Jangan Asal Bikin, Ini Ukuran Gambar TikTok yang Ideal Untuk Postingan!

by Viki
ukuran gambar tiktok

Sobat MEA tentu setuju bahwa TikTok telah menjadi media sosial terpopuler di dunia yang bisa mengalahkan popularitas Instagram, Facebook, hingga Twitter. TikTok sendiri menjadi platform favorit untuk berbagi video pendek yang menghibur. Sehingga nggak heran jika kemudian banyak content creator baru bermunculan. Tapi ada aspek penting yang perlu dipahami sebelum berkarya yaitu ukuran gambar TikTok (thumbnail) yang ideal.

Meski sepele, nyatanya gambar TikTok yang tepat dapat membuat kontenmu lebih efektif dalam memikat penonton. Sebagaimana umumnya, penonton akan melihat thumbnail terlebih dahulu saat hendak menonton video melalui profil pengguna. Kurang lebih cara kerjanya sama seperti YouTube. Maka dalam artikel ini, MiMe kan menjelaskan mengenai ukuran gambar TikTok yang ideal dan cara optimasi akun TikTok secara keseluruhan.

Pentingnya Ukuran Gambar TikTok yang Ideal

Mau Tahu Cara Jualan di Sosial Media yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Dalam menentukan ukuran gambar TikTok atau thumbnail nggak bisa sembarangan. Karena thumbnail bisa menjadi peluang pertama untuk menarik perhatian audiens. Jadi pastikan gambar harus sesuai dengan ukuran yang benar agar tidak terpotong atau terdistorsi.

Selain itu, ukuran yang tepat pada thumbnail juga dapat membantumu menghindari potongan gambar yang kurang menarik, meningkatkan keterlibatan audiens, brand awareness hingga menciptakan identitas merek yang kuat di TikTok. Sehingga bisa dibilang, gambar TikTok dengan ukuran yang sesuai berperan penting dalam personal branding dan bisnis. 

Berapa Ukuran Gambar TikTok yang Tepat?

Ingin Video TikTok Lebih Ciamik Tanpa Panik?

Serahkan saja video berkualitasmu pada tim pembuatan video TikTok MEA! Biar kami yang atur strategi dengan teknik yang handal dan alat canggih yang lengkap!

Setelah memahami seberapa penting ukuran gambar untuk TikTok, perlu Sobat MEA pahami juga bahwa TikTok memiliki beberapa jenis postingan seperti TikTok Feed dan TikTok Story. 

Artikel Terkait  Cara Menambah Like TikTok Tanpa Aplikasi. Langsung Praktik!

TikTok pun telah mengatur spesifikasi iklan sesuai dengan tempat iklan akan ditempatkan mulai dari komposisi iklan, rasio aspek, resolusi gambar, jenis file, dan durasi iklan. Dalam hal ini, artinya setiap jenis postingan TikTok memiliki ukuran yang berbeda-beda. 

Singkatnya,sama seperti ukuran video TikTok, ada perbedaan ukuran gambar yang disesuaikan dengan jenis postingan. Nah berikut ini adalah beberapa ukuran gambar TikTok yang umum digunakan untuk Feed dan Story, antara lain:

1. TikTok Feed

  • Rasio aspek yang disarankan adalah 9:16, 1:1, atau 16:9.
  • Resolusi mencakup 720 x 1280 piksel dan 1280 x 720 piksel.
  • Ukuran file kurang dari 50 KB.
  • Jenis file harus PNG, JPEG, atau JPG.

2. TikTok Story

  • Rasio aspek yang disarankan adalah 16:9 atau 1:1
  • Jenis file sama dengan gambar feed
  • Tidak ada batasan pada resolusi gambar, tapi sebaiknya di atas 720×1280 piksel.
  • Ukuran file kurang dari 50 KB.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa gambar TikTok yang benar memiliki ukuran rata-rata 720 x 1280 dan 1280 x 720 piksel dengan rasio aspek 9:16, 16:9, dan 1:1 baik untuk TikTok Feed maupun TikTok Feed. Hanya saja, penting untuk memastikan gambar thumbnail terlihat bagus dan tidak terpotong atau terdistorsi. 

4 Tips Membuat Gambar TikTok yang Menarik

Ingin Bikin Audiens Lebih Tertarik dengan Videomu?

Gambar TikTok aja gak cukup! Saatnya boost juga dengan Robotok, auto nge-TOP!

Eits, mengetahui ukuran gambar TikTok saja nggak cukup. Ternyata ada beberapa tips penting yang perlu Sobat MEA terapkan dalam membuat gambar TikTok, antara lain:

1. Gunakan Gambar yang Relevan

2. Tambahkan Teks yang Menarik

Jika memungkinkan, Sobat MEA juga bisa menambahkan teks yang menarik atau judul singkat pada gambar untuk memberitahu audiens tentang video yang ingin ditampilkan.

3. Pilih Gambar yang Jelas

Sobat MEA juga perlu memilih gambar yang jelas dan menarik yang mencerminkan isi video. Gambar yang jelas berpotensi besar menarik audiens lebih banyak. 

4. Konsisten dengan Merek

Jika Sobat MEA memiliki merek atau gaya yang dikenali oleh audiens, pertimbangkan untuk mempertahankan elemen-elemen tersebut dalam gambar TikTok. 

Nah, itu dia penjelasan mengenai ukuran gambar TikTok yang tepat beserta tips pentingnya. Dengan menerapkan ukuran dan tips tersebut, akan membantumu meningkatkan kualitas gambar TiKTok dan menjadikannya strategi yang lebih efektif dalam menarik perhatian penonton. Jadi, pastikan untuk memberikan perhatian khusus pada gambar TikTok saat membuat konten di platform ini. Selamat berkarya!

You may also like

Leave a Comment