Mau Cepat Viral? Ini 5 Tren Konten Instagram 2024 yang Wajib Diikuti!

by Viki
tren konten instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang paling populer yang biasa digunakan berbagi momen, berjejaring, dan berkreasi secara visual. Kini Instagram pun memiliki pengguna yang mencapai 1 miliar dari seluruh dunia. Selain fiturnya yang beragam, popularitas Instagram tentu tidak lepas dari tren konten Instagram yang terus bermunculan dan digemari oleh penggunanya. 

Bagaimana tidak? Dengan mengikuti tren IG, siapapun mendapatkan potensi bisnis dan popularitas akun. Terlebih, tren IG dapat mendongkrak performa digital marketing yang tentunya penting untuk personal branding maupun perkembangan bisnis. 

Dan dalam artikel ini, MiMe akan membagikan apa saja tren konten Instagram yang tengah berkembang di tahun 2024 ini yang mampu mendongkrak performa akun. Yuk simak selengkapnya!

Table of Contents

Mengapa Tren Konten Instagram Penting?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Perlu diketahui, penggunaan Instagram semakin marak terjadi di seluruh dunia. Bahkan menurut laporan We Are Social, Indonesia memiliki sekitar 104,8 juta pengguna Instagram per oktober 2023. Lebih tepatnya, Indonesia merupakan 5 negara besar dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia. 

Sehingga tidak heran jika potensi Instagram semakin meningkat bagi content creator dan pebisnis yang ingin eksis secara online. Hanya saja, cara kerja Instagram terkadang bergantung pada tren konten yang sedang berlangsung. Algoritma Instagram juga akan menampilkan tren yang diikuti pada halaman explore di aplikasi. 

Tapi tren ini selalu mengalami pergantian di setiap waktu atau musim. Oleh karena itu, Sobat MEA harus menjadi up to date terhadap perkembangannya. Terutama pada pergantian tahun 2024 ini. Tentu ada perbedaan tren yang terjadi.

5 Tren Konten Instagram yang Viral 2024

Mau dapat cuan extra dari Shopee Affiliate?
Yuk gabung ke MCN MEA dan dapatkan komisi extra dan sampel gratis sekarang juga!

Nah, setelah memahami tentang Instagram dan bagaimana tren bekerja bagi akun dan bisnismu, maka saatnya Sobat MEA mengetahui informasi mengenai tren konten Instagram terbaru yang patut diikuti di tahun 2024. Yuk, simak ada apa saja sih!

1. Meme Video

Meme memang sudah lama digunakan di berbagai media sosial. Tapi Meme Video seperti tak terlekang oleh waktu, justru konten yang memadukan Reel Meme dengan audio sedang viral dan memberikan suasana baru yang menghibur dan menyegarkan. 

Dalam penggunaannya, pastikan Sobat MEA tetap menyelaraskan konten Meme dengan brand image. Untuk hal ini, Sobat MEA bisa memposting Meme Video yang relevan dengan pesan yang ingin disampaikan sambil menunjukkan sisi bisnismu. 

Jika Sobat MEA melakukannya dengan tepat, tren ini dapat menghasilkan banyak keterlibatan positif, bahkan hal ini dapat memposisikan akunmu sebagai hal yang relevan bagi audiens. 

2. Photo Dump

3. Postingan Teks

Meskipun tampilan visual menjadi tokoh utama di Instagram, nyatanya postingan teks juga sedang berkembang. Postingan teks ini bisa dibuat menjadi gambar statis atau rangkaian flip-through dalam bentuk carousel.

Untuk tren ini, Sobat MEA dapat memposting konten statistik, daftar, tips n trick, petunjuk, kutipan, pengumuman, testimoni pelanggan, dan masih banyak lagi. Tapi pastikan Sobat MEA sudah mengemasnya secara minimalis dan relevan dengan niche akun. 

Pastikan juga Sobat MEA menggunakan bahasa dan kata-kata yang sederhana saja agar tidak membuat audiens merasa bosan atau kesulitan dalam memahaminya. Hal ini dinilai dapat memicu percakapan dengan audiens yang melihatnya. 

4. Product Launching

Sedangkan tren selanjutnya cocok bagi Sobat MEA yang memiliki produk baru. Sobat MEA tentu butuh perilisan yang memikat, bukan? Sobat MEA bisa membagikan gambar produk baru dengan petunjuk halus, cuplikan di balik layar, atau pesan samar. 

Jangan salah, konten Product Launching ini dapat menjadi strategi yang efektif untuk membuat audiens semakin penasaran dengan apa yang akan terjadi selanjutnya. Selain itu, Sobat MEA juga perlu menciptakan kisi-kisi seputar produk sebelum peluncuran resmi untuk membangkitkan minat dan permintaan awal.

5. Collab Post

Akhir-akhir ini, Influencer Marketing menjadi salah satu strategi promosi yang banyak dilakukan oleh akun bisnis. Dengan mengandalkan jumlah pengikut yang besar dari seorang Influencer, ternyata ini dapat membawa kekuatan promosi yang menguntungkan untuk bisnis yang sedang digencarkan.  

Sobat MEA tentu menyadari bahwa banyak orang yang akan mengikuti saran atau favorit orang yang diidolakan dan dipercayai. Itulah mengapa Sobat MEA pun perlu mencoba promosi menggunakan influencer tertentu melalui Instagram Collab Post. 

Tapi perlu diingat, pastikan Sobat MEA memilih influencer terpercaya dan memiliki impact yang bagus bagi bisnis. Pastikan juga influencer tersebut juga relevan dengan niche bisnis agar hasilnya lebih tepat sasaran dan berdampak baik bagi bisnismu. 

Nah, itu dia rekomendasi tren konten Instagram 2024 yang perlu diketahui dan patut diikuti. Ingat, tren konten ini tidak selamanya berlaku. Bahkan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Oleh karena itu, pastikan Sobat MEA selalu update terhadap perkembangan tren dan selalu lakukan riset pasar untuk mendapatkan konten yang berhasil bagi bisnismu di Instagram. 

You may also like

Leave a Comment