Kenali 3 Jenis Akun TikTok Serta Perbedaannya. Pelajari Dulu

by Bagus Alhadi
Jenis Akun Tiktok

Awalnya TikTok dianggap remeh dan dipandang sebelah mata sebagai sekadar platform hiburan semata. Kini platform ini justru terbagi menjadi 3 jenis akun TikTok yang muncul sebagai jaringan media sosial untuk pengguna personal maupun peluang menjanjikan bagi kreator dan para pelaku usaha.

TikTok pun semakin naik daun sebagai salah satu platform digital yang digandrungi oleh berbagai lapisan masyarakat. Tidak lagi sekadar menjadi tempat hiburan, platform ini juga menjadi lahan subur bagi pengguna untuk meraih penghasilan tambahan.

Untuk menyikapi perkembangan media sosial, penting untuk memahami beberapa jenis akun TikTok yang bisa digunakan sesuai dengan tujuan masing-masing. Memahami ketiga jenis akun TikTok ini akan membantu Sobat MEA untuk mengukur dampak yang mungkin akan diterima dari upaya pengoptimalan yang dilakukan pada akun TikTok tersebut.

Seiring dengan adanya 3 jenis akun TikTok yang berbeda, yaitu individu/personal, kreator, dan bisnis, TikTok disajikan dalam tiga varian yang sesuai. Namun, apa sebenarnya perbedaan yang mencolok antara ketiga jenis akun TikTok tersebut? Simak artikel ini sampai tuntas ya!

Table of Contents

3 Jenis Akun TikTok Beserta Kegunaannya

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga

Melansir laman resmi TikTok, setidaknya ada 3 jenis akun TikTok dengan berbagai tujuan penggunaan mulai dari pribadi, content creator, hingga pebisnis. Sobat MEA bisa gunakan salah satunya ataupun semua jenis akun ini sesuai dengan kebutuhan. Lantas apa saja akun TikTok tersebut? Berikut uraian lengkapnya:

1. Akun Personal

2. Akun Kreator

Apabila Sobat MEA menggunakan akun jenis creator seperti ini, maka Sobat MEA akan mendapatkan kebebasan untuk berkreasi dan memiliki space lebih luas dibandingkan dengan akun Personal. Nmaun bukan berarti Sobat MEA dapat mempromosikan semua yang diunggah dengan leluasa, karena untuk melakukannya, Sobat MEA perlu akun profesional atau akun Business.

Melalui akun creator, Sobat MEA dapat menggunakan berbagai fitur seperti iklan, kampanye periklanan, dan banyak lagi. Namun penting untuk diingat bahwa jenis akun ini mempertimbangkan minat dari audiens Sobat MEA, bukan seluruh pengguna TikTok.

3. Akun Bisnis

Mau toko TikTok kamu dikelola tim profesional?
Hubungi tim jasa TikTok MEA dan konsultasikan masalah bisnis kamu

Sobat MEA tentu sudah familiar dengan akun bisnis, akun yang menawarkan fitur yang paling lengkap dibandingkan dengan dua jenis akun lainnya. Dengan menggunakan akun bisnis ini, Sobat MEA dapat menjalankan berbagai strategi untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan viewers tentang produk atau layanan yang Sobat MEA tawarkan melalui video pendek. 

Bahkan, dengan jenis akun ini, Sobat MEA dapat memanfaatkan berbagai fitur tambahan serta menganalisis statistik performa video serta tren yang sedang berkembang.

Yang membuat akun bisnis begitu menarik adalah algoritma yang diterapkan oleh TikTok. Algoritma TikTok ini memiliki kemampuan untuk memperoleh lebih dari 200 ribu penonton tanpa batasan tertentu pada video yang Sobat MEA unggah. 

Dengan demikian, merek, layanan, atau produk yang Sobat MEA tawarkan akan menarik perhatian lebih banyak penonton karena keterlibatan dengan akun Sobat MEA juga akan meningkat.

Perbedaan 3 Jenis Akun TikTok yang Mencolok

jenis akun tiktok

1. Akun Personal

  • Biasanya digunakan untuk tujuan hiburan atau pribadi.
  • Tidak menyediakan fitur analitik yang mendalam atau alat-alat pemasaran.
  • Fokus utamanya adalah berbagi konten dan bersenang-senang tanpa kepentingan bisnis.

2. Akun Kreator

  • Dirancang untuk individu yang ingin membangun dan mengembangkan basis penggemar.
  • Menawarkan beberapa fitur analitik dan alat kreatif tambahan.
  • Dapat digunakan untuk tujuan hiburan, edukasi, atau promosi produk secara tidak resmi.

3. Akun Bisnis

  • Ditujukan untuk merek atau bisnis yang ingin memanfaatkan TikTok sebagai platform pemasaran.
  • Menyediakan fitur analitik yang lebih lengkap, termasuk statistik performa video dan tren yang sedang berkembang.
  • Memungkinkan penggunaan fitur iklan dan kampanye pemasaran yang terfokus untuk meningkatkan kesadaran merek dan penjualan.
  • Memiliki akses ke algoritma TikTok yang dapat meningkatkan jangkauan konten secara signifikan.

Nah itu dia penjelasan mengenai 3 jenis akun TikTok beserta perbedaannya yang wajib Sobat MEA ketahui di era teknologi seperti sekarang ini. TikTok merupakan platform yang menarik dan bisa menjadi sarana untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Dengan memahami berbagai jenis akun dan perbedaannya, Sobat MEA dapat menentukan jenis akun yang ingin dibuat.

You may also like

Leave a Comment