Cara Menentukan Target Audience Facebook yang Ideal

Menentukan Target Audience Facebook – Memasang iklan adalah salah satu cara untuk memasarkan produk yang sobat MEA jual. Tapi, ada satu hal penting yang sering dilewatkan oleh penjual sebelum memasang iklan, yaitu target atau audience iklan. Karena tujuan dari iklan adalah untuk dilihat, bukan untuk langsung di scroll dan dilewatkan. Agar iklan sobat MEA dilihat dan menghasilkan klik yang banyak, maka diperlukan target iklan yang tepat.

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai cara membuat iklan dan menentukan target audience Facebook Ads yang ideal.

menentukan target audience facebook

Iklan Bukan Untuk Semua Orang

Membuat iklan yang bagus dengan pesan dan tujuan yang dibuat langsung ke intinya memang sangat diperlukan. Tetapi, mau iklan sebagus apapun pesannya, mau seampuh apapun copywriting-nya, mau sekeren apapun gambarnya, atau mau sekreatif apapun videonya, tapi jika iklan tersebut ditujukan ke audiens atau target yang tidak sesuai, ya tidak akan menarik.

Perlu diingat bahwa iklan yang tidak tertarget bisa nyasar kemana saja dan bisa dilihat oleh siapa saja. Tapi hal ini bukan berarti iklan tersebut memperluas jangkauannya. Justru karena tidak memiliki target, iklan tersebut seperti tidak memiliki tujuan akan kemana. Hasilnya? Seperti meniup dandelion kering dan tiap helaiannya terbang tanpa arah, manut saja dengan angin yang membawanya.

Sobat MEA juga tentunya menyadari bahwa setiap orang memiliki ketertarikan dan keinginan yang berbeda-beda. Bahkan orang yang memiliki ketertarikan yang sama bisa memiliki keinginan yang berbeda pula. Untuk itu, inilah pentingnya menentukan target yang jelas. Lebih bagus lagi jika target tersebut sudah ideal.

Contohnya saja sobat MEA menjual smartphone yang speknya lengkap dan keren banget. Jenis handphone yang didesain khusus untuk bermain game. Sobat MEA kemudian membuat copywriting yang bagus, dengan video yang menarik pula, tapi sayangnya sobat MEA tidak menargetkan iklan tersebut khusus ke gamers saja. Jadinya gimana?

Iklan sobat MEA malah nyasar ke beranda milik ibu rumah tangga yang salah satu kesibukannya adalah membimbing anak selama sekolah online. Apakah iklan smartphone tersebut sesuai dengan kondisi sang ibu? Tidak. Apakah sang ibu akan tertarik dengan iklan sobat MEA? Jelas tidak.

Nah, inilah tujuan utama dari targeting ideal.

Jika iklan sobat MEA sudah berjalan dengan target yang jelas, tidak akan susah untuk menaikkan performa iklan agar bisa bekerja secara optimal. Konversi dan CTR pun akan naik dengan sendirinya. Sebaliknya dengan biaya iklan, jika performa tiap klik iklan bisa mencapai hingga 2 ribu rupiah saja, maka budgeting sobat MEA untuk iklan di Facebook bisa berkurang banyak.

Ingin followers auto beli jualan kamu di Instagram?

Kepoin triknya di kelas kami!

Buat Iklan yang Relatable

Seperti yang sudah sedikit disinggung diatas, membuat iklan yang bagus juga ada formulanya. Salah satunya adalah iklan yang nyambung dengan masalah yang sedang dihadapi oleh audiens. Misalnya saja sobat MEA menjual krim yang bisa membantu mengempeskan jerawat, sobat MEA bisa mengambil beberapa angle iklan yang relevan dan nyambung dengan masalah yang dihadapi oleh target market sobat MEA.

Sobat MEA bisa mengambil angle seperti memahami keadaan mereka bahwa di situasi pandemi seperti ini, keseringan menggunakan masker bisa menyebabkan munculnya jerawat. Atau relate dengan masalah mereka mengenai rasa percaya diri yang langsung menurun walaupun hanya ada satu jerawat saja. Dan angle lainnya.

Iklan yang relatable akan membuat audience merasa sobat MEA menyuarakan keluh kesah mereka sekaligus memberikan solusi untuk mereka. Buat audiens merasa tidak sendirian dalam menhadapi masalah mereka, rangkul, kemudian tarik mereka untuk membeli produk sobat MEA.

Cari Tahu Apa yang Disukai Audience

Agar dapat menentukan target audience Facebook dengan tepat dan ideal, sobat MEA bisa mulai mencari tahu apa saja sih yang disukai oleh audience. Hal ini bisa dilakukan melalui Facebook Audience Insight. Tool ini berguna banget buat sobat MEA yang ingin melakukan laser targeting dengan tujuan meningkatkan konversi penjualan.

Audience Insight ini dapat memberikan informasi kepada sobat MEA mengenai kinerja Page atau Halaman, seperti data demografi mengenai audience sobat MEA hingga bagaimana para audience menanggapi iklan sobat MEA. Tidak hanya untuk mengetahui tentang demografi audience, tool ini juga menyediakan informasi seperti umur, jenis kelamin, hingga lokasi audience.

Beberapa keuntungan dari menggunakan tools ini adalah:

  • Dapat memahami bagaimana audience berinteraksi dengan Halaman sobat MEA
  • Dapat melihat bagaimana metrik kinerja Halaman sobat MEA
  • Mempelajari postingan/iklan mana saja yang mendapatkan interaksi terbanyak dan tertinggi
  • Dapat melihat waktu online audience sobat MEA di Facebook.

Hanya saja, Audience Insight hanya bisa mengakses data pada 2 tahun terakhir dengan jumlah audience sudah mencapai minimal 100 orang atau lebih. Jika kurang dari itu, maka sobat MEA tidak bisa mendapatkan informasi lebih mengenai audience sobat MEA.

Iklan anti boncos kalau kamu tau rahasianya

Bongkar rahasianya dari Coach-nya langsung!

Include dan Exclude

Include dan exclude dimaksudkan agar sobat MEA dapat memasukkan dan mengeluarkan kategori tertentu supaya audience lebih tertarget. Misalnya saja sobat MEA menjual pernak-pernik mengenai Harry Potter, tapi harganya memang lebih mahal karena merupakan produk yang bekerjasama langsung dengan Warner Bros. Untuk itu, sobat MEA merencanakan untuk menjual barang tersebut kepada audience yang juga mampu membeli produk Gucci.

Jadi, targeting audience sobat MEA adalah: orang yang suka Harry Potter dan mampu membeli produk seharga Gucci atau memang biasa membeli produk Gucci. Dengan begitu, targeting sobat MEA secara otomatis mengeluarkan orang-orang yang:

  • Tidak suka Harry Potter
  • Suka Harry Potter tapi tidak suka Gucci
  • Suka Harry Potter tapi tidak mampu membeli produk Gucci
  • Tidak suka Gucci
  • Tidak suka Gucci dan tidak suka Harry Potter

Apakah dengan begini, audience jadi semakin sedikit? Ya, dan tidak. Audience memang bisa menjadi lebih sedikit, tapi akan jadi sangat tertarget. Justru dengan begini, iklan akan mencari audience lain yang kemungkinan tidak hanya tertarik, tetapi akan langsung membeli produk sobat MEA. Win-win, kan? Iklan tetap jalan, barang juga tetap terjual.

Naikin traffic dan penjualan toko kamu!

Dengan dukungan dari tim profesional, penjualan toko kamu bisa meningkat dalam waktu singkat!

Sudah Siap untuk Menentukan Target Audience Facebook yang Ideal?

Bagaimana dengan iklan sobat MEA? Targetingnya sudah pas atau masih ada yang nyelip-nyelip nih? Yuk rajin melakukan evaluasi iklan agar bisa nemu targeting ideal dan winning campaign!

Jangan lupa untuk bergabung di Kelas Facebook dan Instagram kami agar sobat MEA semakin jago ngiklan ya! Kami tunggu di kelas!!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *