Jangan Anggap Remeh, Ini Bahaya Email Diketahui Orang Lain. Hati-Hati!

by Viki
bahaya email diketahui orang lain

E mail telah menjadi salah satu alat komunikasi yang tak tergantikan dalam dunia bisnis, pendidikan, dan kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, penggunaan e mail juga membawa potensi bahaya ketika informasi sensitif atau pribadi jatuh ke tangan yang salah. Oleh karenanya, penting untuk memahami bahaya email diketahui orang lain agar tidak disalahgunakan. 

Dalam artikel ini, MiMe akan membahas bahaya email diketahui orang lain, pentingnya melindungi informasi pribadi dalam era digital, serta tips penting tambahan lainnya. Simak di bawah ini. 

Table of Contents

Kenapa Email Bocor Itu Bahaya?

Ingin Belajar Bisnis Laris Bareng Ahlinya?
Yuk gabung diskusi bareng seller berpengalaman di komunitas bisnis online MEA!

Menurut laman Microsoft, E mail adalah salah satu data penting yang wajib dijaga dengan baik. Jika tidak, Sobat MEA akan rentan terkena penipuan. Contohnya seperti mendapatkan pesan spam yang berisi penipuan semacam  iming-iming hadiah yang fantastis dari orang asing yang tidak bertanggung jawab. 

Ketika e mail bocor ke orang jahat, mereka akan mengikuti caramu berkomunikasi untuk melancarkan aksi penipuan atau pengelabuan ke teman-teman-teman, kelaurga, bahkan kolegamu.

Misalnya, mereka mengirimkan pesan dengan gaya komunikasi yang sama denganmu, lalu membobol informasi sensitif atau tindakan kejahatan lainnya. 

Perlu dicatat, semakin sering Sobat MEA menggunakan ID pengguna di berbagai platform, semakin mudah mereka untuk megakses emailmu hingga akun media sosialmu. 

Hacker akan mencoba menebak satu kata sandi, memaksa untuk masuk ke akun dengan menggunakan alamat email dan mengkombinasikan beberapa kata kunci seperti huruf, angka, dan simbol yang disusupkan untuk penipuan lain.

Bahaya Email Diketahui Orang Lain

Kehilangan Privasi 

Ketika email diketahui oleh orang lain tanpa izin, privasimu terancam. Informasi pribadi seperti alamat rumah, nomor telepon, tanggal lahir, dan bahkan data keuangan dapat digunakan dengan cara yang merugikanmu. 

Identitasmu dapat dicuri dan digunakan untuk berbagai penipuan atau kejahatan identitas lainnya. Bahkan, akses ke email dapat membuka pintu bagi penjahat siber untuk mencuri informasi penting, seperti kata sandi atau data keuangan.

Penyebaran Informasi yang Tidak Dibutuhkan 

Ketika orang lain dapat mengakses email, mereka juga dapat melihat percakapan dan informasi yang seharusnya bersifat pribadi. Misalnya, email pribadi dengan keluarga, teman, atau rekan kerja dapat tersebar, akan menyebabkan masalah lebih lanjut. 

Selain itu, email bisnis yang berisi informasi rahasia atau strategi perusahaan dapat bocor ke pesaing atau pihak yang tidak berwenang, mengancam keberlangsungan bisnis dan reputasi.

Ancaman Keamanan Data 

Banyak email berisi lampiran atau tautan yang mengandung informasi sensitif atau data penting. Ketika email diketahui orang lain, akses ke data ini dapat membuka potensi ancaman keamanan. 

Data bisnis berharga dapat dicuri, informasi medis pribadi dapat diakses oleh pihak yang tidak berhak, dan kekayaan intelektual bisa diambil oleh pesaing. Jika informasi ini jatuh ke tangan yang salah, konsekuensinya bisa sangat merugikan.

Phishing dan Serangan Malware

Salah satu bahaya paling umum yang terkait dengan email yang diketahui orang lain adalah phising dan serangan malware. 

Kerugian Finansial

Bahaya lain dari email yang diketahui orang lain adalah potensi kerugian finansial. Jika informasi keuanganmu terbongkar, seperti nomor kartu kredit atau informasi akun bank, orang yang tidak bertanggung jawab dapat menggunakan informasi ini untuk mencuri uang dari rekening atau melakukan pembelian tanpa izin. 

Selain itu, akses ke emailmu juga bisa memungkinkan penipu mengakses akun-akun penting, yang dapat menyebabkan kerugian finansial yang serius.

Reputasi dan Hubungan Sosial

Ketika email diketahui oleh orang lain dan informasi pribadi tersebar, reputasi dan hubungan sosial bisa terpengaruh. 

Informasi pribadi yang tidak diinginkan bisa digunakan untuk melakukan pelecehan atau pencemaran nama baik. Hal ini dapat mengganggu hubungan dengan keluarga, teman, atau rekan kerja. Selain itu, jika email bisnis jatuh ke tangan pesaing atau publik, citra profesional dan perusahaan dapat terancam.

Tips Melindungi Informasi Pribadi dan Email

Jasa Kelola Toko Online Profesional
Kelola toko dengan lebih efisien bersama tim kelola toko MEA yang profesional dan bergaransi, terima beres!

Untuk melindungi diri dari bahaya email diketahui orang lain, Sobat MEA dapat mengambil langkah-langkah pencegahan berikut:

Gunakan Kata Sandi yang Kuat 

Pastikan email dilindungi dengan menggunakan kata sandi yang kuat dan unik. Jangan gunakan kata sandi yang mudah ditebak atau informasi pribadi yang mudah didapatkan orang lain.

Aktifkan Verifikasi Dua Faktor (2FA)

Jaga Email Terlindungi

Pastikan perangkatmu memiliki perlindungan antivirus dan perangkat lunak keamanan yang mutakhir untuk mencegah ancaman malware.

Jangan pernah mengklik tautan atau membuka lampiran dari email yang mencurigakan atau tidak dikenal.

Jaga Kerahasiaan Informasi Pribadi

Hindari mengirimkan informasi pribadi melalui email, kecuali jika benar-benar yakin bahwa penerima adalah pihak yang sah.

Logout dari Sesi yang Tidak Dikenal

Pastikan untuk logout dari sesi email di perangkat yang tidak dikenal atau umum. Jangan sampai email yang terhubung masih login begitu saja terutam pada perangkat yang bukan milikmu. Hal ini rentan dibobol oleh pengguna internet yang menggunakan perangkat tersebut di kemudiah hari. 

Jangan Bagikan Kata Sandi

Hindari berbagi kata sandi dengan orang lain, bahkan dengan orang yang dipercayai. Penting untuk mengubah kata sandi sesegera mungkin jika ada yang mengetahui akses akunmu. Bahkan Sobat MEA juga perlu memperbarui informasi login agar keamanan selalu terjaga, 

Email adalah alat komunikasi yang luar biasa dalam era digital saat ini. Tapi penting untuk menyadari potensi bahaya email diketahui orang lain. Dalam hal ini, melindungi informasi pribadi dan mengamankan akun email adalah langkah penting dalam menjaga keamanan dan privasi dalam dunia digital yang semakin kompleks. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment