Cara Membuat dan Contoh Email Endorsement Untuk Influencer

by Fanny
Contoh email endorsement

Salah satu cara meningkatkan penjualan adalah dengan bekerja sama dengan para influencer. Tentunya Sobat MEA perlu menghubungi dan memberikan penawaran yang menarik kepada para influencer ini agar mau bekerja sama, bukan? Karena itu, penting bagi Sobat MEA untuk mengetahui contoh email endorsement sekaligus cara membuatnya.

Nggak perlu khawatir, dalam artikel ini kita akan membagikan bagaimana sih cara membuat dan contoh email endorsement untuk influencer yang dapat Sobat MEA pakai sebagai acuan dan referensi. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

Perlukah Membuat Email Endorsement?

Bisnis makin manis dengan gabung ke komunitas gratis!

Dapatkan tips seputar jualan online terbaru dari Coach berpengalaman dengan gabung ke komunitasnya sekarang!

Ada banyak cara yang bisa Sobat MEA lakukan untuk menghubungi influencer. Mulai dari menghubungi via DM Instagram, WhatsApp, atau melalui aplikasi lainnya. Namun menghubungi influencer melalui email adalah cara yang paling tepat karena hal ini menunjukkan profesionalitas brand Sobat MEA dan membuat brand Sobat MEA menjadi lebih terpercaya.

Karena lebih profesional, tidak mengherankan kalau banyak pebisnis online, terutama para pemula yang mencari contoh email endorsement mengingat tidak semua orang mengetahui cara yang tepat. Tenang saja, semua bisa Sobat MEA pelajari selengkapnya dalam artikel ini.

3 Tips Memilih Influencer Untuk Promosi

Mau belajar jadi content creator sampai jadi influencer dengan followers jutaan?

Yuk belajar bareng rahasia konsisten membuat konten di grup content creator MEA. GRATIS!

Sebelum melihat contoh email endorsement, Sobat MEA juga perlu mempertimbangkan siapa saja yang akan dihubungi. Sobat MEA tidak bisa memilih influencer secara sembarangan. Pasalnya pemilihan influencer ini erat berhubungan dengan cara promosi, target audiens yang ingin dicapai, hingga penjualan. Sebelum memutuskan menggunakan jasa influencer, simak dulu 3 hal yang wajib dipertimbangkan saat memilih influencer. Berikut ini penjelasannya:

1. Jumlah Followers

2. Harga

Setiap influencer memiliki rate card yang berbeda-beda. Ada influencer yang mematok harga rendah hingga tinggi yang bisa Sobat MEA sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Perlu diingat bahwa semakin mahal jasa endorsement yang ditetapkan oleh seorang influencer belum tentu efektif pula dengan hasil yang Sobat MEA inginkan. Itulah mengapa Sobat MEA tidak perlu berpatok pada harga seorang influencer.

3. Sosok yang Representatif

Pilih influencer yang dapat mewakili brand Sobat MEA. Misalnya saja Sobat MEA menjual produk skincare dengan target pasarnya adalah pria usia 20-an. Jadi Sobat MEA perlu mencari influencer laki-laki yang sadar akan kesehatan kulit dan juga sering memberikan tips untuk merawat kulit khusus laki-laki.

Influencer seperti ini juga biasanya memiliki pengikut dengan ketertarikan yang sama, yaitu perawatan kulit. Dengan begitu, Sobat MEA akan mendapatkan influencer dan target market yang tepat sekaligus.

5 Langkah Cara Membuat Email Endorsement

Setelah menemukan influencer yang tepat untuk Sobat MEA ajak kerja sama, sekarang saatnya Sobat MEA mengetahui cara membuat email endorsement yang baik dan benar. Pastikan juga Sobat MEA sudah mendapatkan alamat email atau nomor telepon dari influencer tadi, ya. Biasanya para influencer ini sering mencantumkan alamat email atau nomor telepon yang dapat dihubungi pada bio Instagram atau bio sosial media lainnya. Jadi Sobat MEA bisa menghubungi influencer melalui kontak yang sudah tersedia, ya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Sobat MEA masukkan dalam contoh email endorsement:

1. Perkenalkan Diri dan Brand

Awali email Sobat MEA dengan salam dan perkenalan mengenai brand. Baik brand besar maupun brand yang masih merintis perlu mencantumkan perkenalan diri. Hal ini bertujuan untuk menambah informasi mengenai brand yang Sobat MEA wakili.

Artikel Terkait  Pengertian Telemarketing, Tugas, dan Penghasilannya. Lumayan Menggiurkan!

 Lagipula, belum tentu influencer yang Sobat MEA hubungi sudah mengetahui mengenai brand Sobat MEA. Dengan memperkenalkan diri, Sobat MEA juga bisa menjelaskan sedikit mengenai brand dan produk yang ditawarkan.

2. Jelaskan Penawaran

contoh email endorsement

Selanjutnya, Sobat MEA juga bisa menyampaikan tujuan dari mengirimkan email, yaitu untuk menawarkan kerja sama dengan influencer yang dihubungi. Sobat MEA juga bisa langsung mencantumkan tawaran dan keuntungan apa saja yang akan didapatkan oleh influencer. Tentunya influencer akan semakin tertarik jika penawarannya sudah jelas sejak awal. 

Selain itu, hal ini juga akan mempercepat influencer untuk kembali membalas email Sobat MEA di mana mereka bisa langsung memutuskan apakah akan mengambil tawaran, menolak tawaran, atau ingin melakukan negosiasi agar mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

3. Cantumkan Kontak

Jangan lupa untuk memasukkan kontak dan informasi lainnya pada bagian akhir email endorsement agar influencer dapat menghubungi Sobat MEA kembali melalui platform lain. Selain itu, mencantumkan kontak lain seperti akun sosial media, website, atau alamat bisa memberikan informasi tambahan mengenai brand Sobat MEA dan membuat influencer semakin yakin dengan keaslian tawaran.

4. Gunakan Bahasa yang Sederhana

Tips keempat dalam membuat email endorsement adalah penggunaan kalimat yang sederhana dan bersahabat agar mudah untuk dipahami oleh penerima. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya miss komunikasi yang tidak diperlukan.

Hindari juga pembuatan contoh email endorsement yang terlalu panjang, mengingat tidak semua orang suka membaca atau memiliki banyak waktu untuk mencerna email panjang. Agar tidak membosankan, Sobat MEA bisa membuat desain simpel dan dikirimkan pada email agar lebih jelas dan menarik.

5. Personalisasi Setiap Email yang Dibuat

Ketika menghubungi influencer, Sobat MEA bisa langsung menghubungi beberapa influencer sekaligus dalam satu waktu. Namun jangan lupa untuk mencantumkan nama mereka pada setiap email. 

Artikel Terkait  Meski Sederhana, Inilah 5 Kegunaan Canva yang Penting Untuk Bisnis!

Tujuannya adalah agar influencer tersebut tahu bahwa email tersebut memang hanya ditujukan kepada mereka. Jika Sobat MEA membuat email dengan isi dan sapaan yang sama untuk semua influencer, maka email tersebut tidak akan terasa personal dan membuat sang influencer merasa tidak tertarik dengan tawaran yang Sobat MEA berikan.

Contoh Email Endorsement

Setelah tahu bagaimana cara membuat email endorsement, sekarang kita akan masuk pada contoh email endorsement. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut adalah contoh email endorsement yang bisa Sobat MEA jadikan sebagai reverensi dan acuan:

Halo, selamat siang,

 

Perkenalkan saya Fanny dari PT. MEA Digital Marketing yang berlokasi di Bandung, Indonesia.

 

Saya sudah cukup lama mengikuti akun Pak Bagus dan saya selalu terkesan dengan konten-konten yang Anda buat. Penjelasan yang Anda sampaikan menggunakan bahasa sederhana dengan gaya menarik, sehingga mudah dipahami oleh audiens.

 

Bersama email ini, saya bermaksud untuk mengajak Saudara Bagus untuk bekerja sama dengan melakukan endorse untuk salah satu produk jasa kami, yaitu Facebook Ads.

 

Dengan kerja sama ini, Pak Bagus akan mendapatkan uji coba layanan dan materi lengkap mengenai Jasa Facebook Ads kami. Selain itu, kami juga akan memberikan kompensasi sesuai dengan rate card yang sudah Anda tawarkan.

 

Jika Pak Bagus tertarik dengan tawaran ini, Pak Bagus bisa langsung menghubungi kami dengan membalas email ini atau langsung hubungi kontak kami di +62 812-8083-2339.

 

Besar harapan saya untuk dapat berdiskusi lebih jauh mengenai kerja sama ini.

 

Terima kasih,

 

Fanny, PT. MEA Digital Marketing

Contoh email endorsement di atas tidak hanya bisa Sobat MEA kirimkan melalui email, namun juga bisa dikirimkan melalui WhatsApp, Telegram, atau aplikasi chat lainnya Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang sedang belajar membuat email endorsement.

You may also like

Leave a Comment