Kenapa Tidak Bisa Live di TikTok? Mungkin ini 5 Penyebabnya. Udah Tahu Belum?

kenapa tidak bisa live di tiktok

TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang sedang digandrungi warganet. Bukan hanya konten semata, TikTok sekarang jadi tempat siaran para kreator dan juga tempat berjualan para seller. Namun, ada banyak yang mengeluh dan bertanya, kenapa tidak bisa live di TikTok? Apakah ada penyebab-penyebab yang nggak kita ketahui?

Berbeda dengan media sosial Instagram yang memperbolehkan siapapun melakukan siaran langsung, TikTok sendiri membuat syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi pengguna agar bisa melakukan live streaming. Syarat-syarat tersebut umumnya yang menjadi alasan kenapa akun pengguna tidak bisa live di TikTok.

4 Syarat Agar Bisa Live TikTok

Mau punya banyak followers TikTok dan langsung bisa live streaming?

Yuk gabung ke komunitas creator TikTok MEA dan saling follow satu sama lain!

Seperti sudah disinggung sedikit, ada cukup banyak syarat yang harus kamu penuhi sebelum bisa melakukan streaming di TikTok. Emang apa aja sih syarat-syaratnya?

  1. Aplikasi TikTok sudah terupdate pada versi terbaru.
  2. Akun pengguna nggak memiliki masalah dan penalti
  3. Batas usia untuk melakukan live streaming adalah 16 tahun.
  4. Akun harus memiliki 1000 followers terlebih dahulu

5 Penyebab Kenapa Tidak Bisa Live di TikTok

Yuk belajar hasilkan uang dari live streaming di TikTok

Bareng mentor terbaik dari Kelas TikTok Komunitas MEA!

Setelah kita tahu syarat-syarat melakukan streaming TikTok, kita juga harus tahu penyebab kenapa Sobat MEA tidak bisa melakukan live. Berikut adalah beberapa penyebab kenapa tidak bisa live di TikTok:

1. Batas Usia

Penyebab pertama mungkin adalah batas usia yang belum terpenuhi. Syarat untuk bisa melakukan siaran langsung adalah berusia 16 tahun. Meski sudah punya 1000 followers, saat TikTok mendeteksi umur di bawah 16, maka seseorang nggak akan bisa melakukan live.

Cara untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan mengganti identitas usia atau batasan usia. Cara memperbaikinya, Sobat MEA hanya perlu mengubah tanggal lahir.

2. Nggak Punya Followers

Hari ini banyak orang yang menggunakan TikTok untuk sarana mencari uang lewat streaming. Namun banyak orang yang nggak memperhatikan bahwa seseorang harus punya followers minimal 1000 untuk bisa melakukan siaran langsung.

Nggak ada cara mengatasi permasalahan ini. Sobat MEA harus mencari followers sampai batas bisa melakukan live streaming. Sobat MEA bisa membuat konten menarik yang menarik perhatian audiens untuk mengikuti akun.

3. Aplikasi TikTok Belum Update Ke Versi Baru

Selanjutnya penyebab yang mungkin terjadi adalah karena akun dan aplikasi TikTok Sobat MEA bermasalah. Perlu Sobat MEA perhatikan bahwa aplikasi TikTok harus dalam versi terbaru agar bisa melakukan live streaming.

Untuk memperbaiki hal ini, Sobat MEA hanya perlu memperbaharui aplikasi TikTok via Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.

4. Koneksi Internet yang Buruk

Seperti kita ketahui, live streaming adalah format video siaran langsung yang bisa ditonton secara real time. Karena itu, penggunaan koneksi yang bagus sangat diperlukan. Nah salah satu kenapa tidak bisa live di TikTok bisa jadi karena koneksi internet Sobat MEA yang buruk. 

Seperti kita tahu, TikTok adalah aplikasi yang sangat mengutamakan pengalaman untuk pengguna, jika koneksi internet Sobat MEA buruk, bisa jadi penonton live streaming akan merasa nggak puas.

5. Akun Terkena Pelanggaran Kebijakan TikTok

Seperti sudah kita ketahui, salah satu syarat utama agar bisa melakukan live TikTok itu adalah akun Sobat MEA harus bersih dan nggak bermasalah. Nah salah satu alasan kenapa tidak bisa live di TikTok bisa jadi karena akun Sobat MEA dianggap melanggar kebijakan TikTok dan terkena penalti.

Singkatnya, Sobat MEA wajib untuk mematuhi Term and Service TikTok. Term and Service ini berisi peratutan dan ketentuan tindakan yang dibolehkan atau nggak diperbolehkan oleh TikTok untuk pengguna. Mulai dari ketentuan konten sampai live streaming. Nah kalau akun Sobat MEA terdeteksi melanggar kebijakan, maka secara otomatis akun Sobat MEA dibekukan sementara atau terkena banned.

5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Live di TikTok

kenapa tidak bisa live di tiktok

Setelah mengetahui penyebab atau alasan kenapa tidak bisa live di TikTok, saatnya Sobat MEA mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk memperbaiki penyebab masalahnya.

Meski sudah kita singgung sedikit cara memperbaikinya, kita akan membahas lebih dalam lagi lewat poin-poin di bawah ini!

1. Perbaharui Identitas Akun

Solusi pertama yang bisa Sobat MEA lakukan adalah memperbaharui identitas akun. Seperti kita tahu, jika usia pengguna belum mencapai 16 tahun, Sobat MEA nggak bisa live TikTok. Nah Sobat MEA bisa mengubah usia pada aplikasi TikTok. Berikut langkah langkah yang harus Sobat MEA ikuti;

  • Buka aplikasi TikTok dan login menggunakan akun Sobat MEA
  • Pilih menu Profil kemudian klik tanda garis 3 yang ada di sudut kanan layar
  • Pilih Pengaturan dan Privasi
  • Klik menu Kelola Akun
  • Ubah tanggal lahir jadi lebih dari usia 16 tahun atau lebih sesuai dengan kebijakan TikTok untuk bisa melakukan live streaming.

2. Meningkatkan Jumlah Followers

Karena untuk melakukan live streaming membutuhkan 1000 followers, tentu Sobat MEA harus meningkatkan jumlah followers terlebih dahulu. Memang, cara menambah followers TikTok bukanlah hal yang mudah. Karena itu, Sobat MEA wajib untuk mengetahui bagaimana sih cara meningkatkan jumlah followers TikTok yang paling cepat. Nah daripada penasaran, yuk langsung aja simak car-caranya di bawah ni!

  1. Membuat konten dengan konsisten dan fokus pada satu niche
  2. Gunakan hashtag yang relevan dengan pembahasan agar konten mudah ditemukan pengguna lain
  3. Nonton live streaming kreator lain dan Sobat MEA bisa saling follow dengan penonton lain lewat live tersebut.
  4. Sobat MEA wajib aktif berinteraksi pada konten-konten yang sesuai dengan konten Sobat MEA
  5.  Menggunakan aplikasi atau website penambah followers TikTok

3. Mengupdate Aplikasi TikTok

Solusi terakhir adalah periksa update TikTok yang terakhir di Play Store atau App Store. Jika TikTok memang belum diperbaharui, Sobat MEA bisa langsung melakukan pengupdate secara manual lewat dua aplikasi tersebut.

4. Mematuhi Peraturan & Kebijakan TikTok

Agar bisa live di TikTok dengan nyaman tanpa ada kendala apapun, Sobat MEA wajib untuk mematuhi kebijakan dan peraturan yang sudah ditetapkan pihak TikTok. Selain itu, Sobat MEA juga wajib mematuhi peraturan live TikTok.

5. Memeriksa Koneksi Internet

Karena penyebab tidak bisa live TikTok bisa jadi karena masalah koneksi, maka cara terakhir untuk mengatasi hal ini adalah memeriksa ulang koneksi internet yang digunakan. Pastikan koneksi lancar dan stabil agar kualitas gambar dan suara juga baik.

Itu dia 5 penyebab kenapa tidak bisa live di TikTok beserta 3 cara mengatasinya. Semoga saja artikel ini dapat membantu Sobat MEA semua ya. Amin!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.