3 Trik Ampuh Bikin Customer Ketagihan Belanja di Shopee

belanja di Shopee

Menurut riset iPrice pada kuartal I-2022, Shopee, merupakan raja E-commerce di Asia Tenggara dengan total 421 juta pengunjung! Angka ini bukan kebetulan. Banyak sekali fitur yang membuat customer ketagihan belanja di Shopee. 

Fitur-fitur ini bisa seller manfaatkan untuk menaikan omset penjualan. Namun tidak semua orang mengetahui fitur ini apalagi tahu trik memanfaatkan. Sobat MEA jangan sampai jadi seller seperti itu ya! Jadi, yuk baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui fitur apa aja sih yang bikin customer ketagihan belanja di Shopee dan cara memanfaatkannya!

Scarcity Effect

Kalau kamu membuka halaman produk di Shopee, kamu akan melihat jumlah stok yang tersedia. Namun kata yang Shopee pakai bukanlah “8 stok tersedia” melainkan “tersisa 8 stok”. Walaupun terasa simpel, tapi ini efektif banget buat bikin customer segera check out karena takut barang habis. 

Dalam penjualan ini ada teorinya loh, namanya Scarcity effect. Scarcity effect adalah efek psikologi yang bikin produk yang lebih langka jadi punya nilai lebih daripada produk yang memiliki stok berlimpah. Kamu bisa memanfaatkan teori ini di Shopee buat naikin penjualan. 

Rahasianya, jangan stok produk di Shopee banyak-banyak. Stok aja sedikit dulu, kalo udah tinggal dikit, baru tambahin stoknya. Lakuin gitu terus buat bikin customer belanja di Shopee kamu. Perlu seller perhatiin juga produk yang kamu jual. Kalau produk elektronik yang harganya mahal kamu bisa bikin stok kurang dari sepuluh. Kalo produk grosir dengan harga rendah, kamu harus kalkulasiin sama standar pemesanan toko biar orang tetep buru-buru check out tapi masih bisa belanja banyak.

Shopee Mastery

Dapatkan rahasia jualan ratusan juta di Shopee dalam satu kelas.

Social Proof 

Customer sekarang punya karakteristik yang berbeda sama yang dulu. Kalo dulu, klaim bombastis atau pendapat ahli efektif banget buat jual produk, kalo sekarang strategi kaya gitu udah nggak lagi efektif. Customer sekarang lebih percaya sama pendapat orang di sekeliling, mulai dari temen, keluarga, influencer, atau atau bahkan orang di internet.

Fenomena ini disebut social proof. Social proof  adalah kondisi psikologi dan sosial ketika orang meniru perilaku orang lain. Untuk memanfaatkan situasi ini, kamu bisa memanfaatkan fitur review di halaman produk. Pastiin produk dan pengemasan produk kamu terjamin buat bikin customer kasih review positif. Kamu juga bisa ngasih bonus sekecil lolipop biar orang ikutan belanja di Shopee kamu.

Upselling

Pengertian Upselling adalah teknik penjualan untuk membuat customer membeli produk yang lebih mahal, meningkatkan fitur, atau menambah pembelian untuk mendapatkan omset lebih banyak. Teknik ini udah lumrah banget seorang seller atau sales lakuin bahkan sebelum e-commerce populer. 

Teknik ini biasa kamu lakuin di Shopee dengan manfaatin fitur variasi produk di Shopee. Misalnya kamu jual parfum, kamu bisa bikin beberapa variasi mulai dari variasi harum, persentase bibit, sampe variasi bundling biar customer yang belanja di Shopee kamu bisa ngasih omset yang lebih banyak. 

Tiga trik tadi bisa kamu manfaatin biar customer ketagihan belanja di Shopee kamu. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu bisa menerapkannya di toko kamu buat dapetin omset yang lebih tinggi.

You May Also Like

About the Author: farent

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.