Kelebihan dan Kekurangan Instagram Untuk Memasarkan Produk

kelebihan dan kekurangan Instagram

Pasti Sobat MEA tidak asing bukan dengan jenis unggahan Instagram yang merupakan iklan dari brand tertentu pada story maupun ketika sedang scrolling biasa? Tentunya sebagai pebisnis online, Sobat MEA tidak boleh ketinggalan cara terbaru untuk melakukan promosi produk, yaitu melalui sosial media seperti Instagram. Jadi memasarkan produk melalui Instagram adalah salah satu hal yang tidak dapat dihindari jika penjualan ingin meningkat.

Namun sebagaimana kata pepatah bahwa “tiada gading yang tak retak”, kelebihan dan kekurangan Instagram untuk memasarkan produk juga tidak dapat dihindari. Untuk itu Sobat MEA perlu mengetahui hal-hal ini terlebih dahulu agar lebih siap menghadapi persaingan dan kegagalan dalam memasarkan produk di salah satu sosial media yang memiliki banyak pengguna ini. Yuk simak!

Apa Itu Instagram

Bingung cara jualan di Instagram?

Gabung ke komunitasnya dan belajar langsung ke ahlinya, yuk. Gratis, loh!

Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Instagram sebagai sarana mempromosikan produk, yuk simak dulu pengertian dan cara penggunaan dari aplikasi ini.

Jadi, Instagram adalah aplikasi sosial media yang dimotori oleh Meta by Facebook. Aplikasi ini memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan usia. Untuk jenis kontennya sendiri berfokus pada visual, sehingga unggahannya kebanyakan beruba foto dan video.

Fiturnya pun lengkap. Mulai dari feed, reels, story, dan fitur tambahan lainnya yang bisa Sobat MEA gunakan untuk memaksimalkan interaksi dengan audiens. Aplikasi ini juga banyak digunakan untuk branding produk agar lebih dikenal oleh masyarakat. Sobat MEA juga bisa berinteraksi dengan audiens secara langsung dengan audiens dengan adanya fitur like, komen, dan share.

Kelebihan dan Kekurangan Instagram

Nggak ada waktu buat bikin konten?

Pakai Jasa Sosial Media Manajemen aja dan biarkan tim kami yang bekerja!

Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu pula dengan aplikasi ini yang tidak akan luput dari kelebihan dan kekurangan Instagram. Namun dalam hal ini, kami akan membahas secara lebih spesifik mengenai kelebihan dan kekurangan Instagram untuk bisnis. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya:

1. Kelebihan Instagram untuk bisnis

Tidak sedikit pebisnis online yang memutuskan untuk memasarkan produknya di Instagram karena aplikasi ini memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang bisa didapatkan. Berikut adalah beberapa kelebihan Instagram yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk meningkatkan bisnis:

1. Meningkatkan brand awareness

Salah satu syarat agar Sobat MEA mendapatkan pembeli adalah dengan membuat produk dikenali. Proses agar produk dan brand dapat dikenali dengan mudah oleh masyarakat tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi Sobat MEA harus bersaing dengan brand lain yang sudah ada lebih dulu.

Tapi tenang, Sobat MEA tetap bisa membuat produk lebih dikenali dengan melakukan promosi melalui Instagram. Kelebihan dan kekurangan Instagram ini bisa Sobat MEA lakukan dengan mengunggah informasi produk secara jelas, lengkap, komunikatif, dan menarik agar pesan yang ingin diberikan bisa tersampaikan dengan baik.

Pastikan Sobat MEA rutin membuat unggahan agar produk lebih mudah untuk dikenali. Jika produk Sobat MEA sudah berhasil menarik perhatian konsumen, maka langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh konsumen adalah membeli produk Sobat MEA.

2. Meningkatkan penjualan

Melanjutkan dari poin pertama, kelebihan dan kekurangan Instagram yang kedua adalah Sobat MEA bisa meningkatkan penjualan. Semua promosi yang dilakukan akan menarik banyak audiens untuk ngepoin produk Sobat MEA. Audiens juga tidak akan ragu untuk melakukan pembelian jika produk yang Sobat MEA jual merupakan barang berkualitas. Jadi pastikan agar unggahan yang Sobat MEA buat mampu menampilkan kualitas dan manfaat produk dengan baik, ya!

3. Meningkatkan traffic website

Sobat MEA juga bisa mencantumkan tautan website produk ke bio. Dengan begitu, audiens akan lebih mudah melakukan pembelian. Selain itu, traffic website juga akan semakin meningkat.

Pastikan informasi produk yang Sobat MEA masukkan pada website dituliskan dengan lengkap agar audiens mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Pastikan juga Sobat MEA mencantumkan button untuk pembelian agar audiens bisa langsung melakukan pembelian.

4. Menghemat biaya

Kelebihan dan kekurangan Instagram selanjutnya adalah aplikasi ini gratis. Jadi Sobat MEA tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membuat penawaran di Instagram. Sobat MEA bisa membuat berbagai macam unggahan seperti feed, reels, atau story yang berisi promosi produk.

Namun jika Sobat MEA ingin meraih target pasar yang lebih spesifik, Sobat MEA bisa memasang iklan di Instagram. Tapi untuk memasang iklan di Instagram, Sobat MEA tidak bisa melakukannya dengan gratis, ya. Ada biaya yang perlu Sobat MEA bayarkan agar iklan dapat menjangkau audiens yang diinginkan.

5. Mudah dioperasikan

Memasarkan produk di Instagram juga mudah dilakukan karena caranya tidak berbeda jauh dengan menggunakan Instagram sebagai akun pribadi. Jadi Sobat MEA tidak perlu belajar secara spesifik untuk melakukan promosi di aplikasi ini. Sobat MEA hanya perlu memastikan untuk mengunggah konten secara konsisten agar engagement dapat meningkat terus.

2. Kekurangan Instagram untuk bisnis

Makin cuan dengan pasang iklan Instagram!

Ikuti cara selengkapnya biar nggak boncos dengan gabung ke Kelas FB & IG Ads sekarang!

Diantara kelebihan Instagram di atas, aplikasi ini juga memiliki beberapa kelemahan untuk bisnis, loh. Berikut adalah kekurangan Instagram untuk memasarkan produk:

1. Harus rajin update

Ini dia yang menjadi masalah banyak pebisnis online. Mengurus bisnis tidaklah mudah, sedangkan untuk meningkatkan penjualan, perlu juga melakukan update konten secara rutin di Instagram. Untuk Sobat MEA yang kurang memahami urusan konten dan tidak memiliki banyak waktu, hal ini bisa menjadi masalah besar.

Audiens juga akan mulai mengabaikan bahkan meng-unfollow akun brand yang jarang update atau memiliki jadwal update yang acak. Untungnya, saat ini ada banyak Jasa Kelola Instagram yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk mengatur setiap unggahan secara teratur.

2. Transaksi kurang praktis

Instagram adalah aplikasi sosial media yang mengutamakan pada visual dan unggahan saja. Karena aplikasi ini tidak dibangun untuk proses jual beli, maka Sobat MEA perlu memasukkan tautan ke marketplace atau website agar konsumen dapat melakukan pembelian produk.

Hal ini kurang efektif untuk meningkatkan penjualan karena tidak sedikit audiens yang malas untuk membuka aplikasi lainnya untuk melakukan pembelian. Jadi proses transaksi yang kurang praktis ini bisa membuat Sobat MEA kehilangan pembeli.

3. Spam dan penipuan

Kelemahan Instagram untuk bisnis selanjutnya adalah aplikasi ini rawan akan adanya spam dan penipuan. Spam bisa terjadi pada kolom komentar di mana pengguna bisa meninggalkan komentar sebanyak-banyaknya. Hal ini bisa diatasi dengan mematikan kolom komentar. Namun hal ini akan membuat audiens tidak akan bisa berinteraksi dengan akun Sobat MEA lagi. Jika pengguna tidak bisa meninggalkan komentar, maka mereka juga tidak akan mau repot-repot untuk mengikuti akun Sobat MEA.

Selanjutnya adalah penipuan yang mudah dilakukan di aplikasi ini, mengingat semua orang dapat membuat akun dengan mudah. Hal ini pasti akan menguntungkan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Itu dia pembahasan lengkap tentang kelebihan dan kekurangan Instagram untuk bisnis. Setelah membaca ulasan ini, apakah Sobat MEA masih tertarik untuk memasarkan produk di Instagram?

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.