal ponsel. Hal ini membuat ponsel menjadi lemot dan Messenger jadi tidak bisa dibuka. Untuk itu, Sobat MEA memang perlu membersihkan data aplikasi dan cache ini secara rutin.

6. Hapus dan Install Ulang Aplikasi Messenger

Cara memperbaiki Messenger yang tidak bisa dibuka selanjutnya bisa Sobat MEA lakukan dengan menghapus aplikasinya. Pertama-tama, logout terlebih dahulu dari akun Sobat MEA agar semua data dan informasi yang ada pada aplikasi tidak akan terhapus atau disalahgunakan oleh orang lain. Jika Sobat MEA tidak dapat membuka aplikasinya sama sekali, Sobat MEA bisa logout melalui situs web. Atau Sobat MEA juga bisa langsung menghapus aplikasinya.

Langkah selanjutnya adalah Sobat MEA bisa mengunduh kembali aplikasinya, lalu masuk kembali ke akun Messenger Sobat MEA. Proses ini bertujuan untuk mengatasi segala bug, error, atau masalah lainnya yang ada pada aplikasi Messenger di ponsel Sobat MEA, sehingga Sobat MEA dapat menggunakan aplikasi ini lagi tanpa ada masalah.

7. Hubungi Customer Service

Cara memperbaiki Messenger yang tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan menghubungi pihak CS Messenger. Pastikan Sobat MEA sudah mencoba semua cara di atas terlebih dahulu sebelum menghubungi CS. Anggap saja proses menghubungi CS ini adalah alternatif terakhir karena semua usaha yang dilakukan tidak berhasil. Sobat MEA bisa menghubungi CS Messenger dengan klik di sini.

Nah itu dia 7 penyebab dan 7 cara memperbaiki Messenger yang tidak bisa dibuka. Akhir kata, semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA ya. Aminn!

You may also like

Leave a Comment