7 Aplikasi YouTube yang Bisa Diputar di Latar Belakang

by Fanny
aplikasi YouTube yang bisa diputar di latar belakang

YouTube menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk menonton video, mendengarkan musik, hingga mendengarkan podcast. Dengan kualitas video yang bisa diatur dan suara yang berkualitas, membuat YouTube menjadi pilihan utama banyak orang.

Namun tidak jarang juga kita ingin mendegarkan musik atau menonton video sambil melakukan hal lain. Sayangnya, YouTube tidak dapat diputar di latar belakang, jadi Sobat MEA harus membuka aplikasi agar konten yang dilihat dapat tampil dengan baik. Untuk itu kami akan membagikan beberapa aplikasi YouTube yang bisa diputar di latar belakang untuk menemani segala aktivitas Sobat MEA. Kepoin aplikasi selengkapnya di bawah, ya!

Aplikasi YouTube yang Bisa Diputar di Latar Belakang

Mau belajar bisnis tapi bingung dari mana?

Yuk ngobrol langsung dengan ahlinya di komunitas secara gratis!

YouTube memiliki sedikit kekurangan, yaitu aplikasi ini perlu dibuka secara terus menerus agar musik tetap bisa berputar. Berbeda dengan media player lainnya seperti Spotify atau Joox yang tetap bisa memutar musik meskipun aplikasinya ditutup. Itulah mengapa banyak yang mencari aplikasi YouTube yang bisa diputar di latar belakang.

Mungkin Sobat MEA akan menyarankan aplikasi yang masih berhubungan dengan YouTube dan bisa memutar musik di latar belakang seperti YouTube Premium, YouTube Music, atau YouTube Studio. Tentunya ketiga aplikasi ini bisa Sobat MEA jadikan sebagai alternatif. Namun sayangnya aplikasi ini tidaklah gratis. Sobat MEA perlu membayarkan secara teratur setiap bulan untuk dapat menggunakan fitur pada aplikasi YouTube yang bisa diputar di latar belakang ini.

1. GoTube

Aplikasi YouTube yang bisa diputar di latar belakang yang pertama adalah GoTube, yang merupakan hasil modifikasi dari developer. Sobat MEA bahkan bisa mengunduh aplikasi ini secara legal di Google Play Store.

Kelebihan GoTube selain dapat diputar di latar belakang adalah aplikasi ini dapat memutar musik secara pop up, memutar dengan kualitas HD, bisa berjalan ketika offscreen, hingga menyediakan fitur tanpa iklan! Jadi Sobat MEA bisa mendengarkan musik atau podcast dengan makin nyaman, deh!

2. Menonton YouTube Melalui Google Chrome

Jika Sobat MEA tidak mau menambah aplikasi YouTube yang bisa diputar di latar belakang, Sobat MEA juga bisa mengakses YouTube melalui Google Chrome. Namun ada langkah-langkah yang perlu dilakukan agar dapat memutar video atau musik di latar belakang:

  • Buka Google Chrome di perangkat Sobat MEA.
  • Masuk ke YouTube melalui website atau klik di sini.
  • Jika halaman sudah menampilkan YouTube pada browser, klik ikon titik tiga yang berada di sebelah kanan atas.
  • Lalu pilih menu Situs Desktop dan klik kotak yang tersedia.
  • Tunggu hingga tampilan halaman berubah menjadi versi seperti tampilan pada PC.
  • Pilih video yang ingin diputar. Kemudian Sobat MEA bisa langsung klik menu home.
  • Video biasanya akan berhenti secara otomatis ketika Sobat MEA sudah kembali ke halaman utama ponsel.
  • Buka bar notifikasi lalu klik tombol Play dan sekarang Sobat MEA bisa memainkan YouTube di latar belakang tanpa harus menambah aplikasi baru.

3. Minimize Video YouTube

Minimize Video YouTube bisa membuat Sobat MEA mengecilkan ukuran tampilan video, sehingga Sobat MEA tetap bisa menggunakan aplikasi lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga memakan lebih sedikit daya baterai dibandingkan dengan pemakaian YouTube secara biasa.

Kekurangannya, tampilan Minimize Video YouTube akan muncul di sisi layar ponsel. Hal ini membuat Sobat MEA bisa saja tidak sengaja mengklik dan kemudian tampilan video akan muncul selayar penuh. Tentunya ini akan menganggu Sobat MEA yang sedang melakukan sesuatu pada aplikasi lain, bukan?

Selain itu, video juga akan berhenti jika Sobat MEA mengunci ponsel. Jadi aplikasi ini tidak dapat memutar video ketika ponsel dikunci.

4. Minitube

Selanjutnya, Sobat MEA juga bisa mengunduh Minitube dari Google Play Store yang merupakan salah satu aplikasi YouTube yang bisa diputar di latar belakang. Cara kerjanya hampir sama dengan Minimize Video YouTube di mana Minitube juga akan menampilkan video dengan ukuran yang lebih kecil.

Selain itu, Sobat MEA juga bisa mengatur posisi tampilan video. Jadi Sobat MEA bisa menggeser kotak Minitube ke mana saja sesuai kebutuhan. Hal ini akan mengurangi kemungkinan Sobat MEA untuk tidak sengaja mengklik tampilan video ini.

5. Vanced YouTube

aplikasi youtube yang bisa diputar di latar belakang

Selanjutnya, ada juga aplikasi YouTube yang bisa diputar di latar belakang, yaitu Vanced YouTube. Aplikasi ini juga memperbolehkan Sobat MEA untuk memutar video meskipun layar dikunci, loh. 

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pop up, sehingga ukurannya bisa dikecilkan sebagaimana Minitube, jadi tidak akan mengganggu aktivitas Sobat MEA di aplikasi lainnya. Sobat MEA juga bisa mengunduh video YouTube, loh, dari aplikasi ini. Lengkap sekali bukan fiturnya?

6. Tube Master

7. Free Music For YouTube Stream

Aplikasi YouTube yang bisa diputar di latar belakang berikutnya adalah Stream: Musik. Sobat MEA bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store. Aplikasi ini cocok dipakai oleh Sobat MEA yang suka mendengarkan musik di YouTube.

Stream: Musik akan memutarkan musik dari tangga lagu teratas pada YouTube, hingga menyesuaikan dengan musik yang sedang ramai dimainkan di wilayah Sobat MEA. Kualitas suara yang dihasilkan juga jernih dan jelas, loh.

Nah itu dia daftar 7 aplikasi YouTube yang bisa diputar di latar belakang yang bisa Sobat MEA gunakan untuk memutar musik maupun video. Mana aplikasi yang ingin Sobat MEA coba?

You may also like

Leave a Comment