4 Komponen dan Contoh Iklan Facebook yang Berhasil Menarik Pembeli!

by Fanny
contoh iklan facebook

Facebook merupakan salah satu aplikasi sosial media yang masih bertahan dan memiliki banyak pengguna dari tahun 2004. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan Sobat MEA untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya hingga untuk lapak jualan.

Sebagai pebisnis online, Sobat MEA nggak boleh melewatkan kesempatan untuk memasang iklan di Facebook. Untuk itu, dalam artikel ini kami akan membagikan contoh iklan yang berhasil tanpa bikin Sobat MEA boncos. Kami juga akan membagikan komponen contoh iklan Facebook agar performa iklan dapat bekerja dengan lebih baik. Simak ulasan selengkapnya!

Table of Contents

4 Komponen Iklan Facebook yang Benar

Bahas bisnis di Facebook hingga tuntas bareng praktisi langsung
Yuk gabung di Komunitas Seller Sosmed MEA GRATIS!

Sebelum membuat contoh iklan untuk Facebook, Sobat MEA harus memenuhi 4 komponen iklan Facebook ini agar iklan dapat berjalan dengan sukses. Hal ini bertujuan agar iklan yang Sobat MEA buat dapat bersaing dengan kompetitor dan tidak mudah kena banned. Ini dia kompenen dalam contoh iklan Facebook:

1. Visual

Hal pertama yang bisa menarik perhatian pengguna Facebook adalah visual atau tampilan iklan. Desain iklan yang bagus akan lebih mudah diingat dan dilihat oleh pengguna dibandingkan iklan yang penuh dengan tulisan pada halaman news feed.

Selain itu, iklan berupa konten visual juga lebih disukai oleh algoritma Facebook. Untuk itu, pastikan Sobat MEA membuat tampilan iklan yang unik agar bisa menarik perhatian pengguna dan membuat mereka penasaran dengan produk yang ditawarkan.

2. Relevan

Komponen kedua adalah relevansi. Iklan yang relevan atau ‘nyambung’ dengan target pasar akan menghasilkan lebih banyak klik dibandingkan iklan yang dibuat sembarangan. Pengguna akan lebih tertarik ketika melihat iklan yang menyuarakan keresahan mereka.

Mau iklan Facebook kamu dapetin hasil maksimal?
Serahkan iklan Facebook ke tim advertiser kami dengan klik di sini!

3. Penawaran yang Menggiurkan

Komponen penting dari contoh selanjutnya adalah penawaran yang menarik. Hal ini bisa dilakukan dengan menunjukkan keunggulan produk, seperti misalnya harga yang lebih terjangkau, banyak varian warna, bahan kuat dan berkualitas, ukuran lebih kecil dan travel friendly, atau keunggulan produk lainnya yang tidak dimiliki oleh produk lain.

Sobat MEA juga bisa mencantumkan penawaran produk seperti diskon, cashback, voucher, free gift, atau penawaran lainnya. Hal ini tentu akan semakin menarik perhatian pengguna untuk mendapatkan barang bagus dengan harga yang lebih terjangkau dan penawaran lainnya.

4. CTA yang Jelas

Contoh iklan di Facebook memiliki berbagai jenis CTA (Call To Action). Mulai dari CTA untuk mengirimkan pesan, membuka halaman akun, membuka website, hingga membuka marketplace. Untuk itu Sobat MEA harus bisa menggunakan kata kata CTA yang tepat agar pengguna tidak kaget ketika diarahkan ke halaman lain saat mengklik iklan.

Buat copywriting CTA yang menarik agar pengguna mengklik iklan saat itu juga. Contohnya seperti, “Klik di sini dan dapatkan sebelum kehabisan!”, “Beli sekarang dan dapatkan diskon hingga 50%!”, “Jangan lewatkan promo terbatas ini!” atau Sobat MEA bisa mencoba CTA lainnya.

7 Contoh Iklan Facebook yang Menghasilkan

contoh iklan facebook

Setelah memenuhi keempat komponen di atas, Sobat MEA bisa membuat iklan Facebook dengan lebih mudah dan terarah. Selanjutnya, kami akan memberikan beberapa contoh iklan Facebook yang bisa dijadikan sebagai referensi. Berikut contohnya:

1. Iklan Video

Sobat MEA bisa membuat berbagai format iklan di Facebook, salah satunya adalah iklan berupa video FB. Jenis iklan ini membuat Sobat MEA berkreasi dengan produk. Sobat MEA bisa membuat video iklan berupa tutorial pemakain produk, detailing produk, atau cerita tentang masalah yang bisa diselesaikan dengan produk. 

Artikel Terkait  6 Cara Meningkatkan Viewers Shopee Video. Mirip TikTok?

Jenis iklan ini akan banyak dilihat jika Sobat MEA bisa menarik perhatian pengguna pada 5 detik pertama. Jadi pastikan Sobat MEA tidak membuat video iklan yang terlalu bertele-tele, ya.

2. Iklan Gambar

Jenis kedua menjadi jenis iklan yang paling populer dan banyak digunakan. Pastikan desain iklan proporsional agar tujuan dari iklan dapat tersampaikan dengan baik. 

Selain itu, perhatikan juga ukuran gambar, yaitu 1200×628 pixel. Jika lebih besar dari itu, maka gambar akan terpotong secara otomatis. Hal ini bisa mempengaruhi performa iklan Facebook.

3. Iklan Banyak Produk

Facebook juga menyediakan fitur iklan carousel di mana Sobat MEA bisa mengiklankan beberapa produk dalam satu unggahan sekaligus. Di sini, pengguna bisa swipe atau menggeser untuk melihat produk yang diiklankan selanjutnya. 

Ini seperti mengiklankan katalog produk Sobat MEA. Tujuan dari iklan Facebook ini adalah untuk menarik sebanyak dan seluas mungkin audiens dalam satu iklan.

4. Iklan Lokal

Jika Sobat MEA memiliki toko fisik, ini adalah jenis iklan yang bisa digunakan untuk menarik konsumen agar menghampiri tokomu. 

Misalnya, Sobat MEA memiliki cafe dan ingin meningkatkan jumlah kunjungan. Maka Sobat MEA bisa mengarahkan iklan untuk menjangkau audiens yang lokasi berjarak beberapa kilometer dari lokasi cafe. 

Tentunya nanti pengguna yang hobi ngopi atau nongkrong akan tertarik saat mengetahui ada tempat ngopi di sekitar mereka dan tertarik untuk mampir ke cafe yang SObat MEA iklankan tersebut.

5. Iklan Penawaran

Ini merupakan jenis iklan terbaru di Facebook di mana Sobat MEA dapat mempromosikan diskon atau layanan yang ditebus secara langsung oleh Facebook. Artinya, iklan ini dapat menghilangkan satu langkah dalam perjalanan pembeli dan menghasilkan konversi penjualan. 

Sehingga Sobat MEA dapat memberikan semua informasi yang dibutuhkan dan membantu mereka menentukan keputusan membeli produk. Bahkan Sobat MEA dapat menentukan jangka waktu dan jumlah audiens yang mengklaim penawaranmu. 

6. Iklan Retargeting

Pernah gak Sobat MEA melihat suatu iklan, hingga klik ke iklannya dan ngepoin isi katalognya? Setelah itu, Sobat MEA jadi sering melihat iklan dari brand yang sama atau brand dengan jenis jualan yang sama? Itu artinya Sobat MEA melihat iklan retargeting.

Jenis ini berfungsi untuk menargetkan kembali audiens yang sudah ditargetkan sebelumnya. Yang artinya bahwa iklan sebelumnya berhasil menjangkau audiens yang dituju, karena audiens juga melakukan interaksi dengan iklan tersebut.

7. Iklan Boosted Post

Menariknya lagi, Sobat MEA bahkan tidak perlu membuat konsep iklan dari awal karena Facebook Ads memiliki fitur Boosted Post di mana Sobat MEA dapat mendorong postingan Facebook organik dengan sejumlah biaya menjadi iklan yang menghasilkan. 

Untuk membedakan jenis iklan ini dengan iklan yang dibuat menggunakan Facebook Ads Manager, iklan jenis ini, justru dapat mencakup informasi yang lebih banyak pada kolom deskripsi iklan. Hal ini dikarenakan tidak ada batasan kata pada postingan. Bahkan Sobat MEA dapat mencantumkan link eksternal di dalamnya. 

Hanya saja, Boosted Post memiliki sedikit pilihan untuk penawaran, penargetan, dan harga. Sobat MEA juga tidak bisa menjalankan A/B testing karena Sobat MEA menggunakan postingan yang sudah diciptakan di Facebook, bukan membuat konsep iklan baru

Itu dia beberapa penjelasan mengenai komponen dan contoh iklan Facebook yang bisa Sobat MEA coba. Baca juga artikel kami lainnya seputar tips beriklan di Facebook beserta cara membuatnya di sini!

You may also like

Leave a Comment