Mitos Tentang Penggunaan Hashtag di TikTok

Hashtag di TikTok Sebagai content creator TikTok, tentunya menulis caption dan hastag adalah salah satu hal yang kamu pikirkan banget kan sobat MEA. Kamu juga pasti sering mendengar betapa pentingnya hashtag di caption TikTok. Tapi, beneran ngaruh nggak sih hashtag di TikTok ini?

Hashtag sedikit banyak berguna untuk menunjukkan konten seperti apa yang kamu buat. Hashtag bisa digunakan sebagai rangkuman dari isi video. Selain itu, hashtag bisa digunakan untuk mencari video yang diinginkan oleh viewers. Misal nih kamu membuat konten mengenai “skincare untuk kulit kering” dan kamu menggunakan hashtag skincare atau hastag skincare kulit kering. Akan semakin mudah bagi viewers yang menginginkan konten mencari hal tersebut.

Seperti yang kita ketahui, jumlah karakter yang disediakan oleh TikTok untuk mencantumkan caption sangatlah sedikit. TikTok adalah salah satu sosial media yang berfokus pada visual, dan bukan konteks tulisan. Instagram juga merupakan salah satu aplikasi yang berfokus pada visual, tetapi mereka menyediakan 2200 karakter. Sedangkan TikTok hanya menyediakan 150 karakter untuk caption. Dengan keterbatasan karakter tersebut, kamu hanya bisa menggunakan paling tidak 8 hashtag untuk satu video. Untuk itu, kamu perlu tahu caranya menguasai hashtag agar video mudah dicari.

Kesalahan terbesar ketika memasang hashtag TikTok

Ternyata, memasang hashtag TikTok itu tidak bisa sembarangan loh sobat MEA. Apalagi jika akunmu digunakan untuk berjualan. Sebenarnya, kamu hanya memerlukan teknik copywriting yang sederhana agar caption dan hashtag yang kamu tuliskan bisa termuat seluruhnya dan tetap akan mengenai target. Lalu, apa sih yang harus dihindari oleh para content creator dalam memilih hashtag TikTok?

Dapatkan rahasia membangun akun tiktok organik yang menguntungkan

Belajar bagaimana caranya mengumpulkan lebih dari 10 rb follower dalam waktu kurang dari 1 bulan dengan membuat konten video edukasi

Jangan gunakan #fyp atau #foryourpage

Loh? Kenapa nggak boleh? Kan pengen masuk FYP makanya pakai hashtag itu 🙁

Boleh, kok. Tapi kamu juga harus siap dengan resikonya. Ada banyak sekali pengguna TikTok yang menggunakan hashtag itu. Nggak percaya? Kami kasih buktinya deh.

#foryourpage
#fyp

Penonton #fyp mencapai 11.933,4 milyar video, dan penonton #foryourpage mencapai 654,3 milyar video. Bagaimana strategimu untuk bersaing dengan banyaknya penonton dan pengguna hashtag tersebut, sobat MEA? Sedangkan video yang muncul paling atas adalah video yang sudah memiliki engagement tinggi. Tentunya tidak mudah untuk bersaing dengan mereka.

Jika kamu menggunakan kedua hashtag tadi, videomu akan susah naik ketika dicari menggunakan keyword #fyp atau #foryourpage karena hashtag tersebut sudah memiliki terlalu banyak views. Selain itu, kamu juga hanya akan menyia-nyiakan penggunaan karakter yang terbatas. Sayang sekali bukan jika kontenmu sudah bagus, tapi tidak bisa ditemukan oleh penonton hanya karena penggunaan hashtag yang salah? Apalagi TikTok tidak menyediakan fitur edit sehingga kamu tidak dapat mengedit apapun setelah postingan tersebut ditayangkan.

Terus, harusnya gimana dong? Kami kasih tahu rahasianya.

Cara Menguasai Hashtag TikTok

Karena kami baik, hehe, kami akan memberikan beberapa tips agar kamu bisa menguasai penggunaan hashtag TikTok. Simak di bawah ini, ya.

  1. Cari hashtag TikTok yang ringan

Yang dimaksud dengan cari hashtag TikTok yang ringan adalah kamu perlu riset terlebih dahulu ketika ingin memilih hashtag TikTok yang ingin kamu gunakan, sobat MEA. Kamu bisa mulai mencoba dengan mengetikkan hashtag tertentu di kolom pencarian TikTok, dan lihat seberapa banyak kreator yang menggunakan dan jumlah views dari hashtag tersebut.

Misalnya saja nih, kamu membuat konten tentang cara memasak simpel. Kamu bisa coba cari ada berapa banyak views dan top views dari hashtag TikTok tadi. Misalnya kamu bisa cari dengan #masaksimpel, #tutorialmasak, #caramasakgampang, atau hashtag lainnya. Nah kalau sudah ketemu, kamu perlu cari kira-kira hashtag TikTok mana aja sih yang nggak banyak saingannya, tapi tetep bisa memunculkan kontenmu ketika pengguna TikTok mencari konten serupa. Kebayang ya?

  1. Gunakan hashtag TikTok yang relevan

Kamu kesel nggak kalau kamu mencari sesuatu, tapi yang muncul malah nggak ada hubungannya sama sekali dengan apa yang kamu butuhkan? Misal kamu mencari cara memandikan kucing, tapi yang keluar malah cara mencuci mobil. Nggak membantumu sama sekali kan?

Nah, ini juga salah satu pentingnya penggunaan hashtag TikTok. Kamu perlu menggunakan hashtag yang sesuai dan relevan dengan konten yang kamu buat agar views langsung tau bahwa isi kontenmu adalah yang mereka cari. Karena, nggak sedikit kreator TikTok yang menggunakan hashtag asal-asalan seperti hashtag yang sedang ramai atau hashtag challenge sedangkan isi konten mereka nggak berhubungan sama sekali dengan hashtag tersebut.

Nah, jangan sampai kamu melakukan itu ya, sobat MEA. 

Kemudian, jika isi konten yang kamu buat selalu pada satu topik yang sama, kamu bisa loh menggunakan hashtag TikTok yang sama di setiap postinganmu. Dengan begitu, akan semakin tinggi juga peluang akunmu untuk terlihat di bagian atas ketika pengguna TikTok lain melakukan pencarian. Sehingga, para pengguna TikTok akan langsung ngeh dengan akun dan kontenmu kalau kamu selalu membuat konten tentang cara memasak yang simpel. Begitu misalnya.

  1. Menaikkan engagement

Cara ketiga adalah dengan cara menaikkan engagement konten atau akun. Nah, apa yang dimaksud dengan engagement ini? Yaitu berapa banyak jumlah views, like, komen, dan share dari sebuah postingan. Nah, gimana nih caranya buat menaikkan engagement postingan?

Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan memposting video pada waktu yang tepat. Kapan tuh? Kamu harus memposting videomu ketika banyak orang atau banyak pengikutmu yang sedang membuka aplikasi TikTok.

Penasaran gimana caranya? Bakal kami kasih tahu, tapi nggak di sini dong. Ikuti Kelas Online kami biar kamu tau caranya!

Hashtag TikTok meskipun terlihat sepele, tapi memang krusial

Setelah baca artikel di atas, tentunya kamu makin paham kan tentang perlunya mempertimbangkan penggunaan hashtag TikTok untuk postinganmu? Susah? Pusing? Ribet?

Tenaaaang. Kamu bakal kami bantu buat paham tentang algoritma TikTok dan cara ampuh lainnya biar postingan kamu selalu masuk FYP di Kelas Online kami yang dimentori oleh content creator TikTok yang kontennya sering tembus FYP!

Tunggu apa lagi? Gabung sekarang!!

Dapatkan rahasia membangun akun tiktok organik yang menguntungkan

Belajar bagaimana caranya mengumpulkan lebih dari 10 rb follower dalam waktu kurang dari 1 bulan dengan membuat konten video edukasi

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *