TikTokers Wajib Tahu, Ternyata Segini Resolusi Video TikTok Paling Ideal!

resolusi video tiktok

TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang sedang naik daun dan semakin meluas di seluruh dunia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat video pendek yang kreatif, menghibur, dan seringkali viral. Salah satu aspek penting dalam pembuatannya yaitu resolusi video TikTok, yang memainkan peran besar dalam kualitas visual dan pengalaman menonton.

Resolusi video TikTok mengacu pada jumlah piksel yang terdapat dalam sebuah video. Semakin tinggi resolusi, semakin tajam dan jelas gambar yang ditampilkan. TikTok mendukung berbagai resolusi video yang dapat disesuaikan dengan perangkat pengguna. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa resolusi video TikTok yang umum digunakan content creator. Simak ya!

Table of Contents

Berapa Resolusi Video TikTok?

Pertanyaan mengenai berapa resolusi TikTok yang baik memiliki berbagai jawaban. Hal ini karena sebenarnya resolusi video TikTok sendiri memiliki 3 jenis yang berbeda. Ketiganya memiliki fungsi dan karakternya masing-masing. Hal ini bergantung pada jenis video hingga kapabilitas perangkat yang digunakan. Berikut uraian 3 jenis resolusi tersebut:

1. Resolusi 1080p atau Full HD

Ingin Jadi Kreator yang Lebih Kreatif?
Yuk, gabung komunitas kreator MEA! Kupas tuntas jutaan strategi ngonten kreatif dan gampang FYP. GRATIS!!!

Salah satu resolusi video yang paling umum adalah 1080p atau Full HD. Resolusi ini merupakan resolusi maksimal TikTok yang bisa Sobat MEA unggah. Dalam resolusi ini, video memiliki 1920 piksel lebar dan 1080 piksel tinggi. Video dengan resolusi ini memberikan kualitas visual yang tajam dan detail yang baik. 

Hal ini sangat penting untuk video yang menonjolkan visual seperti dance, makeup, dan vlog. Untuk mengunggah video dengan resolusi 1080p, Sobat MEA dapat merekam secara langsung dari aplikasi TikTok atau mengimpor video yang sudah ada.

Resolusi video TikTok ini selain yang paling jelas juga menjadi lebih nyaman ketika dilihat oleh pengguna lainnya mengingat kualitas video TikTok yang paling tinggi. Perlu diingat bahwa Sobat MEA harus menetapkan ratio aspect 1:1 atau 9:16 karena ini merupakan setelan default pada ponsel. Sehingga tampilan video akan lebih jelas dan tajam.

2. Resolusi 720p

TikTok juga mendukung video dengan resolusi 720p. Video dengan resolusi ini memiliki 1280 piksel lebar dan 720 piksel tinggi. Meskipun tidak sejelas 1080p, resolusi 720p masih memberikan kualitas yang baik dan cukup untuk kebanyakan konten TikTok. 

Resolusi ini umumnya digunakan ketika pengguna merekam video menggunakan perangkat yang memiliki keterbatasan resolusi atau memilih resolusi yang lebih rendah untuk menghemat ruang penyimpanan.

3. Resolusi 480p dan 360p

Selain resolusi standar, TikTok juga menyediakan opsi resolusi yang lebih rendah, seperti 480p dan 360p. Video dengan resolusi ini memiliki jumlah piksel yang lebih sedikit, yang dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih rendah. Meskipun demikian, resolusi ini tetap berguna dalam situasi tertentu, terutama ketika pengguna memiliki koneksi internet yang lambat atau perangkat yang lebih tua.

Nah, setelah mengetahui ukuran video TikTok, Sobat MEA tentu menginginkan kualitas HD saat diupload ke akun TikTok. Dalam hal ini, MiMe akan berikan tips bagaimana agar Sobat MEA dapat mengupload video berkualitas HD di TikTok dengan resolusi video TikTok yang sudah diatur. Check this out!

Tips Mengunggah Video TikTok HD

Ribet Bikin Konten TikTok Sendiri?
Mending pakai Jasa Konten TikTok aja dengan videografer dan talent berpengalaman. Klik di sini sekarang!

Untuk mendapatkan resolusi video TikTok HD, penting untuk memiliki resolusi video TikTok yang tidak hanya tergantung pada pengaturan perangkat pengguna, tapi juga terkait dengan pemilihan pengaturan resolusi di aplikasi TikTok itu sendiri. 

TikTok memberikan opsi untuk mengatur resolusi video sebelum mengunggahnya. Pengaturan ini memungkinkan Sobat MEA untuk mengoptimalkan kualitas video sesuai dengan preferensi.

Selain itu, dalam hal resolusi video TikTok, file format juga memainkan peran penting. Video dengan resolusi lebih tinggi cenderung memiliki ukuran file yang lebih besar. Oleh karena itu, Sobat MEA perlu mempertimbangkan ruang penyimpanan perangkat dan batasan transfer data saat memilih resolusi video TikTok. Hal ini karena ruang penyimpanan yang kecil dapat merusak kualitas video saat diunggah ke platform apapun, termasuk TikTok. Jadi pastikan Sobat MEA mengetahui ukuran video TikTok yang tepat agar konten yang diunggah tidak pecah, ya.

Berikut adalah beberapa tips penting lainnya yang perlu Sobat MEA terapkan dalam menghasilkan video TikTok HD, di antaranya:

1. Pastikan Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan yang baik sangat penting untuk menghasilkan video dengan kualitas HD. Cobalah untuk merekam video di tempat yang terang atau menggunakan pencahayaan tambahan jika diperlukan. Hindari merekam di tempat yang terlalu gelap atau terlalu terang karena dapat mempengaruhi kualitas video.

2. Stabilkan Perekaman

Proses perekaman yang goyah atau bergoyang dapat merusak kualitas video. Untuk mensiasati hal ini, Sobat MEA bisa menggunakan tripod atau alat stabilisasi lainnya untuk menjaga kamera tetap stabil saat merekam. Hal ini akan membantu menghasilkan video yang lebih jelas dan tidak buram.

3. Perhatikan Komposisi dan Framing

Dalam hal ini, pastikan objek utama berada di tengah atau sesuai dengan komposisi yang diinginkan. Hindari pemotongan yang tidak perlu atau penempatan objek yang tidak teratur. Komposisi yang baik akan membantu meningkatkan estetika video.

4. Gunakan Filter dan Efek yang Tepat

cara tampil di halaman satu TikTok Shop

TikTok menyediakan berbagai filter dan efek yang dapat meningkatkan kualitas visual video. Pilihlah filter yang sesuai dengan gaya atau tema video. Tapi pastikan filter tersebut tidak mengaburkan atau mengurangi kualitas video aslinya.

5. Gunakan Koneksi Internet yang Stabil

Pastikan Sobat MEA memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat saat mengunggah video. Koneksi yang lemah dapat mengakibatkan video terpotong atau kehilangan kualitas saat diunggah. Jika memungkinkan, gunakan Wi-Fi yang stabil untuk memastikan unggahan video berjalan lancar.

6. Pilih Format Video yang Tepat

TikTok mendukung berbagai format video, termasuk MP4 dan MOV. Pastikan video disimpan dalam format yang didukung oleh TikTok karena menggunakan format yang tepat akan memastikan video tetap berkualitas saat diunggah.

7. Gunakan Fitur "Save in HD" di TikTok

cara live tiktok di hp

Sebelum mengunggah video, aktifkan fitur “Save in HD” di pengaturan TikTok. Ini akan memastikan bahwa video yang diunggah tetap dalam kualitas HD yang optimal. Untuk mengaktifkannya, Sobat MEA hanya perlu masuk ke pengaturan aplikasi TikTok, pilih Video Quality atau Video Settings, dan aktifkan opsi Save in HD jika tersedia.

8. Ukuran Video TikTok

Resolusi video TikTok yang dipilih akan mempengaruhi ukuran video TikTok. Semakin besar resolusinya, maka akan semakin besar pula file size videonya. Baik untuk kepentingan ads maupun konten biasa, kami sarankan Sobat MEA untuk membuat video dengan ukuran tidak lebih dari 500 MB. Untuk durasinya sendiri bisa mulai dari 15 detik hingga 60 detik maksimal.

9. Periksa Pratinjau Sebelum Upload

TikTok menyediakan fitur pratinjau yang memungkinkan Sobat MEA melihat video sebelum benar-benar mengunggahnya. Pastikan untuk memeriksa pratinjau video untuk memastikan kualitas dan pengaturan yang diinginkan sebelum membagikannya ke publik.

Sekian informasi tentang resolusi video TikTok beserta tips pentingnya. Dengan begitu, Sobat MEA dapat mengupload video TikTok berkualitas HD yang menarik dan profesional. 

Penting untuk memperhatikan setiap detail, mulai dari resolusi perangkat, pencahayaan, komposisi, hingga pengeditan video. Dengan kualitas video yang tinggi, Sobat MEA dapat menarik lebih banyak penonton dan meningkatkan kredibilitas di TikTok.

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.