Tutorial Simpel Cara Mengedit Video yang Lagi Viral di TikTok

Cara Mengedit Video yang Lagi Viral di Tiktok

Cara Mengedit Video yang Lagi Viral di Tiktok – Membuat konten TikTok yang kreatif dan menarik adalah tantangan setiap konten kreator. Semua orang berlomba-lomba agar video yang mereka buat tidak hanya tembus FYP, tapi bisa tembus ke platform lain. Tidak jarang video di TikTok di repost ulang ke aplikasi sosial media lain seperti Instagram atau Twitter. Bahkan, beberapa konten menarik pun tidak jarang sampai muncul ke televisi.

Kok bisa ya? Kira-kira gimana sih caranya?

Salah satunya adalah dengan mengikuti tren dan challenge yang ada. TikTok tidak pernah kehabisan trend dan challenge ya sobat MEA. Selalu ada hal baru baik dari sounds maupun tarian yang menjadi trend atau challenge. Jika kamu adalah konten kreator TikTok, kamu wajib banget tahu tentang hal-hal baru tersebut. Apalagi jika kamu memasarkan sesuatu disana.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan ke kamu cara mengedit video yang lagi viral di TikTok biar kamu bisa langsung praktekin dan posting ke TikTok. Ada dua trend transisi yang bakal kami ajarkan buat kamu. Kami akan menjelaskan dari cara dan proses shooting hingga editing biar video kamu mulus. Iya, baik banget kami mah.

I’m So Pretty Challenge

Challenge ini menggunakan sound dari lagu “I’m So Pretty And He Like That” dari Kato dimana biasanya digunakan oleh para konten kreator untuk menunjukkan wajah asli tanpa riasan, kemudian di satu titik mereka akan menunjukkan transformasi pada wajah dan pakaian mereka. Kamu juga pasti udah nggak asing dengan challenge ini dong?

Untuk membuat challenge ini, kamu membutuhkan dua jenis pakaian dan make-up karena akan menampilkan before-after penampilan kamu. Takut bakal ribet karena perlu ganti baju segala? Gampang kok! Yuk ikuti cara mengedit video yang lagi viral di TikTok di bawah ini:

  1. Untuk proses shooting yang pertama adalah kamu menyiapkan diri dengan memakai baju biasa. Cukup kaos atau piyama misalnya. Kemudian, buka aplikasi TikTok di HP kamu, klik “+” lalu klik Timer
  2. Set Recoreder Limit sampai 5.3 detik biar bisa pas sama lagunya
  3. Atur timer yang tersedia 3 detik dan 10 detik sesuai kebutuhan kamu. Fungsi dari memasang timer ini adalah kamu memiliki waktu untuk siap-siap seperti mengambil posisi
  4. Kemudian klik Start shooting
  5. Kamu bisa memulai dengan meletakkan tanganmu di depan kamera, tarik lagi, dan begitu seterusnya sesuai dengan ketukan dan kecepatan sound.
  6. Ketika lagu sudah selesai, kamu bisa ganti baju dan menambahkan make-up.
  7. Ulangi tahapan nomor 2 sampai nomor 4, dan awali shoot videomu dengan meletakkan tangan dan menutup kamera.
  8. Pose semenarik mungkin sampai lagu selesai. Daaaann, proses shootingmu sudah selesai!
  9. Selanjutnya adalah proses editing yang tujuannya agar videomu pas dengan sound yang kamu gunakan. Yang pertama adalah klik Speed
  10. Kemudian kamu bisa trim durasi video yang menurutmu kepanjangan. Bisa di awal video maupun di akhir video
  11. Lihat hasilnya dan kalau udah pas, bisa langsung kamu klik save
  12. Gampang banget, kan!!

Cara mengedit video yang lagi viral di TikTok ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai peluang dalam mempromosikan jualan kamu loh! Bisa produk make-up, skincare, baju, sepatu, aksesoris, dan lain sebagainya!

Jadi, kapan kamu mau nyobain cara mengedit video yang lagi viral di TikTok ini? 

Yakin Gak Mau Videomu Viral dan Masuk FYP Terus ?

Gabung disini di kelas TikTok online disini kamu akan di ajarkan secara gratis sampai bisa edit video kamu

Hair Flip Transition

Untuk mengetahui cara mengedit video yang lagi viral di TikTok satu ini, kamu juga membutuhkan dua jenis baju seperti di I’m So Pretty Challenge. Kalau untuk dandanannya? Oh sama juga seperti cara di atas. 

Bedanya, karena transisi ini berjudul hair flip, jadi salah satu syaratnya adalah memiliki rambut panjang. Tapi kalau kamu berambut pendek, kamu tetap bisa nyobain transisi ini, kok! Cukup kamu turunkan lagi rambutmu agar bisa menutupi wajah.

Penasaran? Ini dia tahap-tahapannya:

  1. Siapkan diri kamu dengan menggunakan kaos atau baju biasa. Posisikan badan kamu, bisa duduk atau berdiri, senyaman kamu. Dan ada yang perlu diingat nih, kamu perlu menandai tempat kamu berdiri agar nanti ketika pengambilan video yang kedua, kamu bisa berada di tempat yang sama.
  2. Buka aplikasi TikTok, klik “+” lalu klik Timer
  3. Set Recoreder Limit sesuai yang kamu mau. Bisa 7 detik misalnya.
  4. Atur timer yang tersedia. Kami sarankan kamu memasang timer selama 10 detik agar kamu bisa mempersiapkan posisi duduk atau berdiri.
  5. Kemudian klik Start shooting
  6. Kamu bisa mulai joget, atau apapun itu di tempat yang sudah kamu tentukan tadi. Terus mendekati detik ketujuh, kamu mulai turunkan kepalamu agar rambut menutupi wajah.
  7. Setelah itu, ganti baju dan gunakan make up untuk shoot video kedua.
  8. Posisikan badanmu sesuai dengan posisi ketika pengambilan video yang pertama. Klik Timer dan atur waktu. Misal kamu set sampai detik ke 10, melanjutkan video awal.
  9. Posekan kepalamu seperti pose terakhir di video pertama. Kemudian gerakkan kepalamu sehingga wajahmu yang tadinya tertutup rambut menjadi terlihat.
  10. Berpose sesuai yang kamu mau.
  11. Selesai deh.
  12. Selanjutnya adalah proses editing yang bisa dilakukan dengan mengikuti tahapan dari nomor 9 sampai nomor 11 di I’m So Pretty Challenge.
  13. selesai!!

Gampang banget kan sobat MEA?

Kamu bahkan bisa langsung mencobanya sekarang juga, loh!

Kami memiliki banyak sekali tips dan tutorial cara mengedit video yang lagi viral di TikTok seperti ini. Pastinya kamu nggak mau kelewatan dong? Ikuti Kelas Online kamu biar kamu selalu dapet update tentang cara bikin video viral di TikTok!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *