Apa itu Influencer? ini Jenis Influencer dan Beragam Sebutannya

apa itu influencer

Di dunia digital hari ini, kita sangat akrab dengan media sosial. Adanya media sosial kemudian memunculkan pekerjaan-pekerjaan baru yang nggak terpikirnya sebelumnya. Salah satu jenis pekerjaan yang terkenal adalah influencer. Emang apa itu influencer? Bagaimana cara mereka menghasilkan uang?

Sobat MEA yang sering aktif bermain media sosial pasti sudah nggak asing dengan istilah ini. Influencer sangatberperan dalam sebuah bisnis digital. Untuk itu, kita akan membahas secara mendalam. Dari mulai penjelasan, jenis-jenis dan istilah-istilahnya. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Influencer?

Mau dapat template video reels dan YouTube Shorts viral?

Buruan gabung Kelas TikTok MEA!

Menurut sumber, artis media sosial adalah figur yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan pembelian banyak orang karena otoritas, pengetahuan, posisi atau hubungannya dengan audiens. Dalam dunia digital marketing, Influencer sendiri adalah mereka yang bisa mempengaruhi seseorang untuk ikut membeli produk atau memakai jasa tertentu.

3 Jenis Influencer

Jadi TikTokers terkenal sekarang bukan mimpi

Pelajari secara konsisten Kelas Top Creator TikTok sekarang juga!

Semakin meluas dan masifnya penggunaan media sosial membuat ada banyak jenis-jenis kreator yang biasa digunakan dalam bisnis digital. Nah berikut ini adalah 3 jenis artis yang ada di media sosial. Nah berikut adalah jenis-jenisnya;

Mega Influenser

Produksi konten media sosial itu nggak susah

Yuk belajar langsung dari Ihsan Bangsawan di Kelas Sosial Media Manajemen MEA

Mega influencer biasanya adalah orang-orang yang memiliki jutaan followers dan diketahui oleh sebagian besar oleh masyarakat. Salah satu yang terkenal di Indonesia antara lain Deddy Corbuzier, Raffi Ahmad sertai artis-artis lain yang memang sudah sering tampil di layar kaca.

Makro Influenser

Kreator-kreator yang besar lewat media sosial tertentu termasuk pada jenis ini. Mereka memiliki jutaan followers dan umumnya audiens mereka begitu spesifik. Kreator makro bisa meliputi seorang gamers, komedian maupun seorang musisi.

Mikro Influenser

Nah para konten kreator yang baru mulai dan masih merintis, biasanya disebut artis mikro . Sobat MEA pasti pernah melihat beberapa orang yang baru memiliki puluhan ribu followers namun sudah mendapatkan endorse. Nah biasanya brand juga menyasar mikro kreator untuk mempromosikan produk atau jasanya.

Istilah Kreator Sesuai Media Sosial

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, Sobat MEA tentu harus mengetahui apa aja sih istilah-istilah lain untuk menyebut influencer. Istilah ini berbeda pada setiap media sosial. Nah berikut ini adalah beberapa istilah influencer sesuai media sosial;

  • Blog/Website: Blogger
  • Twitter: Selebtwit
  • TikTok:¬†TikTokers/Seleb TikTok
  • Instagram: Selebgram
  • YouTube: YouTuber
  • Facebook: Influencer Facebook
  • dan masih banyak lainnya.

Itulah penjelasan mengenai kreator dan istilah-istilahnya. Nah setelah tahu istilah ini, jika ada yang bertanya apa itu influencer Instagram atau TikTok, Sobat MEA sudah bisa menjawabnya. Wkwk~

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.