159
Sobat MEA tentu setuju bahwa berjualan di marketplace tengah potensial di tengah-tengah maraknya belanja online saat ini. Tidak heran jika Tokopedia menjadi salah satu marketplace raksasa dengan jutaan pengguna dan penting untuk dimanfaatkan dalam bisnis. Tapi pastikan Sobat MEA memahami penjelasan reputasi Tokopedia dan telah memilikinya dengan tingkatan yang baik.
Sementara itu, reputasi Tokopedia ini bisa didapatkan dari penilaian pembeli. Melalui penilaian ini, Sobat MEA bisa mendapatkan reputasi sistem hingga penalti. Untuk itu, penting untuk menjaga kualitas produk dan pelayanan karena inilah yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum bertransaksi di Tokopedia.
Emang bagaimana penjelasan reputasi Tokopedia beserta cara mendapatkan reputasi yang baik di Tokopedia? Simak di bawah ini!
Melansir laman Tokopedia, Sistem Reputasi Toko adalah kebijakan yang diberlakukan oleh Tokopedia, dimana pembeli dapat memberikan penilaian kepada tokomu, dan Sobat MEA juga dapat memberikan ulasan atas reputasi pembeli. Kemudian nilai reputasi toko ini menjadi salah satu informasi tingkat pelayanan dan kualitas produk yang ditawarkan.
Tokopedia sendiri membagi reputasi toko menjadi 5 tingkatan poin yang digambarkan dalam bentuk badge. Semakin tinggi tingkatan badge pada suatu toko, semakin besar poin yang didapatkan.
Pembeli memang bisa menjadikan poin reputasi tokopedia sebagai tolak ukur dari kualitas toko. Tapi hal ini tidaklah pasti, sebagian pembeli terkadang ada yang mengabaikan penilaian ini.
Perlu diketahui, reputasi Tokopedia tidak sepenuhnya terletak pada penilaian pembeli. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi poin reputasi toko yang bisa didapatkan. Berikut uraiannya:
Pertama tentu ada penilaian pembeli sebagai reputasi toko. Setelah menerima barang, Pembeli akan diminta untuk memberikan penilaian menggunakan smile dengan perasaan puas (+2 poin), Netral (+1 poin) dan kecewa (-1 poin).
Dalam hal ini, jika pembeli atau seller telah memberikan penilaian, tapi salah satu pihak tidak memberikannya hingga batas waktu tertentu, maka pihak yang tidak memberikan penilaian tersebut diberikan nilai yang sama.
Adapun batas waktu penilaian ini sekitar 15 hari. Tapi jika hanya satu pihak yang memberikan penilaian, maka batas waktunya akan diperpanjang hingga 30 hari.
Penilaian reputasi toko juga bisa berasal dari sistem yang diberikan dengan 2 metode. Berikut uraian lengkapnya:
Seller bisa mendapatkan tambahan Poin Reputasi Toko jika seller mendapatkan order berturut-turut tanpa adanya pembatalan.
Jika badge Reputasi Toko Seller meningkat dalam waktu tertentu, maka seller akan mendapatkan tambahan Poin Reputasi Toko sesuai level.
Tapi ingat, pengurangan penalti juga dapat mempengaruhi poin reputasi Tokopedia. Pengurangan ini akan diberikan seller jika melakukan hal-hal berikut ini:
Jangan sampai Sobat MEA mengabaikan pengiriman atau bahkan tidak memasukkan resi pengiriman sesuai batas waktu tersedia. Ini dapat mengurangi poin reputasi toko, lho, terlepas dari pembeli ajukan pembatalan atau tidak sebelumnya.
Jangan sampai juga Sobat MEA melakukan pembatalan pengiriman pesanan pada saat konfirmasi pengiriman. Ini juga dapat membuat tokomu mendapatkan penalti Tokopedia.
Nah, itu dia penjelasan reputasi Tokopedia yang perlu Sobat MEA ketahui sebagai seller di Tokopedia. Ingat, reputasi merupakan hal yang paling penting dalam bisnis. Jadi pastikan Sobat MEA menjaga reputasi dengan baik untuk terus menjadi seller yang dipercaya dan mudah ditemukan di Tokopedia. Selamat mencoba!
+6282117932648
Jl. Rajawali Barat No 77A, Kota Bandung, 40184
Jl. Kasuari No.9, Kota Bandung, 40184
Jl. Aki Padma Utara No.11, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat