Pakai Grup Chat Broadcast di Shopee Buat Kirim Pesan ke Konsumen Tertentu

Grup Chat Broadcast – Sebagai penjual di Shopee, pasti kamu ingin mengirimkan informasi mengenai promosi atau produk baru di toko kamu kan? Tapi, kamu ingin mengirimkannya hanya ke beberapa orang tertentu aja nih, karena kamu memang mengejar orang-orang yang kira-kira bakal langsung beli apa yang kamu tawarkan. Grup Chat Broadcast di Shopee ini wajib banget kamu coba biar kamu bisa mengirimkan pesan untuk konsumen tertentu saja loh sobat MEA!

Sebelum kami bahas lebih lanjut lagi mengenai Grup Chat Broadcast, kamu harus tahu dulu nih kalau kami memiliki Kelas Online buat kamu yang ingin belajar mengenai digital marketing, cara jualan di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee, cara bikin konten di TikTok, belajar tentang iklan di Facebook Ads, hingga cara biar kamu bisa gampang closing! Banyak banget, kan? Kamu bisa gabung Kelas Online kami disini.

Belajar Digital Marketing Bersama Mentor Terpercaya

Kesempatan buat belajar tentang jualan online dengan mentor ahli nggak datang setiap hari, loh! Tunggu apa lagi? Klik dan gabung sekarang juga!!

Gabung Sekarang

Selanjutnya, kamu perlu tahu dulu Grup Chat Broadcast ini ada di sebelah mana sih di aplikasi Shopee dan Seller Centre. Setelah itu, baru akan kami jelaskan secara mendetail mengenai Grup Chat Broadcast ini mulai dari caranya, hingga keuntungan yang akan kamu dapatkan. Kami bahas satu-persatu ya.

Fitur Pengelolaan Pembeli

Fitur Pengelolaan Pembeli adalah fitur yang berguna untuk menyebarkan pesan dalam mempromosikan produk dan toko kamu di Shopee. Melalui fitur ini, kamu bisa mengirimkan pesan secara massal kepada konsumen tertentu. Kemudian, kamu juga bisa melihat informasi respon dari pengikut dan konsumen terhadap Grup Chat Broadcast yang kamu kirimkan.

Dalam Fitur Pengelolaan Pembeli, terdapat 3 tab pilihan yaitu Broadcast Saya, Group Chat Broadcast, dan Rincian Pembeli.

Chat Broadcast digunakan untuk membuat aktivitas dan melihat riwayat broadcast yang pernah kamu buat sebelumnya. Grup Chat Broadcast berguna untuk membuat kelompok atau grup sesuai dengan kriteria konsumen yang bisa kamu tentukan sendiri. Sedangkan Rincian Pembelian dapat kamu gunakan untuk memfilter, mengidentifikasi, dan melihat rincian konsumen yang pernah melakukan pembelian di toko kamu sesuai dengan kriteria yang sudah kamu buat.

Lalu, apa aja sih keuntungan yang bakal kamu dapatkan dari menggunakan fitur ini?

  1. Kamu dapat mengarahkan lebih banyak konsumen untuk melihat produk dan toko kamu
  2. Memberikan apresiasi kepada konsumen dan pengikut kamu dengan memberikan voucher atau promosi eksklusif
  3. Dapat berinteraksi dengan konsumen dan pengikut secara langsung dengan lebih mudah

Grup Chat Broadcast

Konsumen memiliki berbagai macam jenis dan karakter, begitu juga dengan konsumen yang ada di toko kamu. Pembeli di toko kamu bisa terdiri dari laki-laki, perempuan, pernah membeli dari dua kali, melakukan pembelian lebih dari 500 ribu, atau bahkan melakukan pembatalan pembelian. Tentunya jika kamu ingin mengirimkan voucher atau promosi, kamu harus membuat penawaran yang menarik dan bisa membuat berbagai macam jenis pembeli itu tertarik buat beli, dong? Tapi itu bakal jadi PR banget! Nah, kamu bisa banget nih memanfaatkan fitur Grup Chat Broadcast di Shopee.

Dalam fitur Grup Chat Broadcast, kamu bisa membuat grup untuk konsumen sesuai kriteria yang ingin kamu tentukan sendiri. Ada beberapa kriteria yang bisa kamu pilih di dalam fitur ini, diantaranya adalah sebagai berikut.


Filter Grup Chat Broadcast

Seperti yang bisa kamu lihat, kamu bisa memfilter berdasarkan demografis pembeli, jenis pembeli, atribut pembeli, dan kualitas pembeli. Filter ini akan memudahkan kamu untuk membuat penawaran khusus bagi konsumen tertentu dan kamu bisa membuat mereka merasa spesial dan ingin melakukan pesanan ke tokomu lagi. Grup Chat Broadcast akan mempermudah proses penawaran voucher dan produk kamu untuk sampai di tangan konsumen yang tepat. Maksudnya gimana nih?

Seperti yang sudah kami sampaikan di awal, bahwa konsumen ini bermacam-macam jenisnya. Nah misalkan kamu ingin memberikan voucher dengan pembelian diatas 300 ribu. Menurut kamu kalau kamu menawarkan voucher tersebut ke konsumen yang biasanya hanya belanja 50 ribu, mereka bakal tertarik nggak? Jelas mereka nggak bakal minat dan mereka bisa merasa terganggu ketika mendapatkan notifikasi voucher itu. Bagian terparah adalah kalau mereka mendapatkan penawaran yang sama lebih dari sekali, terus mereka sebel, dan malah unfollow tokomu. Jangan sampai ini kejadian ya sobat MEA! Itulah mengapa kamu perlu banget memanfaatkan Grup Chat Broadcast biar voucher kamu bisa menyenangkan konsumen yang tepat.

Apakah Grup Chat Broadcast ini cuma bisa dipakai buat promosiin voucher ke yang banyak duitnya aja? Oh enggak dong! Kamu bisa melakukan promosi ke berbagai jenis konsumen seperti yang berada di filter di atas.

Intip Rahasia Jualan Laris di Shopee

Gabung Kelas Shopee Premium untuk mendapatkan strategi & tips jualan di Shopee yang efektif

Daftar

Penasaran gimana caranya pakai Grup Chat Broadcast?

Setelah tau manfaat dan kelebihannya, kamu pasti pengen buru-buru nyobain fitur ini kan sobat MEA? Kami bakal jelasin caranya ke kamu cara mengaktifkan Grup Chat Broadcast dari aplikasi Shopee dan Seller Centre.

1. Aplikasi

Ini yang harus kamu lakukan untuk mengaktifkan Grup Chat Broadcast melalui aplikasi Shopee:

  • Login ke aplikasi Shopee, kemudian klik Toko Saya
  • Klik Chat Broadcast
  • Klik Buat Broadcast Baru
  • Pilih grup penerima yang kamu inginkan lalu klik Buat Broadcast Baru
  • Setelah itu, kamu bisa menulis pesan dan menambahkan konten broadcast. Konten ini sifatnya opsional dan dapat berupa produk atau kategori toko, foto, promo, atau voucher.
  • Klik Lanjutkan untuk melihat preview broadcast
  • Selanjutnya, kamu diberi pilihan untuk mengirim broadcast saat itu juga atau kamu juga bisa memasang jadwal agar pesan tersebut terkirim secara otomatis. Klik Kirim Sekarang jika kamu ingin menyebarkan pesan broadcast pada saat itu juga. Atau, kamu bisa klik Jadwal untuk menentukan di tanggal berapa kamu ingin mengirimkan pesan tersebut.
  • Selesai

2. Seller Centre

Selanjutnya adalah cara membuat Grup Chat Broadcast melalui Seller Centre. Ini dia tahapan-tahapannya:

  • Login ke Seller Centre kemudian klik Chat Broadcast
  • Klik + Buat di bagian Pengikut atau Pembeli

Grup Chat Broadcast

  • Selanjutnya, kamu akan masuk ke halaman Buat Broadcast dimana akan muncul tab Pilih Grup yang kemudian kamu bisa klik Buat Grup Baru
  • Setelah itu, kamu bisa mengisi rincian lainnya seperti Nama Broadcast, Konten Pesan yang ingin kamu tuliskan kepada konsumen, Konten Broadcast seperti foto, promosi, dan voucher, dan juga Waktu Broadcast
  • Pesan broadcast kamu sudah jadi

Jadi Jago Jualan di Shopee Dengan Cara Simpel Ini

Kamu cukup gabung Kelas Premium Shopee dan dapatkan rahasia jualan laris manis di Shopee

Daftar

Gampang banget kan?

Pada fitur Grup Chat Broadcast, kamu akan mendapatkan kuota chat tertentu pada setiap minggunya yang jumlahnya berbeda-beda untuk setiap toko. Dan ketika kamu menggunakan kuota chat ini, sistem dari Shopee akan menunjukan sisa kuota chat dan berapa kuota chat yang kamu gunakan secara otomatis di bagian Manajemen Broadcast seperti gambar di bawah ini.

Grup Chat Broadcast

Itu dia beberapa informasi mengenai Grup Chat Broadcast yang bisa kamu coba langsung. Pengen dapet pengetahuan mengenai jualan di Shopee lainnya? Ikuti Kelas Online kami sekarang juga!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *