10 Alat Live Streaming Game Untuk Pemula. Nggak Butuh Modal Gede Kok!

alat live streaming game

Ingin menjajaki fitur live streaming sambil bermain game? Jika iya, untuk melakukan live streaming khususnya game perlu menggunakan alat live streaming game yang memadai. Eits, jangan salah, hal ini kini telah menjadi favorit banyak generasi muda. Maka jangan heran bahwasannya banyak kreator yang memanfaatkan platform live streaming untuk bermain game

Berdasarkan data dari situs Allcorrectgames, tedapat sejumlah 116 juta gamer tanah air dan 114 jutanya adalah mobile gamer. Hingga pada tahun 2021, Indonesia menempati peringkat kedua untuk jumlah pengunduh aplikasi mobile game terbanyak.

Sedangkan untuk waktunya, mereka menghabiskan untuk bermain game atau live streaming kurang lebih 8,54 jam perminggu. Biasanya yang mereka lakukan adalah mabar atau main bareng dan menarik jumlah penonton sebanyak-banyaknya.

Jumlah penonton tersebut bisa menghasilkan banyak pundi rupiah. Semakin banyak penonton semakin banyak juga pundi yang mereka dapatkan. Dan live streaming game ini akan menjadi bisnis yang tidak kalah menguntungkan

Berdasarkan data riset Tech Jury, industri streaming di seluruh dunia diperkirakan akan meraup untung hingga 184,27 miliar dolar AS pada tahun 2027 mendatang. Nah, kini sudah saatnya kamu mulai memahami cara produksi live streaming untuk hasil konten dan bisnis lebih optimal.

Creator Class Ala MEA untuk pemula

Yuk mulai jadi content creator dan cuan dari rumah aja! Rahasia suksesnya ada di Sini!

Tapi seperti pada penjelasan sebelumnya, kamu tidak bisa asal melakukannya. Sebab melakukan live streaming tidak akan menjadi sempurna tanpa alat live streaming game yang memadai. Lalu apa aja sih yang wajib kamu siapkan untuk melakukan live streaming game bagi pemula?

Alat Live Streaming Game yang Wajib Dipersiapkan Pemula

Bagi kamu yang masih pemula dalam dunia live streaming game, mungkin masih belum memahami apa saja alat yang kamu butuhkan supaya hasilnya maksimal. Jangan khawatir Sobat MEA, setidaknya ada 10 alat live streaming game yang kamu perlukan bagi pemula agar proses dan live streaming game lancar dan optimal.

1 Komputer/PC atau Laptop

Yang pertama adalah peralatan dasar dan wajib kamu miliki untuk melakukan live streaming game. PC/Laptop berfungsi untuk menggabungkan video game yang anda mainkan dengan video kamu saat live untuk ditayangkan di media broadcast.

Selain itu, PC/laptop juga berfungsi untuk merekam dan memberikan efek pada video kamu. Tapi sebaiknya, gunakan PC/Laptop yang memiliki spesifikasi yang mumpuni, antara lain:

  • Intel Core i3 atau Ryzen 1200 (lebih tinggi lebih bagus)
  • RAM minimal 8 GB
  • GPU minimal seri 1050 
  • Harddisk minimal 1TB

2. Mikrofon Condenser

Mikrofon condenser merupakan mikrofon yang memiliki teknologi membran sensitif dan mampu menangkap suara semaksimal mungkin. Setelah itu, mikrofon berfungsi untuk memproduksi suara sebagai output suara yang detail.

Biasanya mikrofon tersebut akan berfungsi jika kamu hubungkan ke perangkat power gain. Tapi ada beberapa jenis mikrofon condenser yang lebih praktis, tanpa perlu tambahan perangkat tersebut.

3. Headset

Headset menjadi alat wajib dan sangat penting bagi para gamers untuk streaming. Alat ini berfungsi untuk mendengarkan suara dari game yang kamu mainkan. Dengan headset, maka suara terdengar lebih jelas dan kamu lebih fokus memainkan game tersebut.

Alat ini juga berfungsi untuk merekam suara kamu sendiri. Oleh karena itu, pilih headset yang sudah dilengkapi microphone.

4. Kamera

Sebagaimana pada umumnya, kamera berfungsi untuk menangkap gambar supaya penonton dapat melihat wajah dan ekspresi kamu dengan jelas. Jika kamu belum mampu membeli kamera profesional yang mahal, kamu bisa menggunakan 4 kamera yang lebih ekonomis seperti webcam atau kamera lainnya.

5. Lampu dan Green Screen

Dalam live streaming juga dibutuhkan pencahayaan yang menarik. Jangan abaikan! Sebab sangat berguna untuk menghasilkan video yang berkualitas. Oleh karena itu, kamu butuh lampu yang memadai.

Setidaknya kamu membutuhkan tiga buah lampu dari tiga arah, antara lain depan atau atas, kiri dan kanan. Kamu juga bisa menambahkan ring light di depan. Pilihlah ring light yang lengkap dengan dimmer atau pengatur intensitas cahaya.

Sedangkan green screen atau latar hijau berfungsi sebagai latar belakang yang nantinya perangkat lunak akan melakukan seleksi secara otomatis untuk menggabungkan antara gambar muka dengan gambar video.

6. Capture Card

Alat live streaming game selanjutnya yaitu capture card yang berfungsi untuk menangkap gambar game dari Hp, PS4, PC, dan akan memproduksi secara langsung di media broadcast, antara lain YouTube, TikTok, Facebook dan platform lainnya lainnya.

7. Kursi Gaming

Satu hal lagi yang penting bagi gamer adalah kursi gaming. Tidak hanya membuat kamu merasa nyaman, kursi juga mampu meningkatkan nilai dan kualitas kamu sebagai gamer sekaligus streamer. Kursi gaming juga membuat kamu lebih prestisius.

8. Software Streaming

alat software untuk live streaming

Software streaming merupakan bagian alat gamer yang wajib kamu install di komputer atau laptop. Peralatan ini bisa digunakan untuk menggabungkan antara video kamu dengan video game yang sedang kamu mainkan.

Software ini juga akan memberikan efek yang dapat dipakai agar hasil video menjadi lebih menarik. Kamu bisa memilih jenis software untuk streaming, seperti OBS, Game Show, Raptr, MagixYouCast, FFSplit dan lain sebagainya

Jika kamu bingung memilih yang mana, kamu bisa memilih OBS yang merupakan salah satu software yang paling banyak digunakan. OBS dinilai lebih mudah pengoperasiannya, memiliki banyak platform dan memberikan banyak efek.

9. Koneksi Internet

Setiap live streaming pasti membutuhkan koneksi internet yang baik dan stabil. Kamu harus menyediakan koneksi internet yang memiliki kecepatan tinggi dan stabil untuk mendownload maupun mengupload. Oleh karena itu, carilah penyedia jasa internet terbaik di daerah kamu ya, Sobat MEA.

10. Dua Layar Live Streaming Game

Alat streaming game yang  terakhir adalah menggunakan dua layar monitor untuk mendukung proses streaming. Kenapa? Agar lebih fokus memainkan game sembari membuka program pendukung seperti Discord, OBS atau chat.

Hal ini tentu sangat penting dan akan memudahkan kamu dalam bermain game sekaligus mengontrol live streaming. Kamu bisa bermain game mode fullscreen tapi tetap mengontrol live streaming. Sebab jika hanya menggunakan satu layar monitor, tentu saja bisa merepotkan kamu sendiri.

Dapetin banyak followers di TikTok dengan FLKS

Pakai Robotok biar bisa cepat live streaming

Itu dia 10 alat live streaming game yang wajib kamu miliki jika ingin proses dan hasil live streaming game yang optimal dan maksimal. Apalagi jika kamu memiliki keinginan untuk menjadi gamer atau live streamer, tentunya kamu juga ingin sekalian cuan yang sebanyak-banyaknya. Jika kamu menyiapkannya secara maksimal sebelum melakukan live streaming game, maka akan semakin banyak juga orang yang tertarik untuk menonton.

Peluang Karir Live Streaming Game

Berbicara soal live streaming game, banyak platform yang bisa kamu gunakan, antara lain Facebook, Instagram, TikTok, YouTube, dan lain sebagainya. Untuk keuntungannya dari Adsense, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari gift dari penonton yang menyukai live streaming game kamu. 

Selain itu, ada banyak manajemen yang membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin menjadi live streamer. Dengan gabung di suatu manajemen, biasanya selain dari gift, kamu juga bisa mendapatkan gaji mingguan atau bulanan apabila kamu memenuhi SOP dari manajemen tersebut.

Jadi, tertarik untuk menjajaki fitur dan pekerjaan kekinian ini? Jangan lupa lengkapi alat live streaming game terlebih dahulu ya, dan terus asah kemampuanmu dalam bermain game dan berkomunikasi.

Agar kamu terkesan lebih asyik untuk ditonton. Sobat MEA masih belum pede? Tenang, MEA punya kelas spesial buat kamu yang merasa ngga bisa ngomong di depan kamera. Kelas ini bikin kamu jago nyerocos tanpa bikin boncos. Tentunya cocok banget bagi live streaming yang seru dan menyenangkan.

Kelas Jago Nyerocos Bikin Anti Boncos

Join kelas ini biar jago ngomong dan semakin cuan!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.