Tips Iklan di Facebook Agar Tidak Kena Ban

by Fanny
tips iklan di facebook

Tips Iklan di Facebook – Membuat iklan tentunya memerlukan suatu aturan atau panduan agar iklan tersebut tidak mengandung isi atau konten yang menyinggung dan berbahaya. Jika tidak ada aturan khusus, tentunya akan mempermudah orang-orang yang menjual barang berbahaya dan terlarang bukan? Bayangkan jika orang-orang yang menjual senjata dan obat-obatan terlarang dapat menjualnya dengan bebas.

tips iklan di facebook

Begitu juga dengan membuat iklan di Facebook, ada banyak aturan dan regulasi yang harus sobat MEA penuhi agar bisa menayangkan iklan di Facebook. Tidak seperti sebelumnya yang aturannya tidak terlalu ketat, peraturan membuat iklan di Facebook saat ini jauh lebih ketat. Hal ini membuat sobat MEA harus pintar-pintar memutar otak untuk membuat iklan. Kalau tidak sesuai dengan aturan Facebook? Siap-siap iklan sobat MEA harus kena ban. Imbasnya? Iklan jadi nggak bisa jalan lagi, deh. Bahkan bisa sampai harus bikin akun baru lagi demi bisa pasang iklan Facebook!

Ribet? Tidak perlu khawatir karena kami bakal memberi sobat MEA beberapa tips iklan di facebook dan cara agar sobat MEA dapat mencegah terjadinya iklan kena ban. 

Apa itu Ads Manager Error di iklan Facebook Dan Tips Iklan di facebook

Sebelum kami membahas lebih jauh, kami bakal jelasin beberapa hal dasar dulu nih.

Jika sobat MEA sudah terbiasa memasang iklan di Facebook hingga iklannya kena ban, pasti sebel banget kan kalau mendapatkan AME alias Ads Manager Error. Kalau akun sobat MEA mengalami AME, berarti akun sobat MEA dicurigai oleh Facebook karena melakukan tindakan yang mencurigakan yang biasanya disebabkan oleh 2 hal:

  • Iklan yang salah. Iklan yang salah ini maksudnya adalah iklan yang dibuat atau ditayangkan oleh sobat MEA tidak relevan dengan produk dan sasaran/target iklan. Bisa juga disebabkan karena iklan melanggar aturan dari Facebook.
  • Administrasi kurang lengkap. Jika kelengkapan data diri dan data bisnis tidak lengkap sejak awal, siap-siap sobat MEA tidak bisa mengharapkan iklan agar berjalan lama. 

Penyebabnya terlihat sepele sekali bukan? Persiapan sebelum membuat Facebook Business Manager juga tidak ribet kok. Jadi, sobat MEA bisa menghindari iklan kena ban dari awal.

Jago ngiklan di Facebook bersama kami!

Rahasia tentang cara ngiklan hingga dapetin winning campaign bakal kami bagi semuanya ke kamu!

Yang perlu dipersiapkan sebelum memasang iklan Facebook

Ini dia beberapa hal yang harus sobat MEA siapkan sebelum memasang iklan di Facebook. 

  1. Verifikasi KTP

Melakukan verifikasi Kartu Tanda Penduduk ini penting untuk dilakukan agar sistem dari Facebook mengetahui bahwa sobat MEA ini nyata. Karena tidak sedikit orang yang melakukan penipuan dan terkena penipuan jual-beli barang dengan orang palsu yang tidak jelas identitasnya. Untuk itu, melakukan verifikasi KTP adalah langkah tepat yang dilakukan oleh Facebook untuk menghindarkan sobat MEA dari penipuan yang tidak perlu. Data sobat MEA juga dijamin aman kok, jadi tidak perlu takut NIK-nya akan digunakan secara sembarangan, apalagi untuk pinjol, hehe.

2. Verifikasi domain

Jika sobat MEA adalah iOS user, maka sobat MEA perlu mengupdate iOS 14 dimana nantinya sobat MEA wajib melakukan verifikasi domain di Facebook Business Manager. Tujuan dari melakukan verifikasi domain adalah untuk menunjukkan bahwa sobat MEA terhubung secara langsung dengan bisnis yang sobat MEA miliki. Bagaimana jika tidak melakukan verifikasi domain? 

Jika tidak, nanti iklan dan akun bisnis sobat MEA akan lebih mudah kena ban. Selain itu, konversi dari iklan tersebut tidak akan terbaca. Jadi, nanti isi dashboard iklan facebook sobat MEA isinya kosong. Sobat MEA tidak akan bisa mengetahui iklan tersebut dilihat berapa kali, berapa banyak orang yang mengklik iklan, berapa banyak orang yang masuk ke LP, hingga berapa biaya iklan per-klik-nya. Jadi, sobat MEA juga kehilangan kesempatan untuk melakukan evaluasi iklan.

3. Isi informasi bisnis

Jangan lupa untuk melengkapi informasi bisnis sobat MEA seperti nama, alamat, jenis bisnis, dan informasi lainnya agar semakin jelas dan tidak di ban karena informasi yang kurang.

Jualan di Instagram?

Harus tau juga ilmunya biar makin laris. Yuk daftar ke Kelas Instagram!

4. Menentukan peristiwa konversi

Peristiwa konversi dalam iklan Facebook adalah peristiwa yang mewakili aktivitas yang telah selesai dan penting bagi bisnis soba MEA. di iOS 14, sobat MEA hanya boleh menggunakan maksimal 8 peristiwa konversi untuk optimalisasi kampanye konversi. Bagaimana dengan peristiwa konversi lain? Apakah terus jadi dinonaktifkan?

Tentu tidak dong, 8 pixel event atau 8 peristiwa konversi ini bertujuan untuk mengoptimalisasi sebuah iklan. Jadi, sobat MEA tetap bisa melihat dashboard dan memperhatikan perkembangan dari pixel even lain.

Selanjutnya, dari  pixel event tadi, sobat MEA juga akan diminta untuk menentukan prioritas event. Nah ini bisa dilakukan dengan sobat MEA menyusun mana prioritas tertinggi dari 8 pixel event tadi, kemudian diurutkan hingga pixel event yang terendah. Urutan prioritas ini nantinya akan digunakan untuk atribut iklan dari Apple.

5. Memenuhi Facebook Ads Policy

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di awal, salah satu alasan kenapa iklan sobat MEA bisa kena ban adalah karena tidak memenuhi atau melanggar peraturan iklan dari Facebook. Contohnya, Facebook melarang bentuk iklan yang menunjukkan before-after. Misalnya saja sobat MEA menjual skincare, kemudian sobat MEA membuat iklan seperti, “Dengan menggunakan krim ini, kulit kusam kamu bisa jadi cerah merona cuma dalam satu minggu saja!”

Cukup satu kalimat saja dan sobat MEA sudah melanggar 2 aturan iklan. Yang pertama adalah menunjukkan before-after, yaitu dari kulit kusam menjadi cerah merona. Yang kedua adalah overpromising, atau terlalu menjanjikan, yaitu bisa mendapatkan apa yang diinginkan hanya dalam waktu 1 minggu saja setelah pemakaian.

Tidak hanya di copywriting, jika sobat MEA memasukkan video dalam iklan dan terlalu menunjukkan wajah atau bagian tubuh tertentu, maka iklan sobat MEA juga bisa kena ban. Hal ini dikarenakan sistem Facebook menilai bahwa iklan sobat MEA tidak menunjukkan produk dengan jelas dan malah menunjukkan efek atau hasil dari produk tersebut. Hampir mirip kasusnya dengan penulisan iklan yang overpromising.

Lebarkan sayap bisnis bersama kami!

Agensi kami menyediakan jasa managemen untuk membantu kamu mengelola bisnis agar semakin besar!

Nggak susah kan?

Sobat MEA tidak perlu khawatir soal iklan kena ban jika dari awal sobat MEA sudah lengkap mengisi persyaratan dan melakukan verifikasi KTP dan domain. Selain itu, sobat MEA tinggal perlu belajar mengenai Facebook Ads Policy untuk tahu lebih detail apa saja yang dilarang oleh Facebook ketika memasang iklan.

Sobat MEA juga bisa belajar lebih banyak dan lebih detail mengenai iklan Facebook dengan mengikuti update artikel dari kami. Atau, sobat MEA bisa konsultasi langsung kepada Coach ahli dengan bergabung ke Kelas Facebook dan Instagram di Komunitas MEA. Yuk gabung sekarang juga dan dapatkan tips iklan di facebook dan winning campaign di Facebook!

You may also like

Leave a Comment