Begini Cara Menjadi Star Seller Shopee, Dari Biaya Admin, Syarat Sampai Manfaat

star seller Shopee

Berjualan lewat marketplace Shopee sedang diminati oleh para pebinsis seluruh Indonesia. Shopee memang terkenal sebagai salah satu marketplace yang memberikan fitur dan keuntungan bagi para penjual. Salah satunya adalah dengan memberikan penjual badge Star Seller Shopee.

Sobat MEA yang sering belanja atau mungkin sudah lama berjualan pasti tahu mengenai penjual star Shopee ini. Hampir semua penjual di Shopee ingin menjadi seorang Star Seller. Karena itu, kita akan membahas secara mendalam mengenai Star Seller Shopee. Mulai dari syarat dan biaya admin serta cara sampai manfaat.

Apa itu Star Seller?

Mau cepat lengkapi syarat jadi Star Seller?

Yuk belajar optimasi toko bareng coach Yohan Agustian di Kelas Shopee MEA!

Sebelum masuk pada pembahasan, Sobat MEA harus mengetahui terlebih dahulu apa pengertian Star Seller. Berbeda dengan Shopee Mall, Star Seller adalah program dari Shopee untuk para penjual berprestasi pada platformnya.

Karena hal ini merupakan penghargaan, tentu saja bukan hal yang mudah untuk mendapatkannya. Ada beberapa syarat yang harus Sobat MEA penuhi terlebih dahulu. Apa aja? Yuk simak!

Syarat Untuk Menjadi Star Seller Shopee

Kamu bisa punya tim marketplace sendiri

Serahkan saja pada tim manajemen marketplace MEA
  1. Sobat MEA harus memiliki KTP yang sudah terdaftar dan terverifikasi oleh Shopee
  2. Toko mempunyai persentase chat dibalas sebesar 85%
  3. Skor rating toko mencapai 4.5. Ini bisa Sobat MEA tingkatkan dari mulai foto produk, kualitas produk yang anda jual, banner sampai optimasi toko.
  4. Memiliki maksimal 20% persentasi dan jumlah produk pre-order di toko Shopee selama 5 hari
  5. Memiliki minimal persentasi transaksi sebesar 30% atau sudah memiliki pendapatan bersih
  6. Punya lebih dari 10 pembeli berbeda dalam 30 hari terakhir. Lebih baik jika mendapat 100 pesanan dalam satu bulan.
  7. Toko nggak memiliki poin penalti sama sekali
  8. Shopee menanggap Sobat MEA patuh terhadap kebijakan Shopee dan nggak melakukan aktivitas ilegal. Misalnya nggak ditemukan riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun atau penyalahgunaan program.

Cara Jadi Star Seller Shopee

Mau ngiklan dan riset judul dan keyword Shopee secara otomatis?

Kamu bisa pakai robot penglaris Shopee dari MEA, Shopeasytools

Jika sudah yakin semua syarat terpenuhi, Sobat MEA tentu saja harus mengetahui bagaimana cara jadi penjual Star. Perlu Sobat MEA ketahui bahwasannya penjual Star merupakan penghargaan langsung dari pihak Shopee. Karena itu, nggak ada cara untuk menjadi Star Seller.

Sebagai gantinya, jika semua syarat terpenuhi Sobat MEA akan langsung mendapat notifikasi atau undangan resmi dari pihak Shopee. Undangan ini umumnya Shopee kirim pada hari Kamis pukul 4 sore.

Cara Melihat Toko Terpilih Jadi Star Seller

star seller shopee

Nah setelah mendapat undangan, Sobat MEA harus mengupload KTP pada halaman program Star. Sobat MEA bisa melakukan upload lewat Shopee Seller Centre maupun lewat aplikasi Shopee.

Nah jika sudah, Sobat MEA akan langsung terpilih. Tapi gimana cara melihat toko kita sudah terpilih? Nah berikut ini cara memeriksanya. Check this out~

  1. Pertama login ke dalam akun toko lewat Shopee Seller Centre atau lewat aplikasi Shopee
  2. Setelah masuk ke halaman utama, klik tombol Notifikasi atau logo lonceng
  3. Selanjutnya pilih tab Notifikasi Toko
  4. Jika sudah pilih folder Performa Toko
  5. Terakhir, cek notifikasi dari Program Star Seller
  6. Selesai. Sobat MEA kini bisa melihat apakah toko sudah terpilih atau belum.

Keuntungan dan Kerugian

Apakah menjadi penjual star punya manfaat? Atau justru memiliki banyak kerugian? Sebenarnya setiap hal memiliki dua sisi koin. Jadi tentu saja ada keuntungan dan kerugian saat Sobat MEA mengikuti program penghargaan ini. Untuk lengkapnya, berikut ini penjelasannya~

Keuntungan Jadi Star Seller Shopee

  1. Toko Sobat MEA bisa mendapatkan kredibilitas dan reputasi positif. Tentu saja hal ini membuat Sobat MEA lebih mendapat lirikan dan prioritas dari pembeli
  2. Penjualan dan traffic akan meningkat. Kepercayaan dari para pembeli bisa membawa keuntungan dari Sobat MEA
  3. Keuntungan lain adalah program star bisa membuat toko Sobat MEA mendapat variasi promo mulai dari kupon, flash sale dan masih banyak yang lainnya.

Kerugian Star Seller Shopee

Setelah tahu keuntungannya, Sobat MEA juga harus mengetahui lebih dulu kerugian menjadi Star Seller. Dari banyak pengalaman seller, salah satu kelemahan dari program ini adalah biaya potongan admin Shopee yang cukup besar.

Hal ini sudah sering para penjual diskusikan. Karena itu Sobat MEA harus mengetahui lebih dulu sisi positif dan negatif sebelum memutuskan ikut program.

Berapa Biaya Admin Penjual Star Shopee?

Salah satu hal yang banyak orang pertanyakan mengenai program ini adalah, berapa biaya admin Shopee untuk penjual Star Shopee? Nah berikut ini adalah perhitungan biayanya. Simak!

Biaya admin penjual star berbeda dengan penjual biasa. Namun biaya ini juga berbeda sesuai dengan kategori produk. Sobat MEA bisa melihat biaya admin produk lewat laman resmi Shopee

Jadi, rumus untuk admin Star Seller ini antara lain harga asli produk X 3,2%/2,5%/1,75% (sesuai kategori produk). Nah Sobat MEA bisa menyimpulkan berapa sebenarnya biaya potongan yang harus Sobat MEA bayarkan.

Nah itulah penjelasan mengenai segala hal mengenai program Star Seller Shopee. Gimana menurut Sobat MEA? Apakah Sobat MEA berminat menjual barang lewat Shopee dengan program ini?

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.