5 Perbedaan TikTok Biasa dan TikTok Business. Ini Uraiannya!

by Viki
perbedaan tiktok biasa dan tiktok business

Seiring perkembangannya, TikTok bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan baik pribadi maupun bisnis. Sehingga jenis akun TikTok terbagi-bagi menjadi akun biasa dan akun bisnis. Bahkan ada juga akun TikTok yang bisa digunakan untuk kreator. Tapi seringkali hal ini justru membuat pengguna kebingungan. Sehingga perlu pahami perbedaan TikTok biasa dan TikTok Business tersebut.

Perbedaan TikTok Biasa dan TikTok Business

Perbedaan semua akun TikTok memang perlu dipahami baik-baik. Ini penting agar Sobat MEA tidak salah sasaran saat menggunakannya. Bahkan hal ini juga dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis di TikTok. Oleh karena itu, simak penjelasan kedua akun tersebut beserta perbedaan TikTok biasa dan TikTok Business di bawah ini!

Table of Contents

Akun TikTok Biasa

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Sederhananya, akun TikTok biasa adalah akun yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Umumnya, akun biasa bisa diisi dengan konten-konten yang bersifat hiburan atau kreatif. Berikut adalah beberapa hal atau perbedaan TikTok biasa dan TikTok Business:

1. Tidak Memiliki Fitur Statistik Akun

Salah satu perbedaan utama antara akun biasa dan akun bisnis yaitu akun biasa tidak memiliki fitur statistik akun. Sehingga pengguna akan sulit untuk memonitor performa akun dan memahami audiens yang pengguna miliki. 

2. Tidak Bisa Mengakses Fitur Iklan

Selain itu, akun TikTok bisnis juga tidak menyediakan fitur iklan TikTok. Sehingga pengguna tidak bisa memasang iklan ataupun mempromosikan produk dan layanan yang dimiliki kepada audiens yang lebih besar.

3. Tidak Ada Fitur Tautan

4. Sulit Mendapatkan Verifikasi

Untuk mendapatkan verifikasi di akun TikTok, dibutuhkan kredibilitas yang tinggi. Tapi dikarenakan akun biasa tidak digunakan untuk kepentingan bisnis, kecil kemungkinannya untuk mendapatkan verifikasi akun. 

5. Fokus Pada Konten Hiburan dan Kreativitas

Biasanya akun TikTok biasa hanya ditemukan konten yang bersifat hiburan dan kreativitas seperti dance, lypsinc, singing, dll. Tentunya ini akan berbeda dengan akun TikTok bisnis yang berisi promosi. 

Akun TikTok Business

Mau bisnis makin laris? Promosikan bareng Partner MCN TikTok MEA yuk!
Pastinya bakal dipromosikan secara maksimal bareng partner profesional dan dapat bimbingan yang optimal~!

Sedangkan TikTok Business, sama seperti namanya, tentu digunakan untuk keperluan bisnis  seperti promosi produk atau jasa. Bedanya, di dalam akun TikTok for Busienss terdapat fitur-fitur yang dapat membantu kalian dalam memperluas jangkauan dan meningkatkan interaksi dengan audiens. Berikut adalah beberapa hal yang membedakannya dengan akun TikTok biasa:

1. Ada Fitur Statistik Akun

Pada akun bisnis, justru disediakan fitur analitik akun yang dapat membantu pengguna dalam memonitor performa akun. Dengan fitur ini, Sobat MEA bisa melihat jumlah follower, jumlah tayangan, hingga interaksi dari para pengguna. Hal ini tentu dapat  membantu pengguna dalam memahami audiens dan jenis konten yang lebih disukai.

2. Bisa Menggunakan Fitur Iklan TikTok

Sobat MEA bahkan bisa menggunakan fitur iklan TikTok untuk mempromosikan produk atau jasa lebih luas di TikTok business. Pada iklan TikTok atau TikTok Ads ini, pengguna dapat menentukan target audiens, jenis iklan, serta anggaran yang ingin dikeluarkan untuk sarana promosi tersebut. 

3. Terdapat Fitur Tautan

Mau konten kamu dikelola tim TikTok Specialist?
Yuk langsung aja pakai jasa kelola TikTok MEA sekarang juga!

4. Mendapatkan Verifikasi Lebih Mudah

Untuk kredibilitasnya, tenang saja, akun pengguna TikTok bisnis bisa mendapatkannya dengan mudah melalui verifikasi yang didapatkan. Hal ini tentu efektif untuk menciptakan kepercayaan bisnis hingga membuat audiens semakin yakin untuk berbelanja.

5. Dapat Akses ke Konten Khusus

Menariknya, TikTok bisnis menghadirkan konten khusus yang bisa diakses oleh penggunanya. Biasanya konten-konten tersebut berupa tutorial atau tips mengenai pemasaran di TikTok. Hal ini tentu dapat membantu pengguna dalam meningkatkan performa akun TikTok dan toko online yang berjalan. 

Sekian penjelasan mengenai perbedaan TikTok biasa dan TikTok business yang perlu diketahui agar Sobat MEA tidak sampai tertukar penggunaannya. Semoga artikel ini dapat menjadi panduan yang bermanfaat, selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment