Tips dan Trik Beriklan di Fb ads dan Promote ig Biar Iklanmu Nggak Boncos

by Fanny
tips dan trik beriklan di fb/ig
tips dan trik beriklan di fb/ig

FB Ads dan Promote IGSebagai pebisnis online, tentunya kamu udah nggak asing lah ya dengan Facebook Ads. Gimana? Kamu belum tahu? Okay, bakal kita jelaskan sesingkat mungkin khusus buat kamu.

Jadi Facebook Ads adalah fitur yang disediakan oleh Facebook untuk mengiklankan suatu Fan Page yang sudah dibuat oleh pengguna Facebook tersebut, dengan tujuan agar iklannya bisa menjangkau lebih luas dan target iklannya pun bisa disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan pengguna. Udah jelas banget ya sampai sini?

Nah, terus kalau kamu lagi main Instagram gitu, kamu juga pasti sering liat dong ya postingan iklan yang di bawahnya ada tulisan “Promoted”. Nah, itu tuh apa sih? Hampir sama, yaitu memasang iklan tetapi kalau ini dilakukan di Instagram.

Tapi kamu penasaran nggak sih sama perbedaan dari dua jenis iklan ini? Menurut kamu, mana iklan yang akan membuat daganganmu semakin ramai pembeli? Kami jelasin satu-satu deh. Tapi sebelum itu, kamu harus tahu dulu alasan orang memasang iklan.

Mengapa Pemilik Usaha Membuat Iklan?

Sobat MEA, menurut kamu, kenapa orang-orang ingin memasang iklan untuk produk atau toko mereka? Kalau kamu sendiri, sebagai penjual, apa yang membuatmu ingin memasang iklan?

Singkatnya, ada dua alasan mengapa pemilik usaha rela membayar untuk memasang iklan. Yang pertama adalah yang bertujuan agar mendapatkan engagement, baik berupa like, komen, share, kunjungan ke website atau toko online. Intinya adalah mereka ingin agar produk atau toko mereka dilihat oleh semakin banyak orang.

Alasan kedua adalah pemilik usaha ingin mencari uang. Gimana tuh maksudnya? Dengan memasang iklan tadi, pemilik usaha menginginkan agar usahanya semakin ramai pembeli. Bukankah itu yang paling diinginkan oleh para pemilik usaha?

Menurut kamu, mana yang paling penting?

Yuk baca kelanjutannya biar kamu bisa memutuskan jenis iklan seperti apa yang cocok dengan tujuan dan bisnismu.

Mau belajar cara beriklan yang efektif & menguntungkan?

Gabung kelas Gampang Ngiklan di FB & IG , Satu satunya kelas online yang bakal bantu evaluasi perkembangan kamu sampe sukses

Perbedaan FB Ads dan Promote IG

Jadi, kami bakal jelasin nih konsep dari FB Ads dan Promote IG. Facebook Ads jelas ditayangkan di Facebook dan aplikasi atau website lain yang terintegrasi dengan Facebook. Sedangkan Promote IG sudah jelas-jelas ditayangkan di Instagram. Lalu, kenapa dua iklan di dua aplikasi yang berbeda ini dibahas di satu artikel yang sama?

Karena untuk membuat iklan di Instagram, kamu harus memiliki akun Facebook dan membuat akun Facebook Ads Manager. Perbedaan dari dua iklan tadi hanyalah berbeda penempatan iklan.

Nah, mari kita bahas perbedaan besarnya:

Mau diiklanin sama team kita?

Ga perlu pusing tau penjualan produk kamu naik banyak

1. Tertarget

Yang pertama adalah soal target, nih. Sebagai pemilik bisnis online, tentunya menentukan target pasar adalah salah satu hal yang terpenting ya. Nah perbedaan pertama dari dua iklan tersebut adalah pada bagian target.

Ketika memasang iklan di Promote Instagram, iklan yang ditayangkan bertujuan untuk menjangkau sebanyak mungkin pengguna. Loh? Bukannya bagus? Tentu saja. Tetapi, iklan tersebut jadi tidak spesifik dan tidak tertarget dengan baik karena iklan ini bisa muncul ke beranda siapa saja.

Contohnya gini, kamu suka naik gunung misalnya. Tentunya kamu menginginkan produk yang berhubungan dengan peralatan mendaki dong? Tapi yang sering lewat di timeline-mu malah peralatan gaming. Kira-kira kamu bakal merasa terganggu nggak dengan iklan itu?

Nah sedangkan, ketika memasang iklan melalui Facebook Ads, iklan yang kamu buat akan ditampilkan ke audiens yang sudah ditargetkan dengan seksama. Selain itu, iklan juga akan tampil ke beranda audiens yang kemungkinan besar akan membeli produkmu! Keren banget, kan?

2. Edit Iklan

Terkadang, kita kurang memperhatikan apakah iklan yang kita buat ini sudah benar atau belum penulisannya, apakah gambar yang ditampilkan sudah sesuai dengan caption, atau apakah link yang dicantumkan sudah benar, dan segala macamnya. Mungkin karena jari kepleset ketika mengetik, atau mata terlalu lelah untuk membaca iklan ulang, atau karena memang manusia adalah tempat salah dan lupa sehingga ada sedikit kesalahan dalam proses pembuatan iklan.

Kalau iklan yang kamu buat ini ada kesalahan, tentunya kamu ingin melakukan proses editing dong? Nah, melalui Facebook Ads, kamu dapat mengubah iklan sesuai dengan yang kamu mau. Misal nih open rate-nya masih rendah karena mungkin headline atau caption kamu kurang menarik. Atau mungkin gambarnya kurang cocok buat iklannya. Atau bahkan salah copy link! Bisa banget buat kamu ubah loh, sobat MEA.

Sedangkan di Promote IG, iklan yang sudah ditayangkan tidak dapat diedit lagi. Oleh karena itu, kamu butuh ketelitian dan kecermatan lebih ketika akan memasang iklan di Promote IG. Daripada kamu malu sendiri dan rugi gara-gara hal sepele seperti typo atau salah upload gambar.

Daftar Kelas Tiktok agar Jago Jualan Online DISNI

3. Atur Penempatan Iklan

Kamu pengen dengan bebas mengatur iklanmu ingin dilihat di sebelah mana? Bisa banget! Dengan Facebook Ads, kamu bisa memilih iklanmu akan muncul di bagian mana baik ketika dibuka melalui desktop maupun smartphone. Ingin iklanmu muncul di bagian paling atas? Atau kanan bawah? Atau di tengah-tengah sekalipun, bisa kamu atur dengan mudah!

Hal ini tidak dapat kamu lakukan jika kamu memasang iklan di Promote IG. Penempatan iklan ditentukan langsung oleh sistem yang berlaku. Mengapa demikian? Algoritma Facebook dan Instagram sudah menentukan di bagian mana seharusnya iklan diletakkan agar mendapatkan semakin banyak audiens. Hal ini dilakukan karena tujuan dari pemasangan iklan tadi adalah untuk menaikkan engagement berupa like, komen, share, atau kunjungan ke toko online atau website. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi melakukan pengaturan ingin menempatkan iklan di sebelah mana. Kamu tinggal klik, dan iklanmu sudah siap terpasang tanpa perlu melakukan analisis kira-kira iklan akan lebih mudah dilihat oleh pengguna jika dipasang di sebelah mana.

Iklan mana yang cocok buatmu?

Setelah baca artikel di atas, kamu tentu semakin mendapat gambaran ya tentang memasang iklan? Dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang perlu kamu lakukan adalah memilih layanan iklan yang tepat agar sesuai dengan budget dan tujuan pembuatan iklan.

Di kelas online kami, kamu akan mendapatkan banyak banget informasi dan tips seperti ini. Mau tahu lebih banyak lagi? Gabung sekarang!

Mau belajar cara beriklan yang efektif & menguntungkan?

Gabung kelas Gampang Ngiklan di FB & IG , Satu satunya kelas online yang bakal bantu evaluasi perkembangan kamu sampe sukses

You may also like

Leave a Comment