Arti Engagement di Instagram dan 5 Cara Meningkatkannya. Mudah Loh!

arti engagement di instagram

Sebagai pengguna sosial media, pasti Sobat MEA sudah nggak asing dengan kata ‘engagement’. Dalam bisnis online sendiri, meningkatkan engagement adalah salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan bisnis itu sendiri. Nah Sobat MEA harus mengetahui apa arti engagement di Instagram, TikTok maupun media sosial lain.

Beberapa dari Sobat MEA mungkin sudah memahami arti engagement di Instagram. Namun nggak sedikit juga Sobat MEA yang belum memahami secara penuh istilah yang satu ini? Lantas apa itu engagement di Instagram? Lalu apa saja manfaat engagement Instagram ini? Bagaimana sih cara menghitung dan meningkatkannya? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, yuk simak aja  selengkapnya di  artikel ini!

Table of Contents

Apa Arti Engagement di Instagram?

Selalu dapat update tips jualan di Instagram terbaru
Yuk gabung di Komunitas Seller Sosial Media MEA sekarang juga

Melansir laman RedComm, arti engagement di Instagram adalah jumlah interaksi pada unggahan Sobat MEA di Instagram, seperti berapa banyak yang sudah melihat, like, komen, share, bookmark, dan aktivitas lainnya di Instagram. 

Arti engagement di Instagram juga menunjukkan perbandingan antara jumlah interaksi dengan pengikut akun Sobat MEA. Dengan adanya engagement ini, Sobat MEA jadi bisa mengetahui tingkat efektivitas unggahan yang bisa menarik lebih banyak interaksi dengan pengikut atau pengguna Instagram lainnya.

Semakin tinggi tingkat engagement-nya, maka semakin tinggi pula visibilitas akun Sobat MEA. Dengan begitu Sobat MEA bisa meningkatkan interaksi dan penjualan.

Mengapa Engagement di Instagram Itu Penting?

Mau engagement Instagram kamu makin naik dan jadi konversi?
Serahkan ke tim profesional jasa kelola Instagram MEA aja!

Engagement Instagram bisa Sobat MEA gunakan sebagai tolak ukur kualitas akun. Jika engagement-nya rendah, maka arti engagement di Instagram itu sendiri belum disukai oleh pengikut. Dengan kata lain, konten yang Sobat MEA buat belum bisa menyentuh sisi emosional dan kebutuhan dari pengikut atau konsumen. 

Sedangkan jika tingkat engagement-nya tinggi, itu artinya Sobat MEA sudah menemukan gaya dan tipe konten yang disukai oleh konsumen. Bahkan hal ini juga menunjukkan bahwa akunmu telah menjangkau pasar yang luas (Reach). Secara tidak langsung produk yang dijual berhasil dikenali oleh konsumen (brand awareness).

Sehingga bisa dibilang, engagement Instagram merupakan tampilan perbandingan antara jumlah interaksi dengan jumlah pengikut akun. Hal ini juga menunjukkan kualitas akun itu sendiri, seberapa potensialkah akun IG tersebut untuk bisnis. 

Cara Cek Engagement Rate Instagram

Setelah mengetahui arti engagement di Instagram dan manfaatnya, kami akan membagikan cara cek engagement rate akun Instagram Sobat MEA. Untuk mengetahuinya dibutuhkan perhitungan engagement itu sendiri. Tapi tenang, Sobat MEA nggak perlu cara manual ataupun rumus. Cukup membuka fitur Insight pada menu Instagram untuk melihat performa akun.

Tingkat engagement yang bagus sendiri berkisar antara 0,04% – 16%. Jaraknya cukup luas, bukan? Persentase ini bisa membantu Sobat MEA untuk menggunakan jenis konten apa yang lebih disukai oleh audiens, sehingga Sobat MEA bisa membuat konten sejenis dengan variasi yang lebih menarik perhatian dan mengikuti trend agar engagement semakin naik.

Namun, fitur insight sendiri hanya menyediakan data, dan Sobat MEA tetap harus mengetahui rumus menghitung engagement rate agar angkanya lebih tepat. Untuk menghitung engagement rate, bagi angka reach account dengan angka account engage x 100

Contoh, jika Sobat MEA punya 300 account reached dan 3200 account engage, maka perhitungannya antara lain 300/3200 x 100 = 9,37% engagement rate.

5 Cara Meningkatkan Engagement di Instagram

arti engagement di Instagram

Setelah mengetahui bagaimana cara menghitung engagement rate, Sobat MEA juga harus mengetahui bagaimana sih cara meningkatkan engagement di Instagram. Nggak perlu khawatir, berikut ini adalah 5 tips meningkatkan engagement rate Instagram yang bisa Sobat MEA aplikasikan. Yuk langsung simak aja!

1. Ketahui Target Audiens

Untuk membuat konten yang relatable, Sobat MEA harus mengetahui kebutuhan audiens. Sesuaikan unggahan dengan jenis kelamin, usia, pekerjaan, penghasilan, selera, dan spesifikasi lainnya agar bisa menarik audiens.

Jika unggahan sesuai dengan kerisauan audiens, maka mereka akan meninggalkan interaksi seperti like dan komen tanpa diminta. Dengan begitu, tingkat engagement unggahan akan meningkat.

2. Buat Konten yang Menarik

Jika sudah mengetahui target audiens, Sobat MEA akan semakin mudah untuk membuat jenis konten. Kontennya pun beragam, mulai dari hardselling, soft selling, drama, story telling, give away, game, dan lainnya. 

Pastikan Sobat MEA juga aktif berinteraksi dengan audiens yang bisa dilakukan dengan cara membalas komentar pada unggahan Sobat MEA. Hal ini akan membuat audiens merasa didengarkan oleh Sobat MEA sebagai pemilik produk dan akun.

3. Gunakan Hashtag

Jika Sobat MEA masih menganggap bahwa penggunaan hashtag nggak penting dalam meningkatkan arti engagement di Instagram, maka Sobat MEA perlu buang jauh-jauh pemikiran tersebut. Pasalnya algoritma Instagram sangat bergantung pada hashtag, nggak seperti algoritma TikTok yang merekomendasikan konten secara organik pada audiens-audiens yang relevan.

Hashtag bisa mempermudah audiens menemukan produk dan akun Sobat MEA. Semakin mudah produk untuk ditemukan oleh audiens, maka semakin meningkat pula engagement-nya.

4. Unggah Konten Secara Konsisten

Konsistensi unggahan konten juga bisa mempengaruhi arti engagement di Instagram, loh. Jika Sobat MEA rutin mengunggah konten, maka audiens juga akan mendapatkan lebih banyak informasi mengenai produk. 

Nah Sobat MEA bisa membuat konten berupa fun fact, tips, edukasi, game, dan konten lainnya agar unggahan nggak soal jualan mulu. Hal ini karena audiens akan bosan jika hanya diberikan konten jualan secara terus-menerus.

5. Upload Konten di Waktu Terbaik

Percaya nggak percaya, waktu atau jadwal upload konten Instagram juga mempengaruhi tingkat engagement loh. Tingkat interaksi dengan audiens saat Sobat MEA mengunggah konten di hari Senin pukul 9 pagi akan berbeda dengan mengunggah konten di hari Jumat pukul 7 malam. 

Hal ini karena banyak pengguna Instagram yang sibuk bekerja di Senin pagi. Sedangkan pada Jumat malam, banyak pengguna Instagram yang sedang bersantai sambil scrolling Instagram karena sudah waktunya mereka beristirahat dan memanjakan diri di dunia maya. Untuk itu pastikan Sobat MEA mengetahui jam dan waktu yang tepat, ya.

Sekian pembahasan tentang arti engagement di Instagram, manfaat, cara menghitung, hingga cara meningkatkannya. Kepoin artikel lainnya seputar tips jualan di Instagram hanya di sini!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.