Biar Lebih Untung, Kenali Jenis Jenis Digital Marketing ini Dulu!

by Viki
jenis jenis digital marketing

Di era digital, istilah digital marketing telah menjadi hal yang familiar. Bahkan digital marketing tengah menjadi incaran banyak orang lantaran peluang karier yang menjanjikan. Tapi bagaimana dengan jenis jenis digital marketing itu sendiri? Apa yang paling menguntungkan? Dan bagaimana cara kerjanya?

Seperti yang kita ketahui, platform online memiliki kemampuan yang kuat dalam menjangkau audiens yang lebih banyak. Nah, digital marketing memiliki peran untuk hal tersebut. Sehingga tidak heran jika banyak pebisnis yang sudah memanfaatkan digital marketing untuk memperluas jangkauan pasar global.  

Lagi pula, di jaman sekarang, siapa sih yang tidak menggunakan media sosial? Hampir semua orang memiliki smartphone dan memiliki akun media sosial. Itulah mengapa Sobat MEA perlu mengenali jenis jenis digital marketing dan mempertimbangkan kegunaannya untuk bisnis maupun perkembangan karier. 

Table of Contents

Apa Tujuan Digital Marketing?

Ingin Jago Semua Jenis Digital Marketing?
Gabung Komunitas Belajar Jualan Online MEA yang punya banyak ilmu dan digital marketing expert dan full daging!

Digital marketing sangatlah penting dalam suatu bisnis. Tidak hanya untuk membuat produk lebih laku, tapi juga membangun branding bisnis yang lebih baik serta loyalitas pelanggan yang dapat memicu penjualan jangka panjang. 

Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa tujuan utama dari digital marketing adalah meningkatkan angka penjualan, brand awareness, memperluas jangkauan pasar, serta memperbanyak relasi dan loyalitas pelanggan terhadap bisnis yang dijalankan. 

Jenis Jenis Digital Marketing

1. Berdasarkan Strategi

Jika dilihat dari strateginya, pemasaran digital dibagi menjadi dua, di antaranya:

Push Digital Marketing

Push digital marketing adalah jenis digital marketing dengan cara menawarkan langsung produk ke pelanggan untuk menghasilkan penjualan secara cepat. Biasanya jenis ini digunakan pada produk baru yang belum terlalu dikenal. Ini tentu bertujuan untuk exposure

Contohnya, endorsement produk dari pebisnis kepada influencer atau selebriti, email marketing bisnis untuk pelanggan yang telah berlangganan newsletter di situs webnya, atau pesan broadcast kepada semua kontak yang pernah membeli produknya. 

Pull Digital Marketing

Sebaliknya, pull digital marketing adalah metode pemasaran yang tidak terlalu frontal. Biasanya iklan promosi ini dibuat sedemikian rupa untuk membuat pelanggan tertarik dan mencari tahu lebih banyak informasi tentang produk yang dijual.

Jenis digital marketing ini bertujuan meningkatkan brand awareness serta loyalitas pelanggan. Contohnya, konten SEO di sebuah situs, iklan pay per click, konten pemasaran di media sosial, liputan media, giveawayatau potongan harga.

2. Berdasarkan Cara Pemasaran

jenis jenis digital marketing

Sementara itu, jika dilihat dari segi pemasaran, jenis digital marketing dibagi menjadi lima, berikut penjelasan lengkapnya:

Website

Bagi pebisnis online, website merupakan salah satu alat bisnis yang patut dipertimbangkan Selain berguna sebagai toko digital, website juga bisa digunakan sebagai media promosi. Hal ini tentu karena website mampu menekan biaya promosi sekaligus mengenalkan produk ke lebih banyak pelanggan secara efektif. 

Pay Per Click

Masih berkaitan dengan website, tapi jenis ini dilakukan melalui website lain yang memiliki jumlah pengunjung besar dan populer. Biasanya bentuk iklan untuk promosi ini berupa banner dimana ketika pengunjung mengklik, mereka akan diarahkan pada website resmi, landing page atau marketplace tempat produk dijual.

Artikel Terkait  Apa itu Shopping Cart Optimization? Ini lo Penjelasannya!

Itulah mengapa jenis digital ini dinamakan pay per click (PPC). Pengguna akan membayar biaya promosi sesuai jumlah klik yang didapatkan. Tapi hasilnya dapat menjadi indikator apakah konten yang dibuat cukup efektif untuk membuat pengunjung tertarik. 

Search Engine Marketing

Hampir mirip seperti SEO, tapi bedanya Search Engine Marketing (SEM) berfokus pada iklan langsung di mesin pencarian. Untuk membuat iklan ini, Sobat MEA butuh suatu produk seperti Google Ads di mana konten harus dibuat semenarik mungkin agar biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Social Media Marketing (SMM)

Selanjutnya, ada juga Social Media Marketing dimana Sobat MEA akan melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial. Dalam hal ini, Sobat MEA perlu Facebook dan Instagram Ads. Dengan SMM, produk akan dikenal lebih mudah karena hampir semua orang pasti memiliki akun media sosial. 

Email Marketing

Jenis digital marketing terakhir adalah promosi yang berupa pesan yang dikirimkan kepada semua pelanggan melalui email. Hanya saja, tidak semua orang dapat menerima pesan ini. 

Biasanya email marketing hanya diperuntukkan orang-orang yang berlangganan newsletter bisnis yang bertujuan untuk memicu pembelian kembali dan meningkatkan loyalitas konsumen.

Bagaimana? Tertarik dengan jenis jenis digital marketing di atas? Sebaiknya harap pertimbangkan matang-matang strategi apa yang akan dilakukan mengingat persaingan bisnis yang tidak ada habisnya. Pastikan menetapkan strategi yang tepat dan relevan dengan bisnis agar petumbuhan lebih optimal. Selamat mencoba dan salam satu juta pembeli!

You may also like

Leave a Comment