fbpx

Cara Menggunakan Iklan Pencarian Shopee Agar Kamu Banjir Orderan

Iklan pencarian Shopee – Jika kamu memiliki toko online di Shopee, tentunya kamu ingin agar tokomu banjir orderan, kan sobat MEA? Salah satu caranya adalah dengan membuat toko atau produk yang kamu jual menjadi mudah ditemukan oleh pembeli.

Loh? Emang bisa, ya? Gimana tuh caranya?

Ada banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh Shopee untuk membantu menaikkan jualanmu. Salah satu fitur yang perlu kamu ketahui dan perlu banget kamu coba adalah Iklan Pencarian.

Daftar isi

Belajar lebih detail tentang Iklan Shopee

Gabung Kelas Shopee Premium untuk mendapatkan berbagai strategi, & tips dalam membuat iklan di Shopee yang efektif

Apa itu Iklan Pencarian?

Iklan Pencarian ada dua macam, yaitu Iklan Pencarian Toko dan Iklan Pencarian Produk. Iklan Pencarian Toko berguna untuk memperlihatkan nama toko, foto profil toko, dan slogan iklan di bagian teratas pada halaman pencarian ketika pembeli mencari produk dengan kata kunci yang juga kamu gunakan ketika memasang iklan.

 

Ini contohnya ketika kamu menggunakan fitur Iklan Pencarian Toko

cara menggunakan iklan

Pembeli cukup mencari mengenai “masker duckbill” dan toko yang menggunakan fitur Iklan Pencarian Toko akan langsung muncul di pencarian paling atas karena mereka memasukkan keyword atau kata kunci “masker duckbill” ketika membuat iklan.

Sedangkan, Iklan Pencarian Produk juga konsepnya hampir sama dengan Iklan Pencarian Toko. Produk di tokomu akan muncul sesuai kata kunci yang diketikkan oleh pembeli dan sesuai dengan pengaturan yang kamu lakukan ketika membuat iklan. Bedanya, di bagian produk yang kamu iklankan akan memiliki tag “IKLAN” berwarna abu-abu, seperti di bawah ini.

iklan shopee

Nah, karena sekarang kamu udah punya gambaran tentang Iklan Pencarian, saatnya kamu untuk tahu caranya membuat Iklan Pencarian di Shopee.

Cara membuat Iklan Pencarian di Shopee

Cara membuat Iklan Pencarian ini gampang banget loh sobat MEA. Ikuti caranya di bawah ini ya:

Login ke Shopee Seller Center, kemudian klik Iklan Shopee pada menu Promosi Saya

Klik Iklan Pencarian di kiri atas, kemudian klik Iklan Toko lalu, klik + Buat Iklan Toko

 

  • Tulis nama iklan tokomu, tentukan modal iklan sesuai modal atau budget yang kamu punya
  • Kemudian, kamu akan diberikan dua pilihan untuk memasang Modal Tanpa Batas atau Tentukan Modal. Kalau kamu ingin iklanmu terus berjalan, kamu bisa memilih Modal Tanpa Batas. Sedangkan jika kamu ingin menentukan waktu tertentu untuk memasang iklan dan memiliki biaya terbatas, kamu bisa memilih Tentukan Modal.
  • Tentukan periode iklan. Kami sarankan kamu memasang iklan minimal dua minggu untuk mendapatkan hasil data iklan yang cukup untuk dilakukan analisa oleh pihak Shopee.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengatur kata kunci sesuai dengan toko dan produk yang kamu jual. Nah, ada dua opsi nih sobat MEA dalam menentukan kata kunci yang sesuai.

Yang pertama adalah dengan mengaktifkan tab Pilih Otomatis dimana sistem Shopee akan mengatur dan mengoptimalkan kata kunci pencarian untuk toko kamu. Kamu bisa memilih opsi ini jika kamu tidak ingin repot-repot memikirkan kata kunci, atau kamu sendiri merasa tidak yakin ingin menggunakan kata kunci apa untuk produk maupun tokomu.

 

Yang kedua, kamu bisa klik Pilih Manual untuk menentukan kata kuncimu sendiri. Jika kamu ingin menggunakan opsi kedua, akan kami jelaskan tahapannya.

 

  1. Klik  + Tambah rekomendasi Kata Pencarian dimana sistem Shopee kemudian akan menyediakan kata pencarian yang sesuai dengan produk atau tokomu secara otomatis. Sistem akan menampilkan kata kunci yang paling sering digunakan oleh pengguna ketika mencari produk yang sesuai dengan produkmu.

  2. Jika kamu tidak ingin menggunakan kata kunci yang direkomendasikan, kamu bisa langsung klik ikon tempat sampah di kanan atas untuk menghapusnya.

  3. Kemudian, klik + Tambah Kata Pencarian di sebelah kiri atas untuk memilih kata pencarian dan agar kamu bisa mengatur biaya per klik. Pada bagian ini, kamu dapat meilhat berapa banyak volume pencarian dari kata kunci tersebut, sehingga kamu dapat mengetahui seberapa besar peluang agar produk atau tokomu untuk ditemukan oleh pengguna.

  4. Klik Tambah > jika kamu ingin menambahkan kata pencarian baru. 

  5. Kemudian, ada satu bagian yang perlu kamu pertimbangkan lagi. Yaitu Pencocokan Luas dan Pencocokan Spesifik. Nah, pada Pencocokan Luas, produkmu akan muncul walaupun kata kunci yang digunakan oleh pengguna tidak sama persis dengan yang kamu pasang. Misal kata kunci yang kamu gunakan adalah “Penggorengan”, sedangkan pengguna atau pembeli salah ketik menjadi “pengorengan”. Nah dengan Pencocokan Luas, produkmu akan tetap muncul di pencarian mereka.

Sedangkan, dengan Pencocokan Spesifik, produkmu hanya akan muncul jika kata kunci yang mereka tuliskan sama persis dengan yang kamu pasang. Terus menurut kamu, lebih menguntungkan mana antara Pencocokan Luas atau Pencocokan Spesifik? Kami bakal jelasin selengkapnya di kelas online kami dong, masa dibongkar semuanya di sini? Hehe. 

  1. Setelah selesai semuanya, kamu bisa langsung klik Konfirmasi dan tambah Kata Pencarian.

 

Semudah itu dan Iklan Pencarian kamu sudah terpasang!

Jadi, Kapan Harus Pasang Iklan ?

Udah jelas banget kan apa aja keuntungan yang bakal kamu dapatkan kalau pasang Iklan Pencarian? Udah kami jelasin juga tuh secara lengkap cara pasang iklannya bahkan tips-tips ketika kamu membuat Iklan Pencarian ini.

Jadi, kapan nih waktu yang tepat buat memasang iklan ini agar tokomu banjir orderan?

Semua bakal kami bocorin di Kelas Online kami. Kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan dan insight baru mengenai cara berjualan online dari berbagai macam marketplace dan aplikasi. Kamu juga memiliki kesulitan dalam melakukan closing? Kami juga ada kelas khusus untuk Customer Service!

Tunggu apa lagi? Ayo gabung sekarang!

Belajar lebih detail tentang Iklan Shopee

Gabung Kelas Shopee Premium untuk mendapatkan berbagai strategi, & tips dalam membuat iklan di Shopee yang efektif

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *